Contoh Jurnal Khusus Penerimaan Kas dari Penjualan Barang Kredit dan Tunai

Konten [Tampil]

Contoh jurnal khusus penerimaan kas dari penjualan barang kredit dan tunai menjadi salah satu jurnal umum perusahaan dagang. Siklus akuntansi perusahaan dagang terdapat sistem penjualan, pembelian dan pengiriman barang dagang sebagai dasar pembuatan laporan keuangan sejalan dengan aktivitas bisnis perusahaan.

Jurnal penerimaan kas merupakan metode pencatatan informasi aliran kas masuk dari pelanggan atas tagihan yang dikeluarkan. Jurnal penjualan adalah pencatatan informasi tagihan yang diberikan kepada pelanggan atas penyerahan sejumlah jasa dan barang sesuai spesifikasi permintaan pelanggan tersebut.

Contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dapat berbentuk analisis informasi keuangan. Penjualan menjadi aktivitas dasar bagi perusahaan agar mendapatkan omzet. Bagaimana cara menyusun sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas dari hasil jualbeli barang dengan pelanggan ya?

Contoh Jurnal Khusus Penerimaan Kas dari Penjualan Barang Kredit dan Tunai

Contoh Transaksi Perusahaan Dagang Beserta Jurnal Umumnya

Contoh transaksi perusahaan dagang beserta jurnal umumnya perlu dibentuk agar entitas mengetahui riwayat kinerja keuangan selama satu periode. Standar akuntansi keuangan mewajibkan entitas melaporkan harta kekayaan yang disetorkan ke kas negara dan ke rekening pribadi pemegang sahamnya.

Contoh transaksi perusahaan dagang dapat dibuat jurnal umum dan jurnal khusus bergantung kepentingan dari perusahaan. Entitas perlu menerapkan satu kesatuan usaha artinya harta pribadi pemilik tidak boleh diikut campurkan dengan pembayaran dan penerimaan kas dari perusahaan atas kegiatan operasionalnya.

Contoh jurnal umum perusahaan dagang harus dibentuk sesuai standar akuntansi keuangan. Sifat-sifat dasar akun laporan keuangan harus dimengerti agar menghindari kesalahan pembuatan jurnal, posting ke buku besar dan pembuatan neraca saldo. Kredit dan debit dipelajari melalui persamaan dasar akuntansi keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak dan Jawabannya

Contoh Jurnal Penjualan Barang Secara Kredit dan Tunai

Contoh jurnal penjualan barang secara kredit dan tunai perlu dibuat karena perusahaan telah menyerahkan sejumlah jasa dan barang kepada pelanggan. Pelanggan adalah pihak yang meninginkan jasa perusahaan atau memesan barang sesuai spesifikasi yang diinginkan dan menjadi subjek pajak penghasilan.

Contoh jurnal penjualan barang secara kredit dan tunai harus disesuaikan standar akuntansi keuangan. Penerimaan kas dari penjualan hendaknya diterapkan sistem pengendalian internal agar kekayaan yang seharusnya milik perusahaan tidak beralih ke pihak lain tanpa adanya otorisasi dari pejabat yang berwenang.

Contoh jurnal khusus penerimaan kas dari penjualan barang secara tunai dan kredit terjadi ketika PT Rafinternet memenuhi kontrak kerjasama pengadaan produk sebanyak 542 buah dengan harga Rp 242.000. HPP per produk adalah Rp 122.000 dengan FOB shopping point. Bagaimana jurnal penjualan yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Piutang Rp 145.592.040
HPP Rp 66.124.000
Penjualan Rp 131.164.000
PPN Keluaran Rp 14.428.040
Persediaan Rp 66.124.000
(Jurnal penjualan secara kredit)

Baca Juga: Apa itu Revaluasi Aktiva Tetap dan Bagaimana Perhitungannya

Format dan Contoh Jurnal Penerimaan Kas

Contoh jurnal khusus penerimaan kas dari penjualan barang secara kredit dan tunai akan mempengaruhi nilai omzet perusahaan ditahun berjalan. Perbandingan antara pendapatan dan biaya perlu dilakukan sebagai dasar pengukuran kinerja keuangan selama satu periode sesuai prinsip akuntansi yang berterima umum.

Format jurnal penerimaan kas berisikan informasi tentang nama akun, kas dan bank, piutang dagang dan nilai nominal tagihan. Bukti transaksi pembayaran tagihan berasal dari rekening koran yang diterbitkan oleh pejabat perbankan atau lembaga keuangan sesuai rekening giro yang dimiliki perusahaan.

Format dan contoh jurnal penerimaan kas dari penjualan barang perlu diterapkannya sistem pengendalian internal. Unsur-unsur laporan keuangan harus mempertimbangkan standar akuntansi agar prosedur pemeriksaan laporan dapat disesuaikan standar auditing. Adapn jurnal penerimaan kas yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
06/09/2022Kas Rp 145.592.040
Piutang Rp 145.592.040
(Jurnal penerimaan pelunasan piutang)

Baca Juga: Contoh Kasus Operating Lease dan Finance Lease

Demikian contoh jurnal khusus penerimaan kas dari penjualan barang secara kredit dan tunai pada perusahaan dagang. Setelah posting ke buku besar, perusahaan dapat menampilkan saldo akhir masing-masing akun sebagai dasar pengukuran kinerja keuangan sesuai informasi yang diinginkan manajerial.

0 Response to "Contoh Jurnal Khusus Penerimaan Kas dari Penjualan Barang Kredit dan Tunai"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel