Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Dana Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Konten [Tampil]

Contoh soal essay dan pilihan ganda dana kas kecil metode imprest dan fluktuasi merupakan prosedur yang dilalui perusahaan dalam rangka memperoleh kesempatan berbisnis. Dana kas kecil adalah sejumlah uang yang disisakan perusahaan melalui penarikan cek atau bilyet giro sesuai pertumbuhan yang diselenggarakannya.

Contoh soal kas kecil metode imprest dan fluktuasi beserta jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar. Akuntansi adalah pelajaran perihal prosedur pencatatan bukti transaksi yang disesuaikan kemampuan entitas dalam rangka memperhitungkan kinerja keuangan yang terjadi selama satu periodenya.

Metode dana kas kecil imprest disebut juga dengan metode dana tetap. Penerapan sistem pengendalian internal perusahaan harus dapat mempertahankan konsekuensi perihal pemakaian kas dan setara kas untuk kebijakan bisnisnya. Keseluruh prosedur pembayaran dapat diantisipasi sesuai kinerja perusahaan setiap saat.

Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Dana Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi

Ciri-Ciri Metode Imprest dan Fluktuasi

Bagaimana ciri-ciri metode imprest dan fluktuasi dalam mengelola dana kas kecil harus dimengerti agar supervisor finance dan manajer keuangan dapat menerapkan sistem pengendalian internal. Setiap perusahaan berhak mengadakan kerjasama bisnis dengan berbagai macam jenis perusahaan sesuai wilayahnya.

Contoh soal essay dan pilihan ganda dana kas kecil metode imprest dan fluktuasi hendaknya disesuaikan dengan tindakan persekutuan dan perseroan terbatas. Karakteristik perseroan terbatas terdiri dari seluruh modal pemilik usaha dinyatakan dalam bentuk saham dan dipertanggungjawabkan sesuai persentase pemilikannya.

Berikut yang bukan tujuan pembentukan dana kas kecil adalah membayarkan keseluruhan liabilitas jangka pendek yang jatuh tempo. Metode dana kas kecil imprest disebut juga dengan metode dana tetap. Mengapa kas kecil dapat mencegah terjadinya alokasi pembayaran sebab perjuangan dari masing-masing departemen.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Penjualan Konsinyasi dan Jawabannya

Tujuan Pembentukan Dana Kas Kecil

Berikut yang bukan tujuan pembentukan dana kas kecil adalah meminta pemegang saham memberikan kas untuk membayarkan tagihan tunai. Pemegang dana kas kecil disebut kasir. Kasir bertanggungjawab mencatat dan membayarkan segala pengeluaran perusahaan yang telah disetujui pejabat berwenang.

Tujuan pembentukan dana kas kecil adalah meminimalisir pembayaran tagihan jatuh tempo. Catatan akuntansi yang diperlukan pada saat pembentukan dana kas kecil adalah memo dari direktur keuangan. Contoh soal essay dan pilihan ganda kas kecil metode imprest dan fluktuasi akan membantu proses pembuatan jurnal.

Contoh soal essay dan pilihan ganda dana kas kecil metode imprest dan fluktuasi akan menghindari kecurangan yang dilakukan nasabah. Formulir yang dibuat pada saat mengajukan pemakaian dana kas kecil adalah bukti pengeluaran kas. Metode imprest sering disebut dengan metode dana tetap sesuai jumlah yang disepakati.

Baca Juga: Profile Lulusan Progdi Akuntansi dalam Bekerja

Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Kas Kecil

Contoh soal essay dan pilihan ganda kas kecil metode imprest dan fluktuasi dapat dikerjakan oleh staff finance atau kasir. Tugas kasir adalah melayani pemakaian kas dan penerimaan kas antar departemen di perusahaan. Kasir hanya bertindak sebagai perantara pencatatan seluruh kebutuhan kas dan setara kas yang dimilikinya.

Contoh soal kas kecil metode imprest dan fluktuasi terjadi pada saat PT Rafinternet menetapkan kebijakan pembentukan dana kas kecil untuk keperluan perusahaan senilai Rp 23.000.000. Adapun transaksi yang terjadi selama satu periode pemakaian dana kas kecil yang disetujui pejabat perusahaan yang berwenang adalah

  1. Membeli air mineral untuk keperluan bisnis senilai Rp 240.000
  2. Membayarkan tagihan ongkos kirim dokumen senilai Rp 1.030.000
  3. Membayarkan biaya kuli bangunan senilai Rp 120.000

Cara Pencatatan Jurnal Kas Kecil Metode Imprest

Cara pencatatan jurnal kas kecil metode imprest hanya dapat dilakukan diakhir bulan pada saat pembuatan jurnal penyesuaian. Bukti transaksi yang didapatkan dari pemakai dana kas kecil dapat dikumpulkan terlebih dahulu sebelum manajer keuangan mengajukan pengisian kembali kas di brankasnya.

Jurnal mencatat transaksi pembentukan dana kas kecil metode imprest dapat dibuat dengan formulir yang disetujui direktur keuangan. Direktur keuangan bertugas melakukan persetujuan atas transaksi pembayaran tagihan sesuai perencanaan bisnis yang telah ditargetkan dan modal kerja yang dimilikinya.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/02/2023Patty Cash Rp 23.000.000
Mandiri Bank Rp 23.000.000

Jurnal penyesuaian yang dibuat pada saat pengisian dana kas kecil metode imprest adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/02/2023Consumsion Meeting Expance Rp240.000
Document Delivery Expance Rp1.030.000
Indirect Labour Expance Rp120.000
Mandiri Bank Rp1.390.000

Cara Pencatatan Jurnal Kas Kecil Metode Fluktuasi

Cara pencatatan jurnal kas kecil metode fluktuasi dapat dikerjakan setelah entitas menerima bukti transaksi. Ciri-ciri metode fluktuasi adalah saldo kas kecil perusahaan dapat berubah menyesuaikan tingkat kebutuhan serta seluruh bukti transaksi dicatat pada tanggal terjadinya transaksi tanpa perlu penyesuaian.

Contoh soal essay dan pilihan ganda kas kecil metode imprest dan fluktuasi akan memberikan bantuan kepada perusahaan mengenai penerapan sistem pengendalian internal. Internal control dapat diciptakan untuk mengurangi resiko bawaaan dan resiko pengendalian yang muncul. Adapun jurnal mencatat transaksi pembentukan dana kas kecil adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/02/2023Patty Cash Rp 23.000.000
Mandiri Bank Rp 23.000.000

Jurnal penyesuaian yang dibuat pada saat pengisian dana kas kecil metode fluktuasi adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
26/02/2023Consumsion Meeting Expance Rp240.000
Document Delivery Expance Rp1.030.000
Indirect Labour Expance Rp120.000
Patty Cash Rp1.390.000

Baca Juga: Cara Daftar Kuliah di Universitas Muria Kudus

Demikian contoh soal essay dan pilihan ganda kas kecil metode imprest dan fluktuasi dalam sistem informasi akuntansi keuangan perusahaan. Kewajiban perusahaan adalah menciptakan proses pembayaran sebelum terjadinya penagihan yang diselenggarakan lawan transaksi sesuai perkembangannya.

0 Response to "Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Dana Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel