✓ Pengertian Motivasi, Jenis dan Faktor Pemotivasi

Konten [Tampil]
Pengertian Motivasi adalah sebuah dorongan atau alasan yang menjadikan dasar untuk seseorang semangat agar dapat mendapatkan tujuan untuk melakukan sesuatu. Arti motivasi didefinisikan sebagai semua hal yang dapat menimbulkan semangat atau dorongan didalam diri seseorang untuk mengerjakan sesuatu.

Secara etimologis kata motivasi berasal dari bahasa Inggris yaitu motivation yang mempunyai arti daya batin atau dorongan. Oleh karena itu, pengertian motivasi adalah segala hal yang dapat mendorong atau menggerakkan seseorang untuk bertindak melakukan sesuai dengan tujuan tertentu.

✓ Pengertian Motivasi, Jenis dan Faktor Pemotivasi


Motivasi berasal dari diri sendiri atau berasal dari orang lain. Sehingga motivasi dapat dilakukan seseorang lain agar mereka dapat mengerjakan sesuatu hal dengan antusias yang tinggi.

Baca juga: Pengertian Perdagangan Internasional.

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli.

Untuk dapat memahami apa arti motivasi sehingga dapat menjadikan pemahaman mengenai pengertian motivasi. Mari kita merujuk pada pengertian motivasi menurut para ahli yakni.

  • Weiner.
Menurut Weiner, pengertian motivasi adalah segala hal yang menyebabkan kondisi internal yang membangkitkan seseorang untuk bertindak, mendorong seseorang untuk mencapai tujuan tertentu serta membuat individu tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.
  • Uno.
Pengertian motivasi adalah dorongan internal dan eksternal dalam diri individu yang diindikasikan dengan mempunyai beberapa hal yaitu hasrat dan minat, dorongan serta kebutuhan, cita-cita dan harapan, penghormatan dan penghargaan.
  • Henry Simamora.
Definisi motivasi adalah segala hal yang mempunyai fungsi pengharapan individu bahwa mereka mempunyai upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada akhirnya mempunyai gilirannya akan membuahkan hasil serta imbalan yang dikehendaki.
  • A. Anwar Prabu Mangkunegara.
Arti Motivasi adalah sebuah kondisi yang mempunyai pengaruh untuk membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku individu yang berhubungan dengan lingkungan kerja.
  • G. R. Terry.
Definisi motivasi adalah segala keinginan yang terdapat pada diri seseorang yang merangsang untuk mengerjakan sesuatu perbuatan.
Baca juga: Pengertian Adaptasi.

Jenis-jenis motivasi dan macam-macam motivasi.

Ada Pengertian motivasi yang cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga secara umum hanya terdapat dua jenis motivasi adalah motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik.

  • Motivasi Intrinsik.
Pengertian motivasi intrinsik adalah keinginan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengerjakan sesuatu, yang disebabkan oleh beberapa faktor yang mendorong baik dari dalam diri seseorang yang tidak dipengaruhi oleh orang lain karena adanya hasrat untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh motivasi intrinsik adalah seseorang yang mempunyai motivasi untuk bekerja agar dapat mendapatkan penghasilan yang dapat menjaga memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Contoh lainnya adalah seseorang yang termotivasi adalah seseorang yang mendapatkan prestasi belajar termotivasi oleh hadiah yang akan didapatkan.
  • Motivasi Ekstrinsik.
Pengertian motivasi ekstrinsik adalah keinginan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengerjakan sesuatu yang disebabkan oleh faktor yang berasal dari luar diri sendiri untuk mencapai sesuatu tujuan yang menguntungkan diri sendiri.

Contoh motivasi ekstrinsik adalah seseorang yang termotivasi bekerja diakibatkan oleh seseorang untuk meningkatkan karirnya ke pagawai berprestasi.

Baca juga: Struktur berita terbaik.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya motivasi.

Pengertian motivasi dan contohnya dapat dilakukan untuk memberikan motivasi kepada seseorang dengan menggunakan beberapa faktor yang menyebabkan motivasi. Adapun faktor yang menyebabkan motivasi adalah.

  • Faktor internal (intern)
Faktor internal adalah faktor motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang pribadi. Motivasi internal disebabkan dari adanya keinginan individu untuk mempunyai prestasi dan tanggungjawab di dalam hidupnya.

Adapun faktor-faktor internal yang menyebabkan motivasi adalah
  • Kebutuhan, yaitu individu mempunyai kebutuhan dalam kehidupannya sehingga orang menjadi termotivasi untuk melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Harga diri dan prestasi, yaitu motivasi yang ada didalam diri seseorang untuk mengembangkan kreativitas dan energi untuk menggapai prestasi yang dapat meningkatkan harga dirinya. 
  • Harapan, yaitu sebuah hal yang ingin dicapai seseorang di masa mendatang yang dapat mempengaruhi sikap serta perasaan subyektif orang tersebut.
  • Tanggungjawab, yaitu motivasi yang ada dalam diri seseorang agar bekerja dengan baik serta hati-hati agar dapat menghasilkan sesuatu yang berkualitas.
  • Keputusan kerja, yaitu sebuah Pemotivasi dalam diri seseorang karena dapat mengerjakan sesuatu pekerjaan tertentu.

  • Faktor eksternal (ekstern)
Faktor eksternal adalah faktor motivasi yang berasal dari luar diri seseorang. Motivasi eksternal disebabkan adanya peran dari luar, misalnya organisasi, yang turut menentukan perilaku seseorang di dalam kehidupannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi secara eksternal adalah
  • Jenis dan sifat pekerjaan, yaitu dorongan yang ada didalam diri seseorang untuk bekerja pada jenis dan sifat pekerjaan tertentu. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh besarnya imbalan yang diterima dalam pekerjaan tersebut.
  • Kelompok kerja dan kondisi kerja, yaitu perusahaan dimana pernah bekerja dan keadaan dimana orang bekerja sesuai dengan harapannya sehingga dapat bekerja dengan baik.
  • Keamanan dan keselamatan kerja, yaitu sebuah perlindungan yang diberikan oleh perusahaan agar diberikan jaminan keamanan dan keselamatan seseorang dalam bekerja.
  • Hubungan interpersonal, yaitu hubungan antar teman sejawat, dengan bawahan dan dengan atasan. 
Baca juga: Pengertian Data.

Nah Pengertian motivasi, jenis-jenis motivasi dan faktor yang menyebabkan motivasi telah saya berikan ya, semoga bermanfaat.

0 Response to "✓ Pengertian Motivasi, Jenis dan Faktor Pemotivasi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel