Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya

Konten [Tampil]
Contoh soal analisis umur piutang dan jawabannya akan memberikan anda pencatatan mengenai taksiran piutang tak tertagih yang harus diperhitungkan setiap akhir bulan. Membuat analisa usia piutang untuk menghitung penyisihan piutang tak tertagih sebagai akibat dari adanya penjualan kredit yang dilakukan perusahaan.

Nah contoh soal piutang tak tertagih dan jawabannya seharusnya berasal dari penjualan kredit dimana akan menguntungkan perusahaan dan juga dapat merugikan perusahaan. Hal ini karena seorang konsumen akan tertarik untuk melakukan penjualan kredit agar mendapatkan produk incarannya.

Contoh soal kasus tabel umur piutang tak tertagih terjadi sebagai akibat dari adanya kegagalan seorang konsumen melakukan pembayaran. Hal ini termasuk kejadian biasa yang terjadi di perusahaan sehingga perusahaan telah menyiapkan taksiran umur piutang tak tertagihnya ya.

Pengertian metode analisis umur piutang dan asumsi dasar yang digunakannya terdiri dari metode penghapusan langsung dan metode cadangan. Perusahaan kebanyakan menggunakan metode cadangan agar tidak mengganggu keseimbangan dana yang ada diperusahaan.

Contoh soal dan cara menghitung taksiran piutang akhir periode menjadi usaha bagi perusahaan dalam menghadapi resiko adanya kegagalan pembayaran piutang dari konsumen. Nah perusahaan harus mampu menaksir jumlah piutang yang dapat diperkiraan menjadi beban pada suatu periode dan perusahaan harus mendebetkan akun beban kerugian piutang pada cadangan kerugian piutang.

Apakah daftar umur piutang digunakan dalam operasi normal perusahaan tentu saja iya karena setiap perusahaan yang melakukan penjualan kredit harus bisa menaksirkan berapa resiko yang harus ditanggung ya. Apa kegunaan analisis umur piutang bagi perusahaan tentunya berkaitan dengan kemungkinan piutang usaha yang akan diterima di kemudian hari.

Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya

Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya

Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih harus dikerjakan oleh perusahaan dengan menetapkan taksiran kerugian piutang sebesar 2% dari saldo piutang dan harus membuat jurnal penyesuaian cadangan kerugian piutang pada akhir periode.

Contoh jurnal penyesuaian piutang tak tertagih menjadi hal yang harus dikerjakan oleh perusahaan dikarenakan perusahaan akan menanggung resiko atas penjualan kredit. Cara menghitung umur piutang manual dapat dilakukan oleh perusahaan dengan membuat ayat jurnal penyesuaian piutang tak tertagih ya.

Contoh soal analisis umur piutang dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet pada tanggal 31 Desember 2020 memiliki laporan posisi keuangan sebagai berikut ini.


Laporan Posisi Keuangan
Piutang Dagang
 Rp  55.000.000
Cadangan Kerugian piutang
 Rp    3.000.000
Penjualan
 Rp  70.000.000
Retur dan Potongan Penjualan
 Rp    4.000.000


Terdapat tabel analisa umur piutang yang telah dibuat oleh manajemen sebagai berikut ini ya.


Umur Piutang
Jatuh Tempo hari ini
 Rp    2.750.000
Lewat 30 hari
 Rp    8.250.000
Lewat 60 hari
 Rp  11.000.000
Lewat 90 hari
 Rp  13.750.000
Lewat 120 hari
 Rp  19.250.000

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Umum Metode Perpetual dan Periodik

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Metode Tidak Langsung

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan metode tidak langsung memberikan anda pengetahuan mengenai resiko yang harus ditanggung oleh perusahaan sebagai akibat adanya penjualan kredit. Ayat jurnal penyesuaian piutang tak tertagih harus dibuat pada akhir periode sesuai dengan kebijakan yang ada diperusahaan.

Cara membuat analisis umur piutang di excel harus terdiri dari kolom kapan jatuh tempo, berapa persen kebijakan perusahaan tentang piutang tak tertagih dan kebijakan apa terhadap piutang tak tertagih tersebut. Contoh soal penghapusan piutang diatas dapat dikerjakan dengan melakukan perhitungan sebagai berikut ini.


Umur Piutang
Presentase
Jumlah
Jatuh Tempo hari ini
 Rp    2.750.000
2%
 Rp        55.000
Lewat 30 hari
 Rp    8.250.000
4%
 Rp     330.000
Lewat 60 hari
 Rp  11.000.000
6%
 Rp     660.000
Lewat 90 hari
 Rp  13.750.000
8%
 Rp  1.100.000
Lewat 120 hari
 Rp  19.250.000
10%
 Rp  1.925.000

Baca Juga: Utang Obligasi: Pengertian, Perbedaan, Jenis-jenis dan Manfaat

Ayat Jurnal Penyesuaian Piutang Tak Tertagih

Ayat jurnal penyesuaian piutang tak tertagih bergantung pada metode yang dipergunakan yakni berdasarkan penjualan bersih, saldo piutang dagang ataupun daftar tabel umur piutang. Contoh jurnal penyesuaian piutang tak tertagih kali sebagai berikut ini.

Jurnal Penyesuaian Piutang Tak Tertagih berdasarkan Penjualan Bersih

Jurnal Penyesuaian Piutang Tak Tertagih berdasarkan Penjualan Bersih yang dapat dibuat sesuai dengan kesepakatan yakni 1% dari penjualan bersih. Perlu diketahui bahwa penjualan bersih adalah penjualan - retur dan potongan harga ya.


Tanggal Keterangan  Debit   Kredit 
30/12/2020 Beban kerugian piutang  Rp     660.000

   Cadangan kerugian piutang
 Rp     660.000

Jurnal Penyesuaian Piutang Tak Tertagih berdasarkan Piutang Dagang

Ayat jurnal penyesuaian piutang tak tertagih yang dapat dibuat berdasarkan presentase piutang sebesar 5% adalah sebagai berikut ini.


Tanggal Keterangan  Debit   Kredit 
30/12/2020 Beban kerugian piutang  Rp  2.750.000

   Cadangan kerugian piutang
 Rp  2.750.000

Jurnal Penyesuaian Piutang Tak Tertagih berdasarkan Tabel Umur Piutang

Contoh jurnal penyesuaian piutang tak tertagih berdasarkan tabel umur piutang yang harus dikerjakan sebagai berikut ini ya.


Tanggal Keterangan  Debit   Kredit 
30/12/2020 Beban kerugian piutang  Rp  1.070.000

   Cadangan kerugian piutang
 Rp  1.070.000

Demikianlah Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya semoga anda paham, apabila anda punya soal maka anda dapat berkomentar biar dijawabkan.

0 Response to "Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel