Contoh Soal Akuntansi Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya merupakan aktivitas yang dilakukan pengamanat dan komisioner dalam rangka mendapatkan penghasilan. Seluruh kekayaan perusahaan digunakan dalam rangka mengaplikasikan setiap perkembangan produk sesuai arahan dari pemegang saham.

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi pengamanat dan komisioner diperlukan sebagai informasi atas kekayaan seluruh perusahaan dalam rangka menjaga agar setiap perkembangan produk dapat disesuaikan. Tujuan penjualan kredit atau angsuran adalah meningkatkan konsumsi pelanggan atas barang yang diperdagangkan.

Jurnal penjualan konsinyasi dan penjualan angsuran menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Perkembangan bisnis mengakibatkan perusahaan harus berinovasi agar pelanggan dapat membeli barang sehingga keberlangsungan perusahaan dapat dilaksanakan. Kewajiban perpajakan harus disesuaikan dengan omzet perusahaan.

Contoh Soal Akuntansi Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya

Apa itu Akuntansi Penjualan Konsinyasi

Apa itu akuntansi penjualan konsinyasi? sistem konsinyasi diperkenalkan perusahaan untuk menarik minat pelanggan dalam rangka mengadakan perjanjian kerjasama bisnis. Keseluruhan informasi keuangan hendaknya didasarkan pada pencapaian informasi atas kekayaan perusahaan sesuai arah perkembangannya.

Contoh soal akuntansi penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan jawabannya menjadikan entitas bertanggungjawab atas kekayaan yang dimilikinya. Cara menghitung pph badan diatas 4,8 miliar sampai 50 miliar bertujuan untuk mengurangi pembayaran pajak penghasilan sebab adanya fasilitas pengurangan pajak tersebut.

Pengertian penjualan konsinyasi menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mengakusisi informasi perpajakan guna mengaplikasikan kekayaan yang dimilikinya. Contoh perhitungan tarif pph pasal 31e ayat 1 bertujuan menentukan tingkatan kerjasama bisnis sesuai jumlah omzet yang didapatkan selama tahun berjalan.

Baca Juga: Contoh Penerapan Just in Time di Perusahaan

Kelebihan dan Kekurangan Penjualan Konsinyasi

Kelebihan dan kekurangan penjualan konsinyasi bagi pengamanat dan komisioner bertujuan agar seluruh kekayaan perusahaan dapat dialokasikan kepentingan pemegang saham. Bertambahnya omzet perusahaan menandakan perusahaan semakin berkembang sehingga kas dan setara kas yang dihasilkan digunakan secara wajar.

Kelebihan penjualan konsinyasi bagi pengamanat adalah perusahaan dapat menetapkan kebijakan taktis guna mengurangi biaya penyimpanan barang di gudang. Pengamanat adalah pihak yang memiliki barang berupa hak milik dan hak manfaat sampai komisioner berhasil memperdagangkan barangnya.

Kekurangan penjualan konsinyasi bagi komisoner adalah komisioner ditargetkan mampu menghasilkan penjualan produk dan jasa sesuai perjanjian. Komisioner adalah pihak penerima komisi saat terjadi penyerahan barang dan jasa kena pajak sesuai tingkatan bisnis yang telah dijanjikannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Kotor Direaliasi dan Belum Direalisasi

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Bagi Pengamanat dengan Metode Laba Terpisah

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi pengamanat dengan metode laba terpisah harus dapat menetapkan nilai penjualan reguler. Bagi perusahaan manufaktur terdapat beberapa jenis persediaan diantaranya barang dalam pengiriman, barang konsinyasi, barang setengah jadi, bahan baku dan persediaan barang jadi.

Alasan perusahaan menerapkan sistem konsinyasi dalam jual beli barang dagang adalah meningkatkan kemungkinan order dari pelanggan. Pelanggan yang diberikan kemudahan dalam mendatangkan barang yang diinginkannya akan mempergunakan layanan perusahaan seperti kebijakan penjualan tunai ataupun kredit.

Contoh soal akuntansi penjualan konsinyasi metode laba terpisah terjadi ketika PT Rafinternet bekerjasama dalam rangka memperdagangkan barang dengan harga jual Rp 85.200.000. PT Rafinternet menetapkan harga pokok penjualan Rp 45.000.000 dan memberikan kas sebagai upaya promosi senilai Rp 3.000.000. Buatlah jurnal penjualan konsinyasi bagi pengamanat apabila komisi yang diberikan sebesar 20%

Tanggal Keterangan Debit Kredit
20/01/2023Konsinyasi Keluar - Persediaan Rp 93.000.000
Persediaan Barang Jadi Rp 93.000.000
31/03/2023Kas Rp 119.550.000
Konsinyasi Keluar - Biaya promosi Rp 450.000
Konsinyasi Keluar - Penjualan Rp 120.000.000
31/03/2023Konsinyasi keluar - Penjualan Rp 120.000.000
Konsinyasi Keluar - Persediaan Rp 93.000.000
Konsinyasi Keluar - Biaya Promosi Rp 450.000
Laba Penjualan Konsinyasi Rp 26.550.000

Baca Juga: Contoh Tes Masuk Kerja Staff Accounting di Perusahaan Manufaktur

Demikian contoh soal akuntansi penjualan konsinyasi metode laba terpisah bagi pengamanat dan komisioner. Keseluruhan informasi keuangan diharapkan mampu memberikan kemampuan bagi entitas untuk mengaplikasikan setiap pertumbuhan perusahaan guna mendapatkan termin pembayaran secara maksimal.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel