Contoh Soal Utang Wesel Bayar Jangka Pendek dan Jurnal Penerbitannya

Konten [Tampil]

Contoh soal utang wesel jangka pendek dan jurnal penerbitannya merupakan anjuran bagi entitas yang ingin menambah modal kerja selama satu periode. Modal kerja adalah segala kas dan setara kas yang dibutuhkan agar kegiatan operasional tidak berhenti dan tetap berjalan menyesuaikan aturan berlaku.

Utang wesel dalam akuntansi adalah wesel bayar. Piutang wesel dalam akuntansi disebut wesel tagih. Perbedaan wesel bayar dan wesel tagih terletak pada siapa pihak yang bertanggungjawab melunasi tagihan. Penyebab munculnya wesel jangka pendek adalah permintaan perpanjangan waktu pelunasan tagihan.

Cara menghitung wesel tanpa bunga dan wesel berbunga bertujuan agar lawan transaksi mempersiapkan dana yang cukup. Liabilitas jangka pendek dan hutang jangka panjang berakibat pada rasio liabilitas atas aktiva tetap yang didapatkan perusahaan untuk melunasi hutang yang beredar sesuai nilai jatuh temponya.

Contoh Soal Utang Wesel Bayar Jangka Pendek dan Jurnal Penerbitannya

Perbedaan Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Perbedaan wesel bayar dan wesel tagih terletak pada pihak yang akan mempersiapkan dana sebagai pelunasan tagihan. Contoh soal utang wesel bayar jangka pendek ditujukan agar cash flow perusahaan dapat stabil. Arus kas operasional dan investasi perlu dipertimbangkan sebagai dasar pengenaan pajak pertambahan nilai.

Utang wesel dalam akuntansi disebut wesel bayar. Wesel bayar dilaporkan pada akun liabilitas sesuai masa jatuh temponya. Penyebab munculnya hutang dagang adalah entitas tidak membayarkan barang dan jasa yang dipakai dari supplier secara cash melainkan akan menggunakannya terlebih dahulu sesuai batas waktu tagihannya.

Perbedaan wesel bayar dan wesel tagih harus memperhatikan kesejahteraan para wajib pajak. Penyebab kegagalan pembayaran utang wesel adalah entitas tidak mempersiapkan dana yang cukup atau tidak mengalokasikan dana untuk pembayaran bunga wesel. Bunga wesel tetap akan dikenakan sesuai masa perpanjangan termin pembayaran.

Baca Juga: Cara Menghitung Umur Hutang Dagang

Contoh Soal Utang Wesel Jangka Pendek dan Jurnal Pencatatannya

Contoh soal utang wesel jangka pendek dan jurnal pencatatannya merupakan prosedur yang dilalui perusahaan untuk mendatangkan aktiva tak berwujud. Keseluruhan transaksi keuangan harus dipertimbangkan secara jelas untuk mengapresiasi setiap kinerja keuangan yang diakuisisinya.

Contoh soal wesel bayar tanpa bunga dan wesel tagih berbunga diperuntukkan bagi pelanggan yang sulit membayarkan tagihan tepat waktu. Pelunasan hutang menggunakan wesel bertujuan agar pemberi pinjaman mau memperpanjang masa penagihannya sesuai jangka waktu yang diinginkan selama aktivitas operasionalnya dijalankan.

Contoh kasus wesel bayar tanpa bunga terjadi ketika PT Rafinternet menandatangani perpanjangan termin pembayaran selama 6 tahun atas pinjaman senilai Rp 45.000.000. Nilai tunai yang didapatkan sewaktu penerbitan wesel adalah Rp 38.000.000. Bagaimana cara mencatat transaksi liabilitas jangka pendek tersebut?

Baca Juga: Penyajian Liabilitas Jangka Pendek di Laporan Keuangan

Cara Menghitung Nilai Nominal dan Nilai Tunai Wesel Bayar Tanpa Bunga

Cara menghitung nilai nominal dan nilai tunai wesel bayar tanpa bunga diprioritaskan pada pembayaran tagihan jatuh tempo. Nilai nominal adalah nilai yang tercantum pada surat hutang jangka pendek. Nilai tunai adalah kas yang didapatkan perusahaan atas transaksi peminjaman tagihan tersebut.

KeteranganJumlah
Nilai Nominal Wesel Tanpa Bunga Rp 45.000.000
Nilai tunai wesel Rp 38.000.000
Bunga per 6 tahun Rp 7.000.000
Bunga per tahun Rp 1.166.667

Contoh Jurnal Pencatatan Penerbitan Wesel Bayar

Contoh jurnal pencatatan penerbitan wesel bayar ditujukan bagi entitas yang menambah kekayaan bisnis. Tambahan penghasilan wajib pajak dianjurkan agar keberlangsungan hidup dapat terjaga. Purchase order adalah dasar bagi entitas menjalankan perintah produksi ke beberapa departemennya.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
25/03/2023Kas Rp 38.000.000
Diskonto Utang Wesel Rp 7.000.000
Wesel Bayar Rp 45.000.000
(Jurnal mencatat penerimaan kas dari utang wesel)

Contoh Jurnal Pelunasan Bunga Wesel

Jurnal pelunasan bunga wesel adalah aktivitas perusahaan membayarkan bunga secara cicilan per periodenya. Pembayaran bunga akan memberikan kesan bahwa entitas bertanggungjawab terhadap keberlangsungan usahanya. Keterlambatan pembayaran bunga berakibat pada penurunan kualitas tagihan entitas.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
24/03/2024Beban bunga wesel Rp 1.166.667
Diskonto Utang Wesel Rp 1.166.667
(Jurnal mencatat biaya bunga wesel)

Baca Juga: Karakteristik Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Demikian contoh soal utang wesel bayar jangka pendek dan jurnal penerbitannya sesuai dasar-dasar akuntansi. Utang wesel dalam akuntansi disebut wesel bayar. Wesel bayar termasuk akun liabilitas yang dilaporkan pada kolom passiva. Passiva adalah sumber daya keuangan untuk membantu kegiatan bisnis.

0 Response to "Contoh Soal Utang Wesel Bayar Jangka Pendek dan Jurnal Penerbitannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel