Contoh Soal dan Jawaban Financial Leasing dan Operating Leasing

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban financial leasing dan operating leasing akuntansi keuangan menengah menjadi perhatian dalam perhitungan sewa guna usaha yang dilakukan oleh perusahaan. Transaksi operating leasing berbeda dengan capital leasing dalam pengakuan beban dan status kepemilikan aset tersebut.

Contoh kasus sewa guna usaha (leasing) seperti seseorang yang melakukan kredit motor yang belum lunas. Pada dasarnya kredit motor itu disebut dengan sewa guna usaha perpindahan kepemilikan pada akhir periode penyewaan ya. Leasing adalah suatu perjanjian antara orang yang mempunyai aset dengan pengguna untuk memanfaatkan aset selama periode tertentu.

Rumus dan contoh leasing dapat berupa perhitungan sewa guna usaha baik itu capital leasing atau operating leasing. Contoh soal dan jawaban sewa guna leasing dapat terjadi dengan karena perusahaan lebih baik menyewa daripada membeli sebuah aset dimana tanggungjawab sewa tetap ada di pihak pemilik.

Contoh jurnal operating leasing dan financial leasing harus dicatat oleh akuntan selama periode penyewaan aset tersebut. Pengakuan adanya sewa akan memiliki pencatatan yang berbeda. Perencanaan pajak untuk sewa guna usaha harus diterapkan agar penggunaan asset lease tidak merugikan perusahaan.

Contoh Soal dan Jawaban Financial Leasing dan Operating Leasing

Contoh Soal dan Jawaban Financial Leasing dan Operating Leasing

Operating Leasing VS Capital Leasing

Operating leasing adalah sebuah perjanjian sewa menyewa antara penyewa dengan yang disewa dimana kepemilikan aset lease tidak akan berpindah pada akhir periode sewa. Hal ini akan mengakibatkan harga sewa aset leasing semakin mahal.

Capital leasing adalah sebua perjanjuan sewa menyewa dimana pada akhir periode akan terjadi perpindahan aset leasing ke penyewa ya.

Pencatatan lease untuk perusahaan sewa guna usaha pada dasarnya harus diterapkan sesuai dengan isi dari perjanjian kontrak. Karena terjadi perbedaan antara operating lease dan capital lease maka seorang akuntan harus dapat menentukan jenis transaksi yang terjadi.
Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Umum Metode Perpetual dan Periodik

Contoh Soal dan Jawaban Sewa Guna Usaha / Leasing

Contoh soal dan jawaban sewa guna usaha atau leasing sering terjadi pada perusahaan yang melakukan sewa barang daripada membeli barang. Hal ini dikarenakan ketika perusahaan menyewa barang maka perusahaan hanya bertanggungjawab dalam menggunakan aset tersebut dan bukannya memperbaiki apabila rusak.

Soal dan jawaban perhitungan leasing terjadi pada PT Rafinternet yang melakukan sewa mesin printer tiga dimensi dengan harga Rp 9.000.000 dimana masa sewa pertahun adalah Rp 2.500.000 dengan masa manfaat aset 5 tahun dan dapat dibatalkan dengan bunga sebesar 12%.

Rumus dan contoh soal leasing dapat dikerjakan dengan mempergunakan bantuan anuitas jika menggunakan capital leasing dan amortisasi jika dengan menggunakan operating leasing
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Laba Rugi Persekutuan Firma

Contoh Kasus Sewa Guna Usaha / Leasing

Contoh kasus sewa guna usaha / leasing menjadi perjanjian leasing dan analisisnya perlu dilakukan pada PT Rafinternet. Adapun langkah menghitung beban sewa yang harus ditanggung selama periode penyewaan aset tetap adalah.

Contoh soal dan jawaban financial leasing yang harus dijawab pada kasus PT Rafinternet adalah sebagai berikut ini.

Contoh Soal dan Jawaban Financial Leasing dan Operating Leasing

Contoh soal dan jawaban sewa guna usaha dengan menggunakan metode financial leasing dikerjakan dengan menghitung bunga dengan tingkat bunga yang disepakati dan pokok dihitung dengan mengurangi total dengan bunga ya. Lalu saldo aset leasing akhir periode dicari dengan mengurangi awal periode dengan pokoknya.

Pencatatan lease oleh perusahaan sewa guna usaha (lessor) akan memberlakukan sistem depresiasi karena aset pada akhir periode diakui sebagai kepemilikan perusahaan. Pertanyaan tentang francais dan leasing biasanya hanya berkaitan dengan mekanisme pencatatannya.
Baca Juga: Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya
Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Financial Leasing dan Operating Leasing semoga anda paham, apabila anda punya soal maka silahkan berkomentar.


0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Financial Leasing dan Operating Leasing"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel