Contoh Perhitungan dan Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan dan jurnal revaluasi aktiva tetap berperan sebagai pertimbangan perusahaan menilai ulang harga perolehan aset tetap. Pengertian revaluasi aset tetap adalah prosedur menyamakan nilai buku dengan nilai wajar sesuai karakteristik dari appraisal ketika mengelola data perusahaan.

Keuntungan dan kerugian revaluasi aset tetap adalah entitas harus membayarkan pajak penghasilan final yang disetorkan sendiri. Seluruh kekayaan yang dimiliki perusahaan pada dasarnya merupakan objek penghasilan sehingga harus dipertanggungjawabkan dalam surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap metode eliminasi dan metode proporsional dapat disesuaikan penerapan kebijakan akuntansi. Pada dasarnya, revaluasi aset tetap dapat dilakukan setiap tahun agar aset perusahaan menunjukkan nilai wajar yang sesungguhnya terjadi di pasar tetapi harus membayarkan pajak penghasilannya.

Contoh Perhitungan dan Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap

Pengertian, Tujuan dan Keuntungan Revaluasi Aktiva Tetap

Pengertian revaluasi aktiva tetap adalah tindakan perusahaan menyamakan nilai tercatat aktiva sesuai dengan nilai wajar sesuai penilaian dari appraisal. Sebutkan aset tetap apa saja yang nantinya bisa direvaluasi adalah seluruh aset yang memiliki nilai wajar diatas nilai buku yang tercatat di pembukuan.

Tujuan revaluasi aset tetap adalah perusahaan ingin meningkatkan kekayaan perusahaan seperti tanah dan bangunan. Tanah adalah salah satu aktiva tetap yang tidak mengalami penyusutan bahkan harga jualnya cenderung naik dimasa depan. Oleh sebab itu, tanah menjadi salah satu objek revaluasi yang sering dilaksanakan.

Keuntungan revaluasi aktiva tetap adalah meningkatkan omzet perusahaan ditahun berjalan. Pendapatan adalah seluruh penjualan dan omzet yang diterima dari aktivitas bisnis normal. Pengertian revaluasi aset tetap harus tetap mempertimbangkan catatan atas laporan keuangan yang diterbitkan untuk tujuan audit internal.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo

Contoh Soal Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap Pajak dan Pembahasannya

Contoh soal jurnal revaluasi aktiva tetap dan pembahasannya menjadi aktivitas yang jarang terjadi di perusahaan. Pada dasarnya, perusahaan diperkenankan untuk melakukan penilaian kembali aset setiap tahunnya untuk menerapkan standar akuntansi keuangan perihal nilai wajar dan nilai buku yang tercatat.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap metode proporsional dan metode eliminasi menjadi langkah yang dapat ditempuh untuk meminimalisir kesalahan pencatatan. Informasi keuangan harus dipublikasikan terutama ketika entitas ingin mendapatkan tambahan modal dari investor asing atau selain pemegang saham diakta pendirian.

Contoh soal jurnal revaluasi aset tetap terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki kendaraan dengan harga perolehan Rp 94.500.000 dan akumulasi penyusutan sebesar Rp 11.000.000. Appraisal menilai harga wajar kendaraan dimasa sekarang adalah Rp 85.000.000. Bagaimana jurnal revaluasi yang harus dibuat?

Baca Juga: Pengertian dan Klasifikasi Aktiva Tetap

Contoh Jurnal Revaluasi Aset Tetap Metode Proporsional

Contoh jurnal revaluasi aset tetap metode proporsional menjadi petunjuk bagi entitas melaporkan kekayaannya. Laporan posisi keuangan akan menunjukkan informasi pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo sesuai masa pembayaran tagihan dan pelunasan piutang yang jatuh tempo dari pelanggan.

Contoh jurnal penilaian kembali aktiva tetap harus menunjukkan nilai sebenarnya dari kekayaan perusahaan. Aktiva adalah seluruh kekayaan perusahaan yang didistribusikan untuk tujuan penggunan pribadi tanpa terjadi aktivitas penjualan, pertukaran dan penghentian pemakaian kekayaan tersebut.

Jurnal penilaian kembali aset tetap dibuat setelah entitas mendapatkan kepastian nilai wajar dari appraisal. Contoh soal perhitungan revaluasi aktiva tetap menjadi pilihan bagi entitas yang ingin mendapatkan pendapatan lain-lain selain dari aktivitas bisnis utama. Adapun jurnal penyesuaian yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022Aktiva Tetap Rp 85.000.000
Akumulasi Penyusutan Aktiva Tetap Rp 83.500.000
Suplus revaluasi Rp 1.500.000
Beban PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 150.000
Hutang PPh Pasal 4 Ayat 2 Rp 150.000

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Persediaan Bahan Baku dan Jawabannya

Demikian contoh jurnal revaluasi aset tetap metode proporsional dan metode eliminasi dalam prosedur pemakaian informasi keuangan untuk pihak eksternal. Nilai wajar dan nilai buku menjadi dasar ketika entitas akan melakukan peninjauan ulang atas kekayaan yang dimilikinya.

0 Response to "Contoh Perhitungan dan Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel