Contoh Kasus Pemeriksaan Ekuitas / Modal Pemegang Saham

Konten [Tampil]

Contoh kasus pemeriksaan ekuitas atau modal pemegang saham berkaitan dengan nilai nominal dan nilai pasar harga jual saham di pasar modal. Pertanyaan tentang pemeriksaan ekuitas berkaitan dengan prosedur audit dan tujuan pemeriksaan modal saham yang dimiliki ketika pendirian perseroan terbatas.

Contoh kasus audit ekuitas pemegang saham menjadikan akuntan publik harus meminta akta pendirian sehingga dapat diketahui jumlah modal disetor dan modal dasar. Akta pendirian akan memberikan informasi siapakah yang telah menyetorkan modal saham dan dapat dijadikan sebagai permanent file.

Berikan contoh kasus pemeriksaan terkait modal ekuitas tentunya berakibat pada adanya prosedur audit dan audit tehnik yang harus dilakukan. Transaksi penambahan dan pengurangan modal jarang terjadi kecuali perusahaan sering melakukan transaksi jual beli saham dan penggunaan mata uang asing.

Contoh Kasus Pemeriksaan Ekuitas / Modal Pemegang Saham


Transaksi yang Mengakibatkan Jumlah Modal Bertambah

Transaksi yang mengakibatkan jumlah modal bertambah seperti laba tahun berjalan, penambahan modal saham dari pemilik perusahaan bahkan adanya penilaian kembali saham. Pertanyaan tentang pemeriksaan ekuitas akan diberikan untuk menguji pengendalian internal atau internal control questionnaires.

Transaksi yang mengakibatkan jumlah ekuitas bertambah akan berjalan ketika laporan laba rugi menunjukkan bahwa perusahaan mendapatkan keuntungan pada akhir tahun. Modal adalah kekayaan perusahaan yang menjadi milik pemilik saham setelah adanya pengurangan terhadap hutang atau kewajiban perusahaan.

Transaksi yang mengakibatkan jumlah modal saham dan ekuitas perusahaan bertambah tentunya mengakibatkan adanya laba dari pemilik saham bertambah. Kertas kerja pemeriksaan ekuitas diwajibkan mendapatkan akta pendirian terlebih dahulu agar dapat diketahui jumlah modal ditanam dan disetorkan.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Beban Dibayar Dimuka

Transaksi Yang Mengakibatkan Jumlah Modal Berkurang

Transaksi yang mengakibatkan jumlah modal berkurang biasanya mengakibatkan adanya rugi pemilik saham perusahaan. Pertanyaan tentang pemeriksaan terkait modal atau ekuitas tentunya berakibat adanya rugi dari pemilik saham perusahaan. Setiap adanya rugi tahun berjalan dan pengambilan pribadi dari pemilik saham akan mengurangi jumlah modal yang ditanamkan.

Transaksi yang mengakibatkan jumlah ekuitas berkurang diantaranya rugi selisih kurs dan rugi tahun berjalan, setiap adanya kerugian maka jumlah modal disetorkan akan berkurang. Perusahaan yang menggunakan mata uang asing sebagai nilai nominal saham, akan lebih riskan karena adanya fluktuasi mata uang asing setiap harinya.

Transaksi yang mengakibatkan jumlah modal dan ekuitas berkurang seperti pengambilan pribadi dari pemilik saham. Tujuan pemeriksaan liabilitas jangka panjang dan liabilitas jangka pendek adalah mengetahui kewajaran saldo hutang usaha yang telah dilaporkan pada laporan keuangan setiap akhir periode.

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Perkiraan Laba Rugi Perseroaan Terbatas

Contoh Kasus Pemeriksaan Terkait Modal Ekuitas

Contoh kasus pemeriksaan terkait modal ekuitas mengakibatkan adanya proses memahami dan mengevaluasi pengendalian internal perusahaan. Prosedur audit yang digunakan adalah compliance test, analytical review dan substantive test. Kertas kerja pemeriksaan dibutuhkan agar proses pemeriksaan jumlah modal yang ditanamkan dapat dilakukan.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan terkait modal ekuitas terjadi pada PT Masraffi yang melaporkan jumlah modal akhir sebesar Rp 623.000.000. Riwayat transaksi penambahan dan pengurangan modal sebesar Rp 300.000.000 dimana sebesar Rp 56.000.000 adalah pembayaran beban listrik dan air.

Kertas kerja pemeriksaan ekuitas tentunya harus menyesuaikan dengan jumlah modal disetorkan yang dicantumkan dalam akta pendirian. Oleh karena itu, diperlukan jurnal penyesuaian pemeriksaan terkait modal atau ekuitas yaitu.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020KasRp 56.000.000
Modal SahamRp 56.000.000

Baca Juga: Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Demikianlah contoh kasus pemeriksaan ekuitas pemegang saham semoga akuntan publik mendapatkan temuan audit yang mendukung opini audit yang diperolehnya

0 Response to "Contoh Kasus Pemeriksaan Ekuitas / Modal Pemegang Saham"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel