Contoh Soal dan Jurnal Akuntansi Kantor Agen dan Pusat

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal akuntansi kantor agen dan pusat ditujukan bagi perusahaan yang ingin memperluas pangsa pasarnya. Kantor agen diciptakan agar pembeli dapat mudah mendapatkan sampel barang sebelum membelinya dalam jumlah besar. Pengiriman barang tetap dilaksanakan oleh kantor pusat untuk orderan pelanggan.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan agen menjadi bentuk transaksi penggabungan usaha. Bagaimana sistem akuntansi bagi kantor cabang? kantor cabang memiliki perbedaan dengan kantor agen. Kantor cabang dianggap sebagai unit usaha yang mampu menghasilkan laba sendiri berdasarkan kegiatan operasionalnya.

Jurnal akuntansi kantor agen dan pusat diberlakukan sesuai aturan kebijakan akuntansi. Informasi keuangan harus dicantumkan agar entitas memperoleh kepastian tentang pembayaran tagihan, pembuatan faktur pajak dan invoice yang didasarkan pada surat jalan pesanan pelanggan yang didapatkan oleh agen.

Contoh Soal dan Jurnal Akuntansi Kantor Agen dan Pusat

Pengertian dan Karakteristik Kantor Agen

Pengertian kantor agen menurut para ahli adalah kantor yang berfungsi tempat marketing melakukan promosi produknya. Persediaan barang yang dikirimkan kantor pusat diakui sebagai persediaan barang sampel. Dana kas yang dijadikan modal akan dikelola menggunakan sistem kas kecil metode imprest.

Karakteristik kantor agen adalah kantor yang tidak memperkenankan entitas melakukan penjualan langsung ke pelanggan. Setiap pesanan dari agen akan dikirimkan langsung dari gudang pusat. Kantor agen bertugas mencari pelanggan sebanyak-banyaknya untuk membantu mencapai laba yang diinginkan manajemen.

Pengertian dan karakteristik kantor agen hendaknya dijadikan catatan atas laporan keuangan perusahaan. Informasi pembayaran tagihan dan total tagihan yang harus dibayar menunjukkan adanya kesepakatan dengan lawan transaksi. Contoh soal dan jurnal kantor agen dan pusat menunjukkan adanya hubungan istimewa.

Baca Juga: Cara Input Saldo Awal Aktiva Tetap di Accurate dan Myob

Contoh Soal Akuntansi Kantor Agen dan Pusat

Contoh soal akuntansi kantor agen dan pusat menandakan adanya pertumbuhan manfaat ekonomis dari wajib pajak. Pendapatan hanya diakui ketika entitas mendapatkan kepastian tentang harga jual barang barang yang diserahkan. Biaya dapat diakui walaupun pembebanan biaya belum terjadi selama proses produksi.

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan kantor agen menunjukkan adanya aliran kas yang keluar sebagai modal agen. Aktiva tetap dan aktiva lancar dapat diberikan sebagai modal awal ketika kantor agen didirikan. Kantor agen berfungi membantu mendapatkan pesanan di daerah yang potensial.

Contoh soal akuntansi kantor agen dan kantor pusat harus dikerjakan untuk memaksimalkan informasi keuangannya. PT Rafinternet telah mendirikan agen dikota bandung. Pembukaan agen memerlukan beberapa transaksi yang langsung dikirimkan oleh kantor pusat sebagai berikut:

  • Pengiriman barang sampel sebanyak Rp 942.000
  • Pemberian modal kerja sebesar Rp 5.300.000
  • Agen memberikan penjualan barang sebanyak Rp 95.200.000 dengan harga perolehan Rp 54.000.000
  • Biaya pemeliharaan barang sebesar Rp 1.300.000
  • Biaya gaji karyawan sebesar Rp 4.500.000

Baca Juga: Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang

Jurnal Akuntansi Kantor Agen dan Kantor Pusat

Jurnal akuntansi kantor agen dan kantor pusat dapat dikerjakan oleh wajib pajak untuk memaksimalkan keuntungan yang dimilikinya. Seluruh informasi keuangan harus didistribusikan secara jelas untuk mendukung pengiriman pesanan kepada pelanggan dan menunjukkan kinerja keuangan bagi kantor agen.

Contoh soal akuntansi kantor agen dan kantor pusat dapat dibuatkan jurnal berdasarkan beberapa transkasi yang terjadi. Setiap penambahan dan penggunaan aliran kas akan mempengaruhi kebijakan keuangan. Kekayaan perusahaan harus dilindungi dengan penerapan sistem pengendalian internal yang tepat.

Jurnal akuntansi kantor agen dapat menggunakan sistem imprest ketika mengelola kas dan sistem perpetual ketika mengelola persediaan barang sampel. Kantor agen harus melaporkan setiap periodenya kartu stock dan laporan mutasi arus kas sebagai indikasi internal controlnya. Adapun jurnal pencatatan yang harus dibuat kantor pusat adalah

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Umum dan Jurnal Penyesuaian

Demikian contoh soal dan jurnal akuntansi kantor agen dan pusat dalam akuntansi keuangan lanjutan. Masalah umum dan masalah khusus yang terjadi pada kantor cabang memberikan informasi tambahan berupa kekayaan yang didistribusikan selama menjalankan aktivitas bisnis sejak perusahaan didirikan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jurnal Akuntansi Kantor Agen dan Pusat"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel