Pengertian Spam adalah: Arti Spam, Dampak, Contoh, Tujuan Spam

Apa yang dimaksud Spam? Pengertian Spam dan contohnya apa sih? Arti SPAM adalah? Apa itu Spam? www.rafinternet.com akan memberikan jawaban mengenai PENGERTIAN SPAM dan CONTOHNYA.

Secara umum, ARTI SPAM adalah kegiatan untuk mengirimkam pesan kepada orang lain secara terus menerus dengan menggunakan sebuah perangkat elektronik dengan jumlah yang tidak wajar dan dikehendaki oleh penerima. Aktivitas spam ini sering disebut dengan Spamming dengan pelaku spam disebut dengan spammer.

Arti spam adalah


Secara umum pesan yang dikirimkan oleh pelaku spam berisikan iklan atau informasi yang tidak diperlukan oleh penerima. Akan tetapi si pengirim spam tetap melaksanakan pengiriman email spam karena ada tujuan tertentu yang ingin didapatkan dari si penerima spam tersebut.

PENGERTIAN SPAM DALAM EMAIL ADALAH aktivitas pengiriman pesan kepada si penerima yang dilakukan oleh pengirim dengan banyak sekali email dengan tujuan tertentu yang dingin didapatkan dari penerima pesan tersebut dimana penerima tidak menghendaki dikirimkan email tersebut.

Kegiatan Spam sering dilakukan di internet karena spam di internet itu lebih murah dan mudah untuk memasarkan dan mengirimkan sesuatu untuk kepentingan di internet. Dari sisi penerima pesan, spam merupakan sebuah komik yang tentunya menggangu karena dapat menyita waktu dan menguras sumber daya dari si penerima seperti internet dan listrik.

ARTI SPAM ADALAH

Arti spam dalam bahasa Indonesia adalah hal yang sering dilakukan oleh para spammer untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari penerima pesan.

Baca PENGERTIAN EMAIL

Mengapa masih banyak yang melakukan kegiatan Spamming di internet? Banyak orang beranggapan para spammer memiliki alasan untuk tetap melakukan spam meskipun hal itu merugikan orang lain. Berdasarkan pada Arti Slam yang telah dijelaskan, ada beberapa tujuan spam yakni.

TUJUAN SPAM

  • Spam Promosi
Spam promosi sering dilakukan oleh pihak yang ingin memasarkan sebuah produk di internet secara tidak etis dengan menggunakan cara mengirimkan email spam kepada penerima. Isi pesan yang terdapat dalam pesan spam promosi adalah penawaran barang dan jasa dari perusahaan tersebut.

Pelaku spam atau spammer biasanya menggunakan email dan SMS sebagai cara untuk memasarkan produk baik itu dari perusahaan ataupun perorangan.

Dari sisi penerima spam akan berakibat terganggunya produktivitas dari si penerima karena mereka mengirimkan hal yang mengganggu seperti iklan komersial. Si penerima tentunya tidak akan tertarik ketika si pengirim spam berniat melakukan penjualan bahkan presentasenya kecil untuk terjadinya kegiatan jual beli.
  • Spam Penipuan.
Spam penipuan memiliki tujuan yang lebih buruk dari pada spam promosi. Spam untuk tujuan penipuan biasanya dilakukan dengan menggunakan email bahkan SMS. Modus penipuan yang sering digunakan adalah mengambil sebuah data akun online atau sering disebut Phising, pencurian data bahkan sampai meminta uang untuk menebus akun yang telah dibajak ya.

Salah satu modus penipuan yang sering terjadi adalah phising atau pencurian akun pribadi si penerima. Biasanya spammer mengirimkan email spam yang dilakukan secara random dimana isi pesan tersebut berisikan bahwa si penerima adalah pemenang dari salah satu event undian berhadiah.

Pada email yang dikirimkan tersebut disisipkan sebuah link yang mengarahkan si penerima untuk melakukan login dengan menggunakan akun tertentu. Ketika si penerima pesan telah memberikan email beserta password-nya maka setiap kali mereka submit akun akan terbaca oleh si pengirim pesan tersebut.

  • Spam hanya iseng.
Spam hanya untuk kesenangan sesaat memang sering dilakukan orang bahkan mereka tidak memandang si penerima terganggu atau tidak. Walaupun begitu tindakan tersebut masih merugikan orang lain ya.

Salah satu contoh keisengan dalam Spam adalah menyebarkan sebuah link website tertentu kepada blog orang lain bahkan ke situs yang tidak relevan bahkan di blokir oleh google ya.

Pengertian spam dan cara mengatasinya merupakan tindakan kita mengantisipasi email yang bisa menjadikan kita terganggu oleh para spammer.

CONTOH SPAM YANG SERING DILAKUKAN.

Berdasarkan kegiatan sehari-hari kita dapat menjumpai beragam bentuk spam yang terjadi di kehidupan kita ya. Nah dengan Arti SPAM tersebut kita dapat membuat beberapa contoh.

  • Spam Email.
Spam email merupakan spamyang sering digunakan oleh para spammer. Bentuk spam email adalah dengan mengirimkan email atau surat elektronik komersial secara massal kepada pengirim yang tidak menghendakinya.

Pengiriman spam email dilakukan melalui jaringan zombie atau jaringan virus yang telah menginfeksi komputer pribadi bahkan komputer kantor di dunia. Akan tetapi email spam ini sering terjadi karena mereka telah setuju dalam pendaftaran sebuah akun diwebsite.
  • Spam SMS.
Sms sering dilakukan oleh orang agar mendapatkan informasi atau mengabarkan seseorang. Akan tetapi jika Spam SMS itu terjadi ketika pesan instan yang dikirimkan sangar banyak. Tujuan dari spam SMS beragam yakni promosi ataukah penipuan.

Spam SMS biasanya dilakukan dengan menggunakan software SMS blast yang dapat mengirimkan pesan singkat secara massal ke nomor ponsel.
  • Spam komentar di blog / website.
Spam komentar di blog / website merupakan sebuah komik yang cukup ganggu para blogger bahkan pemilik website tersebut. Ketika spammer menggunakan software khusus sehingga bisa dengan sekejap mata memberikan komentar di blog orang lain secara banyak.
  • Spam search engine.
Spam ini tergolong sangat berbahaya karena dapat menyebabkan spamdexing. Tujuan spamdexing adalah agar dapat menempatkan sebuah link website yang mengandung unsur spam ke mesin pencari agar mendapatkan halaman pertama.

Untuk itu google memberikan layanan selalu mengupdate algoritma yang dimilikinya agar situs-situs yang menggunakan spamdexing terhapus di mesin pencarian.


DAMPAK BURUK SPAM.

Spam tidak memberikan sebuah manfaat baik bagi penerima atau pengirim. Berdasarkan pengertian Spam ada beberapa dampak negatif Slam yakni.
  1. Waktu habis secara percuma untuk menghapus bahkan membersihkan Spam di perangkat Android.
  2. Sumber daya perangkat elektronik cepat untuk habis bahkan tidak digunakan.
  3. Menghabiskan bandwidth sehingga anda akan mendapatkan tagihan internet yang tinggi.
  4. Menyebabkan website dan blog lambat dalam memuat isi dari website tersebut.
  5. Perangkat elektronik rentan terkena Malware berbahaya.
Nah pengertian spam, arti spam, dan dampak spam telah saya berikan ya

0 Response to "Pengertian Spam adalah: Arti Spam, Dampak, Contoh, Tujuan Spam"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel