Contoh Soal Jurnal Pencatatan Pembelian Barang Secara Kredit dan Tunai

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal pencatatan pembelian barang secara kredit dan tunai terjadi pada perusahaan dagang dan jasa dalam siklus akuntansi. Siklus akuntansi adalah prosedur pembuatan laporan keuangan yang diawali dengan didapatkannya bukti transaksi yang valid dari pelanggan atau pemasok sesuai kriteria perusahaan.

Jurnal pengeluaran kas dan jurnal penerimaan kas menjadi metode pembayaran yang dilaksanakan oleh lawan transaksi. Jurnal penerimaan kas adalah jurnal mencatat pelunasan piutang dari pelanggan atas termin pembayaran yang telah diberikannya. Jurnal pengeluaran kas berfungsi mencatat pembayaran tagihan jatuh tempo.

Contoh jurnal pembelian barang secara tunai dan kredit hendaknya didasari pada informasi keuangan yang diberikan perusahaan. Laporan keuangan merupakan bahasa bisnis dikarenakan seluruh informasi keuangan perusahaan dapat dicerminkan dan dilihat sesuai prosedur pencatatan yang ada di perusahaan tersebut.

Contoh Soal Jurnal Pencatatan Pembelian Barang Secara Kredit dan Tunai

Sebutkan Jenis Jurnal Khusus

Sebutkan jenis-jenis jurnal khusus terdiri dari jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal pembelian, jurnal penjualan dan jurnal umum. Segala aktivitas perusahaan yang memerlukan kas dan setara kas harus dicatat karena kondisi keuangan telah berubah dari sebelumnya dikarenakan adanya kinerja keuangan.

Sebutkan jenis-jenis jurnal khusus berdampak pada laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan. Perusahaan dagang adalah perusahaan yang mengelola operasional dengan memperdagangkan aset tanpa mengubah atau menambah nilai ekonomisnya setelah terjadi penyerahan barang dan jasa kepada perusahaan.

Pengertian jurnal khusus adalah jurnal yang diperuntukkan agar transaksi berulang dapat diklasifikasikan dengan jelas. Jurnal khusus hanya berlaku pada perusahaan dagang karena adanya buku besar pembantu piutang, hutang bahkan persediaan yang harus dilaporkannya diakhir periode akuntansi.

Baca Juga: Contoh Kasus Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh Soal Jurnal Pencatatan Pembelian Barang Secara Kredit

Contoh soal jurnal pencatatan pembelian barang secara kredit pada perusahaan dagang terjadi ketika perusahaan telah sepakat untuk menjalankan kontrak kerjasama pengadaan barang. Transaksi adalah setiap aktivitas perusahaan yang memerlukan kas dan setara kas agar dapat terlaksananya kegiatan operasionalnya.

Contoh soal jurnal pencatatan pembelian barang secara kredit perlu diselenggarakan mengingat entitas telah mengeluarkan sejumlah manfaat ekonomis. Aktivitas bisnis hendaknya dilaporkan sesuai kejadian yang sebenarnya terjadi agar entitas membayarkan pajak sesuai jumlah terutangnya pada akhir periode.

Contoh jurnal pembelian barang secara kredit terjadi ketika PT Rafinternet memberikan termin pembayaran 2/10 n/30. PT Rafinternet membeli barang sebanyak 24 buah dengan harga Rp 201.000. Bagaimana jurnal akuntansi yang harus dibuat berdasarkan transaksi pembelian tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/03/2022Persediaan Rp 4.824.000
PPN Masukan Rp 530.640
Hutang Dagang Rp 5.354.640
(Jurnal pembelian barang secara kredit)
31/03/2022Hutang Dagang Rp 5.354.640
Kas di Bank Rp 5.354.640
(Jurnal pembayaran barang)

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh Soal Jurnal Pembelian Barang Secara Tunai dan Cara Membuatnya

Contoh soal jurnal pembelian barang secara tunai dan cara membuatnya harus disesuaikan kemampuan pembayaran diakhir periode. Entitas diperkenankan mengajukan pembayaran setelah barang diterima dalam kondisi yang baik sesuai kontrak kerjasama yang diberikannya dimasa mendatang.

Contoh jurnal pembelian barang secara tunai dan cara membuat harus diungkapkan pada catatan atas laporan keuangan. Laporan keuangan hasil audit menjadi bukti yang kuat ketika entitas melaporkan kekayaannya untuk pembayaran pajak penghasilan badan setiap akhir tahun atas pendapatan yang diperolehnya.

Transaksi apa yang dicatat pada jurnal pembelian adalah metode pembayaran dan pembelian barang sesuai keinginan dari pelangganya. Jurnal pengeluaran kas yang harus dibuat oleh perusahaan apabila entitas membayarkan secara tunai akan meningkatkan kemampuan pembayaran dimata pemasok atau suppliernya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/03/2022Persediaan Rp 4.824.000
PPN Masukan Rp 530.640
Kas Rp 5.354.640
(Jurnal pembelian barang secara tunai)

Baca Juga: Contoh Soal Persediaan Barang Metode Fifo Perpetual dan Jawabannya

Demikian contoh soal jurnal pencatatan pembelian barang secara kredit dan tunai dalam siklus akuntansi perusahaan dagang. Kesalahan dalam pembuatan jurnal umum berakibat pada kesalahan informasi kinerja keuangan yang didapatkan sesuai periode pembayaran tagihan yang telah jatuh tempo.

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Pencatatan Pembelian Barang Secara Kredit dan Tunai"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel