Pengertian Perdagangan Internasional, Manfaat, Jenis dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Pengertian Perdagangan Internasional



Perdagangan Internasional adalah sebuah interaksi antar negara yang dinyatakan dalam jual beli barang ataupun jasa yang didasarkan sebuah kesepakatan bersama. Kerjasama internasional dalam bidang perdagangan sudah mulai ada sejak zaman abad pertengahan dan bukanlah sebuah hal yang baru saja dimulai.

Pengertian Perdagangan Internasional, Manfaat, Jenis dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional


Hubungan antar negara dalam bidang ekonomi dapat membentuk tiga macam hubungan, yaitu;
  1. Hubungan antar negara dalam bentuk utang piutang
  2. Hubungan antar negara dalam bentuk aliran produksi atau sarana produksi.
  3. Hubungan antar negara dalam bentuk perdagangan baik barang ataupun jasa.
Tujuan utama Perdagangan internasional adalah dalam rangka meningkatkan GDP atau sering disebut dengan Gross Domestics Product. GDP adalah nilai total produksi barang dan jasa selama satu tahun disebuah negara. Kemunculan perdagangan internasional dapat menimbulkan berbagai macam sektor yaitu sosial, politik, dan ekonomi yang dapat membantu mendorong kemajuan industri, transportasi bahkan globalisasi.
Baca Juga Contoh soal pengauditan terhadap utang voucher Pemeriksaan auditor


Pengertian Perdagangan Internasional Secara Umum.

Perdagangan diartikan sebagai proses tukar menukar yang terjadi atas dasar suka sama suka berdasarkan sebuah kesepakatan bersama diantara pihak yang terlibat didalamnya. Negara-negara didunia ini belum ada yang mampu memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhanya sendiri, sehingga mereka harus meminta bantuan dari negara lain.

Proses dimana saling membutuhkan tersebut berubah menjadi kegiatan perdagangan yang terjadi antara negara yang terlibat yang menjadikannya kegiatan ekspor dan import. Perdagangan antarnegara sering disebut dengan perdagangan internasional.

Berdasarkan pengertian perdagangan internasional, maka dapat disimpulkan definisi perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli yang dilakukan sebuah negara dengan negara lainnya, yang diakibatkan oleh ketidakmampuan negara untuk memproduksi barang dan jasanya sendiri. Keterbatasan tersebut meliputi keterbatasan dalam sumber daya alam, sumber daya modal bahkan sumber daya manusia.

Baca Juga Cara mencatat penerimaan pelunasan piutang dan diskon di MYOB

Ciri-Ciri Perdagangan Internasional.

Berdasarkan pengertian perdagangan internasional, maka dapat diketahui bahwa perdagangan internasional mempunyai ciri-ciri dan karakteristik sebagai berikut:
  1. Tukar Menukar barang dan jasa yang terjadi antara satu negara dengan negara lainnya.
  2. Pergerakan sumber daya yang tidak terbatas.
  3. Meningkatnya kegiatan eksport dan import.
  4. Meningkatnya kerja sama dalam bidang ekonomi.
  5. Penggunaan teknologi yang semakin berkembang.

Manfaat Perdagangan Internasional.

Berdasarkan pengertian perdagangan internasional, tentunya setiap aktivitas yang dilakukan ada manfaatnya. Kerjasama internasional biasanya didasarkan atas simbolis mutualisme yaitu saling menguntungkan dan memberikan manfaat antar negara yang terlibat dalam kerja sama tersebut.

Manfaat Perdagangan Internasional adalah:
  1. Memperluas pangsa pasar yang bertujuan untuk menambah keuntungan dan memperkenalkan produk baru.
  2. Memperoleh barang dan jasa yang tidak dihasilkan dinegaranya sendiri karena adanya perbedaan sumber daya alam, manusia dan modal.
  3. Mempercepat pertumbuhan ekonomi di sebuah negara,
  4. Adaya kemungkinan dapat mentransfer perkembangan teknologi modern sehingga dapat digunakan untuk memahami teknik produksi yang lebih efektif dan efisien serta modern.
  5. Menambah pemasukan negara dalam bentuk devisa.
  6. Membuka lapangan pekerjaan yang baru serta yang lebih luas.
  7. Dapat memperkenalkan barang-barang yang hanya terdapat disuatu negara yang tidak terdapat dinegara lainnya.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional.

Kerja sama internasional dalam bidang perdagangan tidak akan terjadi apabila tidak ada faktor yang mendorongnya. Faktor utama yang mendorong perdagangan internasional adalah setiap negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bantuan negara lain, disuatu negara pasti akan ada keterbatasan baik dalam sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumberdaya modal.

beberapa faktor pendorong perdagangan internasional adalah:
  • Terdapatnya perbedaan kondisi geografis.
Setiap negara mempunyai kondisi geografis yang berbeda yang menyebabkan negara tersebut mempunyai sumberdaya yang tidak dimiliki oleh negara lain.  Contonya adalah Indonesia, Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah dimana rempah-rempah tersebut hanya didapatkan dinegara yang mempunyai iklim tropis. Negara yang tidak mempunyai iklim tropis dapat memiliki rempah-rempah dengan melakukan pembelian dalam perdagangan internasional.
  • Meningkatnya perkembangan teknologi dan informasi.
Sekarang ini zamannya sudah modern sehingga transaksi dapat dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung. Contohnya adalah penggunaan video call untuk melakukan persetujuan penjualan.
  • Adanya pasar bebas.
Kebebasan yan telah ditanamkan dalam liberalisme juga dimasukkan ketika dalam perdagangan internasional. Siapa saja mempunyai hak untuk dapat memperluas atau meningkatkan pasarnya dalam kegiatan jual beli produk lintas negara.

Pasar bebas dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kerja sama antar negara yang dapat memberikan peluang untuk menambah devisa negara. Kebebasan ekonomi menjadi faktor penting dalam memicu individu agar berlomba-lomba untuk menambah pangsa pasar dan meningkatkan produksi.
  • Penghematan biaya.
Perdagangan internasional akan membuat sebuah negara tidak hanya menerima pendapatan hanya dalam negeri saja, tetapi ia juga akan menerima pendapatan yang berasal dari negara lainnya atas jasa yang telah ia berikan.
  • Perbedaan penerapan teknologi.
Perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh sebuah negara dapat menjadikannya memiliki perbedaan dalam bidang teknologi. Perbedaan teknologi akan menyebabkan sebuah negara hanya mampu memproduksi barang mentah yang hanya dapat diolah menjadi barang jadi di negara lainnya.

Jenis Perdagangan Internasional.

  • Ekspor dan Impor
Ekspor merupakan tindakan kita menjual barang ke luar negeri, sedangkan impor adalah tindakan negara membeli barang dari luar negeri. Ekspor dan Import menjadi kegiatan perdagangan internasional yang sering dilakukan. Ada dua cara untuk melakukan kegiatan ekspor yaitu ekspor biasa (melalui peraturan yang berlaku) dan eksport tanpa L/C (ekspor dimana barang boleh dikirimkan dengan seijin menteri perdagangan).
  • Konsinyasi
Konsinyasi adalah penitipan barang kepada pihak luar negeri. Atau sering disebut dengan penjualan ke luar negeri dimana belum tentu ada pembeli yang ada diluar negeri.
  • Barter
Barter adalah perdagangan internasional dimana sebuah negara menukarkan barang sejenis dengan negara lainnya misalnya swith barter.
  • Border Brossing
Border Brossing adalah perdagangan internasional antar negara yang bersebelahan yang bertujuan agar memudahkan penduduknya melakukan transaksi jual beli.
  • Package Deal
Package Deal adalah perdagangan internasional yang menggunakan surat perjanjian resmi.

Jadi dapat disimpulkan Pengertian pedagangan internasional, Manfaat Perdagangan Interasional, Jenis-jenis perdagangan internasional, Ciri-ciri perdagangan internasional dan faktor pendorong perdagangan internasional yang telah saya bahas ya.

0 Response to "Pengertian Perdagangan Internasional, Manfaat, Jenis dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel