Pertanyaan dan Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas Perusahaan

Konten [Tampil]

Pertanyaan dan contoh kertas kerja pemeriksaan ekuitas perusahaan hendaknya menjadi dasar dalam penilaian sistem pengendalian internal. Bagi perusahaan, ekuitas menjadi kewajiban kepada para pemegang saham untuk memberikan imbal balik atas dana yang telah dipercayakan untuk dikelolanya.

Contoh soal dan cara membuat kertas kerja pemeriksaan memerlukan supporting schedule dan top schedule. Rumus persamaan dasar akuntansi menjadi pedoman dalam pembuatan jurnal umum dan posting ke buku besar. Ekuitas merupakan dana investor yang disetorkan sesuai akta pendirian perusahaan.

Pengertian ekuitas menurut para ahli adalah seluruh kekayaan perusahaan untuk kegiatan operasional yang dibiayai selain dari liabilitas. Laporan perubahan modal termasuk akun nominal karena di periode selanjutnya akuntan perusahaan akan menggunakan akun ikhtisar laba rugi persekutuan.

Pertanyaan dan Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas Perusahaan

Kecurangan Saat Memeriksa Ekuitas Pemegang Saham

Kecurangan saat memeriksa ekuitas pemegang saham yang ditemukan oleh akuntan publik seperti perusahaan tidak mengakui liabilitas tetapi diganti dengan modal. Pembayaran liabilitas dapat mengeluarkan saham biasa sebagai alat pembayaran tetapi akan mengurangkan hak kontrol pemegang saham.

Contoh kecurangan yang ditemukan auditor saat memeriksa ekuitas pemegang saham adalah kesalahan dalam perhitungan penjualan saham treasury. Tujuan pemeriksaan ekuitas atau modal adalah memastikan bahwa perusahaan telah beroperasi sesuai peraturan pemerintah yang berlaku dengan memenuhi perizinannya.

Kecurangan yang ditemukan auditor saat memeriksa modal perusahaan adalah indikasi tidak tercatatnya tambahan modal yang berasal dari selisih kurs mata uang asing. Investor yang berasal dari luar negeri tentu akan membayarkan modal menyesuaikan mata uang yang berlaku disana.

Baca Juga: Kapan Client Representation Letter Diberikan Perusahaan

Pertanyaan Tentang Audit Ekuitas Perusahaan

Pertanyaan tentang audit ekuitas perusahaan diawali dengan compliant test. Contoh compliant test adalah penerapan sistem pengendalian internal dalam rangka memastikan terpenuhinya struktur permodalan, perubahan laba rugi dan penyajian ekuitas pada laporan posisi keuangan dan spt tahunan badan.

Pertanyaan tentang audit pemeriksaan ekuitas perusahaan dapat menjadi pilihan bagi akuntan publik untuk memastikan adanya perubahan modal dasar dan modal disetorkan. Setiap perubahan komposisi permodalan di perseroan terbatas akan mengakibatkan perubahan akta pendirian terutama jumlah modal disetor.

Contoh pertanyaan pemeriksaan ekuitas pemegang saham tentu perlu mengetahui jenis-jenis saham yang diperjualbelikan. Pemilikan lebih dari satu jenis saham oleh induk perusahaan terhadap anak perusahan mengakibatkan adanya perubahan dalam pembagian laba rugi persekutuan atau firma.

Baca Juga:  Bedanya Supporting Schedule dan Top Schedule

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Ekuitas dan Penyelesaiannya

Contoh soal audit pemeriksaan ekuitas dan penyelesaiannya memerlukan waktu agar dapat terotorisasi sebuah transaksi. Perusahaan harus memberikan surat pernyataan berlangganan sebelum akuntan publik menyerahkan laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan dalam bentuk opini audit going concern.

Audit prosedur dan tujuan pemeriksaan harus ditetapkan oleh akuntan publik sebelum standar pekerjaan lapangan dilaksanakan. Tanggal selesainya pemeriksaan lapangan harus sesuai dengan tanggal laporan keuangan untuk meminimalisir kesalahan dalam proses pelaporan pajak penghasilan badan.

Contoh soal dan jawaban audit ekuitas terjadi pada PT Rafinternet dimana laporan perubahan ekuitas menunjukkan saldo modal akhir sebesar Rp 72.621.000. Temuan audit mengindikasikan perusahaan melakukan kesalahan pencatatan beban pajak penghasilan sebesar Rp 18.520.000. Buatlah jurnal penyesuaian yang diperlukan?

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Pajak PenghasilanRp18.520.000
Laba DitahanRp18.520.000

Baca Juga: Cara Membuat Kertas Kerja Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Panjang

Demikian pertanyaan dan contoh kertas kerja pemeriksaan ekuitas perusahaan manufaktur, perusahaan dagang dan jasa dalam program audit. Temuan audit harus disesuaikan dengan bukti transaksi dan asersi manajemen yang dipergunakan. Internal control harus diawasi oleh auditor internal setiap periodenya.

0 Response to "Pertanyaan dan Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas Perusahaan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel