Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak dapat diselenggarakan dengan mengeluarkan informasi ketersediaan barang dagang. Kelebihan penjualan kredit adalah pembeli tidak perlu membayarkan barang dagang secara tunai sehingga dapat menghemat arus kas keluar dan masuknya.

Masalah penjualan angsuran barang dagang terjadi ketika lawan transaksi tidak mampu membayarkan bunga dan pokok hutang selama waktu cicilan berlangsung. Perusahaan dapat membentuk cadangan kerugian piutang untuk mengatasi kemungkinan tidak mampu dibayarkannya tagihan selama operasional berlangsung.

Tukar tambah penjualan angsuran menjadi masalah penjualan cicilan dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Akuntansi keuangan lanjutan membatas tentang berbagai pencatatan akuntansi di berbagai jenis perusahaan perseorangan, badan usaha dan perseroan terbatas ketika menjalankan aktivitas bisnisnya.

Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Masalah Tukar Tambah dalam Penjualan Angsuran

Masalah tukar tambah dalam penjualan angsuran akan terjadi ketika perusahaan memberikan kebebasan bagi pembeli untuk mengurangi harga jual dengan memberikan barang pribadinya. Barang bekas yang dipakai harus dicatat sesuai estimasi nilai perolehan harga pokok berdasarkan perjanjian dengan pembeli.

Pengertian tukar tambah dalam penjualan angsuran menurut para ahli adalah akad jualbeli dimana pembeli memberikan barang yang sudah pernah dipakainya sebagai uang muka penjualan dan penjual menyerahkan barang yang diinginkan pembeli dengan metode pembayaran secara cicilan untuk beberapa periode mendatang.

Masalah tukar tambah penjualan angsuran dapat terjadi ketika barang yang dipertukarkan tidak sesuai jenisnya. Penjualan aktiva tetap sebelum masa manfaatnya habis akan mengakui adanya laba dan rugi dari selisih harga jual yang terjadi. Pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 harus dipotongkan untuk setiap transaksi revaluasi aktiva tetap.

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Penjualan Angsuran Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh soal penjualan angsuran akuntansi keuangan lanjutan akan terjadi ketika wajib pajak memberikan kepastian tentang jumlah tagihan yang akan didapatkannya. Penjualan angsuran akan terjadi selayaknya penjualan tunai tetapi aliras kas pembayaran tagihan akan diterima di periode selanjutnya.

Contoh soal penjualan angsuran dalam materi akuntansi keuangan lanjutan dilaksanakan setiap kali pembeli memberikan barang yang sudah pernah dipakai. Metode pengakuan laba yang dipergunakan dalam tukar tambah angsuran adalah metode laba diakui secara proprosional sesuai jumlah penerimaan kas.

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang bergerak dan tidak bergerak wajib diselenggarakan agar entitas memperoleh kepastian tentang jumlah aliran kas masa depan yang akan diterima. Adapun informasi tukar tambah penjualan angsuran kendaraan yang disetujui dengan penjual dan pembeli adalah

Nilai Kendaraan Bekas yang Disetujui Rp 458.713.000
Harga mobil baru Rp 665.842.000
Harga pokok mobil baru Rp 454.400.000
perkiraan perbaikan Rp 2.035.000
Harga jual setelah perbaikan Rp 368.950.220
Laba kotor rata-rata20%

Baca Juga: Contoh Soal Audit Persediaan Barang Dagang dan Jawabannya

Cara Menghitung Cadangan Selisih Harga Pertukaran Barang

Cara menghitung cadangan selisih harga pertukaran barang merupakan aktivitas dimana perusahaan melakukan pencadangan atas kemungkinan kerugian yang didapatkannya. Nilai tukar adalah nilai yang disepakati dengan penjual untuk menerima barang sesuai spesifikasi pelanggan yang diinginkannya.

Contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak dapat terjadi pada perusahaan yang memberikan kebebasan bagi pembeli untuk melakukan kredit. Mengapa perusahaan menyukai penjualan angsuran dikarenakan akan menambah penghasilan lain selain dari penghasilan utama dari penyerahan barang kena pajak.

Cara menghitung cadangan selisih harga pertukaran barang bertujuan agar entitas tidak dirugikan ketika menerima barang bekas pelanggan. Kewajiban perusahaan adalah memberikan barang berkualitas sesuai permintaan pembeli. Adapun cara menghitung cadangan selisih harga pertukaran barang adalah

Nilai Kendaraan Bekas yang Disetujui Rp 458.713.000
Nila Jual setelah perbaikan Rp 368.950.220
Laba kotor rata-rata Rp 73.790.044
perkiraan perbaikan Rp 2.035.000 Rp 444.775.264
Cadangan Selisih Harga Pertukaran Rp 13.937.736

Setelah menentukan nilai cadangan selisih harga pertukaran, maka entitas dapat mencatat jurnal tukar tambah penjualan angsuran sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2022Kendaran Bekas Rp 444.775.264
Cadangan Selisih Harga Pertukaran Rp 13.937.736
Piutang Angsuran Rp 207.129.000
Harga Pokok Penjualan Rp 454.400.000
Penjualan kredit Rp 665.842.000
Persediaan Rp 454.400.000

Baca Juga: Penyebab Ketidakmampuan Pembayaran Tagihan dari Pelanggan

Demikian contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak dan barang bergerak dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan. Penjualan konsinyasi merupakan metode memperluas pangsa pasar dimana komisioner akan menerima pendapatan komisi setiap penjualan terjadi.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel