Utang Obligasi: Pengertian, Perbedaan, Jenis-jenis dan Manfaat

Konten [Tampil]


Pengertian Obligasi

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah sebuah surat yang dipergunakan untuk mendapatkan pinjaman jangka panjang dimana obligasi berisikan surat janji untuk membayar bunga dan pokok pinjaman.

Utang Obligasi: Pengertian, Perbedaan, Jenis-jenis dan Manfaat

Nilai nominal adalah nilai yang tercantum dalam obligasi yang harus dilunasi oleh peminjam dimana tangga pelunasan obligasi terdapat pada surat obligasi tersebut.
Baca Juga Contoh soal pengauditan terhadap biaya dibayar dimuka / Prepaid expenses

Perbedaan Utang Obligasi dan Utang Wesel.

Jelaskan perbedaan antara wesel tagih dan obligasi merupakan hal yang harus diketahui oleh akuntan, karena kedua utang ini merupakan hal yang berbeda sehingga akan menghasilkan pencatatan yang berbeda pula.

Perbedaaan utang obligasi dan wesel yaitu wesel hanya diberikan kepada orang yang meminjamkan saja akan tetapi obligasi diberikan kepada semua orang yang memberikan pinjaman dimana orang tersebut lebih dari satu. Oleh karena itu, sumber pemberi pinjaman obligasi adalah masyarat yang jumlahya dapat mencapai ratusan ribu dibandingkan wesel yang hanya seorang saja.

Persamaan utang wesel jangka panjang dengan utang obligasi yaitu jangka waktu pelunasan terhadap utang tersebut, jika lebih dari satu tahun maka ia dianggap sebagai utang jangka panjang.
Baca Juga contoh soal teori akuntansi dan jawaban pembahasan essay dan terunik

Perbedaan Utang Obligasi dan Saham.

Perbedaan obligasi dan saham memiliki sebuah hal yang membedakan sangat dasar yaitu saham merupakan hak kepemilikan terhadap suatu perusahaan akan tetapi obligasi merupakan bukti pemberikan pinjaman utang kepada perusahaan.

Perbedaan obligasi dan saham lebih cocoknya pada penilaian hak atas perusahaan, ketika seorang memiliki saham sebanyak 10% maka ia memiliki andil terhadap perusahaan sebanyak 10% pula. Nah jika seseorang memiliki obligasi maka ia akan mendapatkan pelunasan sesuai dengan nominal obligasi dan bunga obligasi juga.
Baca Juga Persamaan dasar akuntansi bayar beban listrik, persamaan dasar akuntasi prive dan persamaan dasar akuntansi pemakaian perlengkapan

Jenis-Jenis Obligasi

Obligasi memiliki beberapa jenis yang diperdagangkan dipasar modal yaitu
  1. Obligasi berseri
  2. Obligasi Sinking Fund
  3. Obligasi atas Nama
  4. Obligasi Atas Unjuk
  5. Obligasi dengan Jaminan
  6. Obligasi tanpa jaminan
Baca Juga  Contoh soal teori akuntansi dan jawabannya essay yang paling tergreget

Manfaat Obligasi

Manfaat obligasi bagi perusahaan yang mengeluarkan yaitu mendapatkan kas yang dapat dipergunakan untuk menjalankan kegiatan operasional sehari-hari, ketika perusahaan mendapatkan hutang obligasi maka perusahaan akan dapat meningkatkan kas yang dimiliki perusahaan.

Keuntungan obligasi bagi pemberi pinjaman yaitu mendapatkan bunga atas obligasi yang diberikannya kepada perusahaan. Pemberi pinjaman akan mendapatkan bunga yang diperhitungkan selama setahun.
Baca Juga Contoh soal pengauditan terhadap utang voucher Pemeriksaan auditor
Demikianlah pengertian, perbedaan dan kesamaan, jenis-jenis dan manfaat utang obligasi, semoga anda paham ya kawan-kawan

0 Response to "Utang Obligasi: Pengertian, Perbedaan, Jenis-jenis dan Manfaat"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel