Cara Menghitung Deplesi, Amortisasi dan Depresiasi dalam Akuntansi Keuangan

Konten [Tampil]

Cara menghitung deplesi, amortisasi dan depresiasi dalam akuntansi keuangan menengah merupakan dasar bagi entitas dalam menetapkan biaya perolehan dan akumulasinya. Biaya tetap adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan setiap periode tanpa melihat adanya produksi dan kenaikan harga bahan baku.

Contoh soal deplesi dan depresiasi adalah program penyusutan yang diselenggarakan perusahaan agar investasi jangka panjang dapat dibebankan ke laporan posisi keuangan. Perbedaan deplesi dengan amortisasi terletak pada aktiva tetap yang dibebankan ke periode berjalan sesuai target yang ditetapkan manajer keuangan.

Masalah yang biasa terjadi saat menghitung deplesi harus diselesaikan agar catatan atas laporan posisi keuangan menunjukkan nilai sebenarnya. Neraca saldo adalah perwakilan dari kegiatan administrasi perusahaan setiap periode guna mencegah terjadinya manipulasi data laporan keuangan setiap saat.

Cara Menghitung Deplesi, Amortisasi dan Depresiasi dalam Akuntansi Keuangan

Pengertian Deplesi Menurut Para Ahli

Pengertian deplesi menurut para ahli adalah kebijakan penyusutan biaya perolehan sumber daya alam yang ditargetkan sesuai pengalaman perusahaan. Umur manfaat adalah usia pemakaian aktiva tetap sesuai pertimbangan dan pengalaman perusahaan saat menggunakan aset sejenis dalam satu periode yang telah berjalan.

Cara menghitung deplesi, amortisasi dan depresiasi merupakan aktivitas bulanan yang harus dikerjakan wajib pajak. Wajib pajak orang pribadi dan badan usaha merupakan seluruh masyarakat yang bertempat  dalam daerah pabean yang sudah menjadi pengusaha kena pajak dan wajib melaporkan spt pph pasal 21, 22 dan 23.

Apa itu deplesi dan berikan contohnya? Pengertian deplesi menurut para ahli adalah kebijakan fiskal yang diterapkan perusahaan untuk meminimalisir resiko bisnis yang muncul. Tujuan depresiasi dan cara menghitung deplesi harus menggunakan metode penyusutan satuan unit produk sesuai nilai yang ditetapkan entitas.

Baca Juga: Cara Ambil Paket Shopee Sendiri di Shopee Express

Contoh Soal Kasus Deplesi Sumber Daya Alam dan Jawabannya

Contoh soal kasus deplesi sumber daya alam dan jawabannya merupakan komponen informasi keuangan yang diciptakan entitas dalam menjalankan kebijakan bisnis. Kebijakan fiskal adalah pedoman bagi entitas saat menerapkan ketentuan umum perpajakan setiap kali transaksi diselenggarakannya

Cara menghitung deplesi, amortisasi dan depresiasi perlu mempertimbangkan biaya penyusutan. Dalam perhitungan deplesi apa saja yang perlu di perhatikan adalah seluruh biaya yang telah dikeluarkan perusahaan selama satu periode dengan penghasilan yang didapatkannya saat menyelenggarakan kegiatan bisnis.

Contoh soal kasus deplesi sumber daya alam dan jawabannya terjadi ketika PT Rafinternet menginvestasikan sebagian besar kas di bank senilai Rp 23.000.000 untuk memperoleh batubara sebanyak 80.000 ton. Jika investasi tahun pertama menghasilkan 4.000 ton. Berapakah biaya deplesi yang muncul ditahun tersebut?

Baca Juga: Contoh Perhitungan Biaya Perolehan Aktiva Tetap

Cara Menghitung Deplesi dan Rumus Penyusutannya

Rumus penyusutan sumber daya alam menjadi bagian dari aktivitas perusahaan saat menggunakan kas. Kas adalah bagian terpenting di perusahaan untuk menjalankan pembayaran atau penerimaan pelunasan. Tanpa adanya kas, maka sebagian besar kegiatan operasional akan terhenti sesuai periode pelunasannya.

Cara menghitung deplesi, amortisasi dan depresiasi telah diatur dalam materi akuntansi keuangan menengah. Akuntansi adalah cabang pelunasan tagihan yang telah diselenggarakan entitas untuk menjalankan kebijakan bisnis. Tujuan penyusutan adalah memaksimalkan potensi biaya tetap yang dapat mengurangi pendapatan kena pajak.

Rumus Deplesi per ton = Rp 23.000.000 : 80.000 = Rp 287,5
Rumus Deplesi per tahun = Rp 287,5 * 4.000 = Rp 1.150.000

Jurnal Pencatatan Biaya Deplesi per Periode

Jurnal pencatatan biaya deplesi per periode dapat menjadi pedoman bagi perusahaan saat menyelenggarakan transaksi bisnis. Pembelian tanah yang mengantung unsur mineral dapat dijadikan aktiva tak berwujud. Langkah-langkah mencatat transaksi perhitungan biaya deplesi dan amorisasi aktiva per periode adalah

Tanggal Keterangan DebitKredit
21/03/2023Beban Deplesi Rp 1.150.000
Akumulasi Deplesi Rp 1.150.000

Baca Juga: Cara Menghitung Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah

Demikian cara menghitung deplesi, amortisasi dan depresiasi selama satu periode sesuai kebijakan akuntansi. Tujuan penyusutan adalah mengalokasikan seluruh kas yang telah dikeluarkan selama satu periode untuk menghasilkan kinerja keuangan yang menguntungkan bagi entitas selama beberapa tahun.

0 Response to "Cara Menghitung Deplesi, Amortisasi dan Depresiasi dalam Akuntansi Keuangan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel