Kapan Pendapatan Diakui dalam Laporan Laba Rugi Akuntansi

Konten [Tampil]

Kapan pendapatan diakui dalam laporan laba rugi akuntansi merupakan pertanyaan teori akuntansi mengenai penghasilan yang didapatkan dari penyerahan barang dan jasa kena pajak. Bagaimana cara mengatasi penyimpangan penjualan pada pengakuan pendapatan dapat dialokasikan dalam neraca saldo.

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam teori akuntansi bertujuan agar setiap perusahaan dapat mempersiapkan kinerja keuangan sesuai prinsip dasar akuntansi. Persamaan dasar akuntansi akan memperjelaskan informasi perihal mekanisme pembuatan jurnal umum atas bukti transaksi yang diperolehnya.

Bagaimana pengakuan pendapatan untuk penjualan cicilan, penjualan tunai, penjualan konsinyasi, penjualan tahan dan tunda serta penjualan kontrak kontruksi memberikan pedoman bagi staff keuangan agar dapat memungut pajak pertambahan nilai sesuai aspek perpajakan yang terjadi disetiap transaksi keuangannya.

Kapan Pendapatan Diakui dalam Laporan Laba Rugi Akuntansi

Pertanyaan Tentang Pengakuan dan Pengukuran Pendapatan

Kapan pendapatan diakui dalam laporan laba rugi akuntansi dan perpajakan merupakan unsur pengakuan dan pengukuran penghasilan dalam sistem informasi akuntansi. Penjualan adalah informasi awal perihal perkembangan perusahaan atas kegiatan produksi barang dan jasa sesuai keadaan perusahaan yang sebenarnya terjadi.

Pertanyaan tentang pengakuan pendapatan berkaitan dengan mekanisme perhitungan total penghasilan yang dapat diakui dalam suatu periode. Laporan laba rugi adalah hasil dari kegiatan operasional, investasi dan pendanaan yang dilakukan entitas ketika menyelenggarakan kegiatan pembayaran pajak pertambahan nilai.

Pertanyaan tentang pengukuran pendapatan berkaitan dengan alokasi informasi keuangan yang dipersembahkan dalam neraca saldo. Pendapatan diakui saat dapat diukur dengan handal dan mendatangkan keuntungan di perusahaan. Keuntungan akan dialokasikan dalam rekening laba ditahan periode berjalan.

Baca Juga: Cara Menghitung Deplesi Sumber Daya Alam

Kapan Pendapatan Diakui dalam Teori Akuntansi

Kapan pendapatan diakui dalam laporan laba rugi akuntansi menjadikan staff keuangan bertanggungjawab dalam melaksanakan prinsip matching cost again revenue. Modal kerja berasal dari sumbangan para donatur perusahaan terutama pemilik, kreditur dan pemerintah untuk memenangkan tender bisnis.

Kapan Pendapatan dari Penjualan Tunai Diakui

Pendapatan dari penjualan tunai diakui pada saat menerima kas dan setara kas sebelum barang dan jasa dikirimkan. Setiap kebijakan keuangan perusahaan akan mendatangkan informasi yang diperlukan dalam tindakan entitas melaporkan setiap pemungutan pajak pertambahan nilai pada saat transaksi penjualan terjadi.

Kapan Pendapatan dari Penjualan Kredit Diakui

Kapan pendapatan dari penjualan kredit diakui pada saat entitas mengirimkan barang dan jasa dari gudangnya. FOB shipping point dan FOB destination point dijadikan informasi awal bagi entitas saat menyelenggarakan kegiatan peralihan hak milik dan hak manfaat saat kontrak kerjasama pengiriman barang dilakukan.

Kapan Pendapatan dari Penjualan Konsinyasi Diakui

Pendapatan dari penjualan konsinyasi diakui pada saat pengamanat menerima laporan penjualan dari komisioner setiap bulannya. Komisi dari penjualan konsinyasi akan langsung dipotongkan dari total penghasilan yang akan diterima sesuai akad kerjasama penjualan menggunakan jasa pihak ketiga.

Baca Juga: Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Teori Akuntansi

Contoh Soal dan Jawaban Pengakuan Pendapatan dalam Laporan Keuangan

Contoh soal dan jawaban pengakuan pendapatan dalam laporan keuangan diperkenankan oleh pernyataan standar akuntansi keuangan untuk memudahkan entitas menetapkan keuntungannya. Laba bersih dan laba kotor merupakan dasar bagi entitas menentukan terjadinya pembagian dividen tunai diperiode tersebut.

Contoh soal pengakuan pendapatan dan jawaban dalam laba rugi akuntansi memperbolehkan entitas menterjemahkan informasi sesuai perkembangan bisnisnya. Kriteria pengakuan penghasilan dalam ketentuan umum perpajakan mewajibkan entitas mengalokasikan sebagian besar kekayannya untuk membayarkan pph.

Contoh soal pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai terjadi ketika PT Rafinternet menerima wesel tagih sebesar Rp 46.000.000 dengan bunga 4% per tahun. Jangka waktu pembayaran wesel adalah 4 bulan dari penerbitannya. Bagaimana cara menghitung pendapatan bunga wesel yang akan diterima perusahaan?

Rumus Pendapatan Bunga Wesel = Rp 46.000.000 * 4% * 4 / 12
Rumus Pendapatan Bunga Wesel = Rp 613.333

Baca Juga: Apa itu Saham Treasury

Demikian kapan pendapatan diakui dalam laporan laba rugi akuntansi dan perpajakan dalam materi teori akuntansi. Pertanyaan pilihan ganda dan soal essay teori akuntansi akan membahas bagaimana pendapatan dan biaya harus diperhitungkan dalam memperkuat sistem informasi akuntansi keuangan lanjutan.

0 Response to "Kapan Pendapatan Diakui dalam Laporan Laba Rugi Akuntansi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel