Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Sederhana di Perusahaan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal persamaan dasar akuntansi sederhana di perusahaan dagang dan jasa perlu dilaksanakan agar entitas dapat mengetahui pengaruh transaksi terhadap laporan posisi keuangan. Rumus dan konsep persamaan dasar akuntansi akan mengikuti siklus akuntansi yang diawali dengan penerimaan bukti transaksi.

Contoh soal analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi hendaknya dilaksanakan untuk mengetahui asersi manajemen yang digunakan. Pengertian asersi manajemen menurut para ahli adalah pendapatan manajemen keuangan tentang klasifikasi akun yang digunakan untuk mencatat bukti transaksi.

Rumus dan tabel persamaan dasar akuntansi diawali dengan aktiva. Aktiva adalah sumber kekayaan perusahaan ketika menjalankan aktivitas bisnis. Aset berasal dari pinjaman pihak ketiga atau ekuitas yang telah disetorkan lawan transaksi sesuai akta pendirian perusahaan yaitu modal ditanam dan modal disetorkan.

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Sederhana di Perusahaan Dagang

Rumus dan Fungsi Utama Persamaan Dasar Akuntansi

Fungsi utama persamaan dasar akuntansi adalah mengalokasikan kekayaan perusahaan yang diubah menjadi aktiva tetap atau aktiva lancar sejenis. Penyebab ketidakseimbangan neraca saldo adalah kesalahan dalam menjumlahkan saldo, mencatat transaksi keuangan yang terlalu besar atau kecil.

Rumus persamaan dasar akuntansi adalah aktiva harus sama dengan liabilitas dan ekuitas disetorkan. Modal pemilik perusahaan yang disetorkan dapat berupa kas atau aktiva tetap non kas. Neraca saldo adalah daftar yang berisikan saldo akhir buku besar atas seluruh akun riil yang digunakan perusahaan.

Rumus dan fungsi utama persamaan dasar akuntansi hendaknya mempublikasikan informasi yang diperlukan sebagai upaya pencegahan laporan keuangan. Proses pembuatan neraca saldo bertujuan untuk menguji kesamaan debet dan kredit dalam buku besar. Adapun langkah-langkah membuat neraca lajur sebagai berikut:

  1. Masukkan seluruh saldo akhir masing-masing akun buku besar.
  2. Hitunglah saldo akun disisi debet dan kredit
  3. Neraca saldo harus sama antara aktiva dan passiva yang dimiliki.

Baca Juga: Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Sederhana di Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh soal persamaan dasar akuntansi sederhana di perusahaan dagang dan jasa diperlukan karena menguji pengaruh setiap penerimaan kas dan pengeluaran kas yang terjadi. Transaksi adalah segala aktivitas perusahaan yang melibatkan penerimaan kas dan setara kas setiap awal periode akuntansi.

Contoh soal tabel persamaan dasar akuntansi hendakanya dapat menunjukkan posisi keuangan perusahaan. Sistem pembukuan berganda akan mencatat aktivitas perusahaan ke dalam dua akun transaksi. Aktiva harus sama dengan nilai yang tercantum pada liabilitas dan ekuitas perusahaan dagang.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi di perusahaan jasa dan dagang hendaknya menerapkan sistem pembukuan berganda. Bagaimana cara menganalisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi hendaknya diawali dengen penerimaan bukti transaksi dan dapat dilanjutkan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Menentukan komponen laporan keuangan yang terpengaruh
  2. Menentukan nama akun riil dan akun nominal dari unsur-unsur laporan keuangan
  3. Menghitung jumlah debet dan jumlah kredit transaksi

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup dari Neraca Saldo Setelah Penutupan

Persamaan Dasar Akuntansi: Penyetoran Modal Pemilik Perusahaan

Persamaan dasar akuntansi diawali dengan adanya penyetoran modal pemilik perusahaan dagang dan jasa. Sifat-sifat akun nominal tentu melibatkan pertambahan atau pengurangan modal perusahaan. Pendapatan cenderung menambah ekuitas pemilik, beban cenderung mengurangi ekuitas pemilik.

Penyetoran modal pemilik perusahaan terjadi ketika PT Rafinternet diakuisisi dengan menyetorkan kas sebesar Rp 4.500.000 dan mobil seharga Rp 11.000.000. Bagaimana cara analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah yaitu:

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Mobil Modal Adek Raffi
- Setoran Awal Rp 4.500.000 Rp 11.000.000 Rp 15.500.000

Contoh Soal Essay Persamaan Dasar Akuntansi

Contoh soal essay persamaan dasar akuntansi akan dilanjutkan dengan pembelian perlengkapan dan peralatan kantor secara tunai atau kredit. Pemberian kebijakan pembayaran secara tunai dan kredit bergantung hubungan antar pihak yang mengadakan transaksi atas pembayaran yang telah dilakukan dimasa lampau.

Transaksi pembelian perlengkapan dan peralatna kantor secara tunai dan kredit harus diakui sebagai dasar pengenaan pajak. Perusahaan yang berstatus sebagai pengusaha kena pajak berkewajiban melaporkan spt masa dan spt tahunan badan yang memiliki jangka waktu pelaporan yang berbeda-beda.

Contoh pilihan ganda dan soal essay persamaan dasar akuntansi terjadi ketika PT Rafinternet melaporkan terjadinya pembelian peralatan kantor senilai Rp 5.600.000 secara kredit dan perlengkapan kantor senilai Rp 18.500.000 secara tunai. Bagaimana cara menganalisis transaksi keuangan tersebut?

Keterangan Aktiva = Liabilitas Ekuitas
Akun Kas Peralatan Modal Adek Raffi
- Pembelian Tunai Rp (18.500.000) Rp 18.500.000
- Pembelian Kredit Rp 5.600.000 Rp 5.600.000

Persamaan Dasar Akuntansi: Transaksi Penjualan dan Prive

Transaksi penjualan dan prive dalam persamaan dasar akuntansi akan mempengaruhi jumlah modal pemilik. Penjualan akan meningkatkan modal sementara prive cenderung mengurangi modal. Prive adalah bentuk pengambilan pemilik perusahaan atas modal yang disetorkan baik berupa kas atau aktiva lainnya.

Contoh soal analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi hendaknya dapat mempublikasikan laporan keuangan sesuai sifat-sifat akun nominal dan akun riil. PT Rafinternet dalam tahun berjalan mampu menghasilkan pendapatan sebesar Rp 45.000.000 dimana Rp 5.600.000 diakui sebagai prive.

Keterangan Aktiva = Ekuitas
Akun Kas Modal Adek Raffi
- Pendapatan Rp 45.000.000 Rp 45.000.000
- Prive Rp (5.600.000) Rp (5.600.000)

Baca Juga: Contoh Soal Agio dan Disagio Saham Biasa dan Preferen

Demikian contoh soal persamaan dasar akuntansi sederhana di perusahaan dagang dan jasa dalam materi akuntansi keuangan menengah. Pengaruh transaksi terhadap laporan keuangan berdampak pada pajak penghasilan yang harus disetorkan perusahaan selama satu tahun fiskal sesuai peruntukkannya.

0 Response to "Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi Sederhana di Perusahaan Dagang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel