Contoh Soal Pertanyaan Pilihan Ganda Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh soal pertanyaan pilihan ganda kas dan setara kas merupakan aplikasi yang digunakan perusahaan untuk membayarkan tagihan jangka pendek kepada suppliernya. Setiap pemasok tentu mengharapkan pelanggannya memberikan kas kecil sebagai metode pembayaran paling likuid ketika mengadakan transaksinya.

Akuntansi kas dan setara kas meliputi pembahasan perihal kas kecil dan rekonsiliasi bank. Kas kecil adalah alat pembayaran yang sah menurut hukum dan dapat dipindahtangankan kepada pihak ketiga tanpa mengurangi nilai nominalnya. Kas adalah instrumen keuangan likuid dan dilaporkan sebagai aset lancar di neraca saldo.

Contoh soal jurnal kas kecil metode dana tetap dan rekonsiliasi bank adalah peristiwa perusahaan menyelenggarakan kegiatan pencatatan bisnis. Perbedaan pengakuan kas dan setara kas menurut akuntansi dan perpajakan terletak pada proses pembayaran tagihann yang memiliki unsur pajak pertambahan nilai.

Contoh Soal Pertanyaan Pilihan Ganda Kas dan Setara Kas

Bagaimana Penyajian Kas dan Setara Kas di Laporan Keuangan

Bagaimana penyajian kas dan setara kas di laporan keuangan terletak pada aktiva lancar yang didapatkannya selama menjalankan kegiatan produksi. Penyajian laporan keuangan menurut international financial report standar meletakkan kas atau sumber pembayaran tagihan lancar berada di posisi paling bawah aset.

Perbedaan pengakuan kas dan setara kas menurut akuntansi dan perpajakan adalah setiap pembayaran tagihan kepada pelanggan mengandung unsur penghasilan yang dikenakan pajak. Subyek dan objek pajak penghasilan telah diatur menteri keuangan melalui ketentuan umum perpajakan agar setiap kas kecil dan rekonsiliasi bank dijalankan.

Bagaimana penyajian kas dan setara kas di laporan keuangan harus dilaksanakan agar setiap kegiatan pencatatan bisnis dapat terjadi. Mengapa perusahaan perlu melakukan pengendalian internal untuk kas dan setara kas agar tidak disalahgunakan untuk pembayaran tagihan seperti invoice ganda dan transaksi fiktif lainnya.

Baca Juga: Cara Membeli Lisensi Accurate Desktop 5

Contoh Soal Pilihan Ganda Kas dan Setara Kas

Contoh soal pilihan ganda kas dan setara kas merupakan asumsi bagi perusahaan untuk menyelenggarakan kegiatan bisnis. Mengapa Kas merupakan aset lancar perusahaan yg sangat menarik untuk diselewengkan sebab tidak ada nama pemilik yang tercantum pada alat pembayaran tersebut.

Contoh soal pilihan ganda dan soal essay kas dan setara kas mewajibkan entitas memperlakukan setiap pertanggungjawaban bisnis. Jika kas yang tersimpan di perusahaan terlalu besar menandakan entitas belum memaksimalkan modal kerja yang dimilikinya untuk membayarkan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang.

Contoh pilihan ganda dan soal essay kas dan setara kas bertujuan agar entitas dapat menerapkan sistem pengendalian internal. Kas diakui pada saat transaksi pembayaran dan penerimaan terjadi. Pemeriksaan kas dapat diselenggarakan secara personal antara akuntan publik dengan kasir yang mengelola dana kas kecil.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Apa yang terjadi Jika Kas Terjadi Kelebihan dan Kekurangan di Perusahaan

Apa yang terjadi jika jumlah kas dalam perusahaan terjadi kelebihan dan kekurangan jumlah kas adalah entitas tidak mampu mengukur modal kerja yang dibutuhkan. Modal kerja adalah seluruh proses pengerjaan produk dan arus kas yang dibutuhkan agar surat pesanan pelanggan mampu dikerjakan.

Mengapa perusahaan harus memiliki kas dalam jumlah cukup untuk membiayai kebutuhan operasionalnya sebab berkaitan dengan penentuan termin pembayaran. Semakin lama piutang perusahaan menandakan pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan dan mengalami kesulitan keuangan.

Mengapa kas perusahaan tidak boleh terlalu tinggi dan terlalu rendah sebab keseluruhan transaksi harus dapat mendukung kinerja perusahaan. Penurunan nilai kas dapat terjadi jika terdapat bukti objektif yang ditemukan oleh akuntan publik. Penyebab terjadinya penurunan nilai kas kecil adalah

  1. Kesulitan pembayaran tagihan
  2. Pelanggan mengalami kebangkutan
  3. Perubahan struktur organisasi pelanggan
  4. Hilangnya aset perusahaan karena bencana alam
  5. Pelanggan kontrak kerjasama

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Kotor Direaliasi dan Jawabannya

Demikian contoh soal pertanyaan pilihan ganda kas dan setara kas dalam sistem pengendalian internal perusahaan. Selisih kurs mata uang asing yang dimiliki entitas dapat dipertanggungjawabkan dengan adanya kurs menteri keuangan. Pertimbangan pemakaian informasi keuangan diakibatkan adanya perintah dari pemegang saham.

0 Response to "Contoh Soal Pertanyaan Pilihan Ganda Kas dan Setara Kas"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel