Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Contoh soal essay dan pilihan ganda rekonsiliasi bank dan jurnal pencatatannya merupakan mekanisme perhitungan laba rugi yang didapatkan perusahaan dari transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Bank dan kas kecil adalah metode pembayaran paling efisien terhadap liabilitas atau tagihan tunai dari supplier.

Contoh soal rekonsiliasi bank perusahaan rahayu dan pt maju terus akan membantu kalian dalam memahami prosedur pencatatan rekening koran. Ketidakcocokan antara saldo kas di bank dan di buku perusahaan berakibat pada penurunan kepercayaan investor dan debitur saat memberikan investasi jangka pendek.

Mengapa pada saat menyusun laporan rekonsiliasi bank harus dibuat jurnal penyesuaian sebab entitas harus menyesuaikan kinerja keuangannya. Hal yang harus dihindari dalam proses rekonsiliasi bank adalah membiarkan setiap pengeluaran dan pendapatan tidak dicatat sebagaimana mestinya sesuai prinsip dasar akuntansi.

Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Pencatatannya

Penyebab Ketidakcocokan Saldo Kas Perusahaan dengan Saldo Rekening Koran Bank

Penyebab ketidakcocokan saldo kas perusahaan dengan saldo rekening koran bank terjadi tatkala perusahaan mengaplikasikan sebagian besar kekayaannya. Keseluruhan prosedur penerimaan dan pengeluaran kas harus disesuaikan sistem pengendalian internal untuk mengurangi resiko bisnis yang terjadi.

Contoh soal essay dan pilihan ganda rekonsiliasi bank dan jurnal pencatatannya layak menjadi pilihan bagi industri perkembangan bisnis. Mahasiswa dan dosen diharapkan memberikan kepastian tentang jumlah pembayaran yang harus disesuaikan pemungutan pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilannya.

Penyebab ketidakcocokan saldo kas perusahaan dengan saldo rekening koran bank terletak pada kemampuan entitas dalam rangka mengaplikasikan setiap perkembangan bisnis. Keseluruhan sistem pengendalian internal kas dan setara kas diciptakan untuk mengurangi kecurangan yang dilakukan karyawannya.

Baca Juga: Transaksi yang Memerlukan Rekonsiliasi Bank

Contoh Soal Essay Rekonsiliasi Bank PT Maju Terus dan Jawabannya

Contoh soal essay rekonsiliasi bank pt maju terus dan perusahaan rahayu adalah bentuk informasi keuangan yang diciptakan perusahaan. Laporan rekonsiliasi bank dibuat pada awal periode akuntansi setelah entitas mendapatkan rekening koran. Biaya penerbitan rekening koran disesuaikan mutasi arus kas perusahaan.

Contoh soal pilihan ganda rekonsiliasi bank bertujuan agar dapat mengetahui penyebab bertambah dan berkurangnya saldo di rekening koran. Rekening koran adalah statement yang dibuat oleh sistem perbankan dalam rangka memudahkan perusahaan mengakses informasi keuangan terutama kas dan setara kas.

Contoh soal dan jawaban rekonsiliasi bank dan jurnal penyesuaiannya dapat dibuat saat entitas menyelenggarakan kegiatan pencatatan. Keseluruhan prosedur pencatatan bisnis dapat mengurangi adanya resiko bawaan dan resiko pengendalian internal yang terjadi sesuai target yang ditetapkan manajemen keuangan.

Baca Juga: Cara Input Penerimaan Kas dan Pengeluaran Kas di Accurate

Contoh Soal dan Jawaban Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Penyesuaiannya

Contoh soal dan jawaban rekonsiliasi bank dan jurnal penyesuaiannya dapat diselenggarakan tatkala entitas mendapatkan informasi dari lembaga keuangan. Internet banking memudahkan perusahaan melihat mutasi kas yang dimilikinya berdasarkan rekening. Otorisasi pembayaran akan memudahkan proses pelaksanaan sistem pengendalian internal.

Rekonsiliasi bank memudahkan pemegang saham melihat biaya administrasi bank dan pendapatan jasa giro yang didapatkan. Akun setara kas ditujukan bagi entitas yang ingin memanfaatkan kelebihan kas yang dimilikinya. Modal kerja yang tinggi akan memudahkan menaikkan kepercayaan dari supplier perusahaan.

Apa saja yang menyebabkan terjadi perbedaan antara saldo akun kas diperusahaan dengan saldo laporan bank adalah perbedaan waktu pencatatan transaksi dan kesalahan pencatatan yang dilakukan. Pada awal tahun 2023, saldo kas menurut pembukuan sebesar Rp 46.450.000 dan saldo bank Rp 37.521.000. Adapun transaksi yang terjadi selama satu periode adalah

  1. Perusahaan mendapatkan jasa giro sebesar Rp 460.000
  2. Perusahaan membayarkan biaya administrasi bank senilai Rp 521.000
  3. Supplier memberikan cek kosong senilai Rp 597.000
  4. Bank belum mencatat setoran perusahaan sebesar Rp 9.000.000
  5. Bank melakukan kesalahan pencatatan saldo sebesar Rp 1.680.000
  6. Customer belum mencairkan dana di bank sebesar Rp 951.000

Cara Membuat Laporan Rekonsiliasi Bank

PT Maju Terus
Laporan Rekonsiliasi bank
Per BukuPer Bank
Saldo Awal Rp46.450.000 Saldo Awal Rp37.521.000
+ Pendapatan Bunga Rp460.000 + Deposit In Transit Rp9.000.000
- Biaya Administrasi-Rp 521.000 + Koreksi Kesalahan Bank-Rp1.680.000
- Cek Kosong-Rp 597.000 - Cek Masih Beredar-Rp 951.000
Saldo Akhir Rp45.792.000 Rp45.792.000

Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank yang Harus Dibuat

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/2/22 Kas Rp460.000
Pendapatan Bunga Rp460.000
31/2/22 Biaya Administrasi Rp521.000
Hutang Dagang Rp597.000
Kas Rp1.118.000

Baca Juga: Perbedaan Kas Kecil dan Rekening Koran

Demikian contoh soal essay dan pilihan ganda rekonsiliasi bank dan jurnal pencatatannya dalam prosedur internal control. Akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah akan membahas informasi kas dan setara kas yang dibutuhkan oleh perusahaan saat menyelenggarakan transaksi keuangannya.

0 Response to "Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Rekonsiliasi Bank dan Jurnal Pencatatannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel