Contoh Soal Pengujian Substantif dan Compliance Kas Kecil

Konten [Tampil]

Contoh soal pengujian subtantif dan compliance kas kecil bertujuan menguji kebenaran saldo kas yang dilaporkan perusahaan. Kas merupakan kekayaan perusahaan yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran secara tunai. Penjualan dan pembelian kredit dapat dilakukan ketika telah menunjukkan kemampuan pembayaran.

Contoh soal audit pemeriksaan kas kecil dan penyelesaiannya akan membantu akuntan publik menentukan saldo akhir kas yang dilaporkan. Neraca saldo adalah informasi total kekayaan perusahaan dan sumber asal kekayaan atas transaksi dan kejadian yang berasal dari aktivitas perdagangan jual beli perusahaan.

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan kas dan setara kas harus diketahui sebelum akuntan publik menjalankan tugasnya. Standar auditing harus dipertimbangkan ketika merumuskan kertas kerja pemeriksaan pada saat pemeriksaan lapangan yang dilakukan sesuai tanggal laporan audit diterbitkan.

Contoh Soal Pengujian Substantif dan Compliance Kas Kecil

Apa yang Dimaksud Pengujian Substantif dan Compliance

Pengujian subtantif adalah pemeriksaan yang dilakukan akuntan publik terhadap kewajaran saldo laporan keuangan yang dipublikasikan. Uji subtantif dilaksanakan setelah penilaian penerapan sistem pengendalian internal untuk menghasilkan saldo akhir dari masing-masing akun di laporan posisi keuangan.

Pengujian compliance adalah pengujian terhadap bukti transaksi yang didapatkan dari pemeriksaan sistem pengendalian internal. Apabila internal control perusahaan baik, maka ruang lingkup pemeriksaan dapat dipersempit karena sudah dapat dipastikan bukti transaksi yang dihasilkan valid dan dapat dipertanggungjawabnkan.

Perbedaan pengujian substantif dan compliance dalam audit pemeriksaan laporan keuangan terletak pada mekanisme perolehan bukti transaksi. Tingkat materialitas adalah ukuran dimana kesalahan dalam proses penyajian laporan keuangan akan menghasilkan keputusan yang kurang tepat dalam beberapa periode mendatang.

Baca Juga: Langkah-Langkah Menganalisis Bukti Transaksi Keuangan

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kas Kecil dan Penyelesaiannya

Contoh soal audit pemeriksaan kas kecil dan penyelesaiannya harus dilakukan sesuai prosedur dan tujuan pembuatan laporan audit. Tanggal laporan audit harus sama dengan tanggal selesainya pekerjaan lapangan seorang auditor untuk menentukan jangka waktu pertanggungjawaban keabsahan laporan keuangan.

Contoh soal pengujian substantif dan compliance kas kecil bertujuan agar kas kecil tidak disalahgunakan untuk pembayarannya. Sistem dana tetap dan dana tidak tetap dalam mengelola kas kecil berperan sebagai dasar penentuan saldo akhir penerimaan kas dan pengeluaran kas perusahaan.

Contoh kasus audit kas kecil dan penyelesaiannya terjadi ketika PT Rafinternet memiliki pencatatan kas kecil sebesar Rp 130.000.000. Berdasarkan berita acara cash opname menghasilkan informasi sebagai berikut? bagaimana cara menjawab contoh soal pengujian substantif dan compliance kas kecil tersebut?

Nominal Uang Jumlah Total
Rp200 494 Rp98.800
Rp500 375 Rp187.500
Rp 1.000 199 Rp199.000
Rp 2.000 680 Rp1.360.000
Rp 5.000 634 Rp3.170.000
Rp 10.000 560 Rp5.600.000
Rp 20.000 120 Rp2.400.000
Rp 50.000 367 Rp18.350.000
Rp 100.000 977 Rp97.700.000
Total Rp129.065.300

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 4 Kolom dan Pembahasannya

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Kas dan Setara kas

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas dapat digunakan untuk menentukan tingkat penyelesaian pekerjaan lapangan. Kas kecil berfungsi membiayai kegiatan operasional perusahaan yang bernilai kecil atau kurang material dan dapat menggunakan metode imprest ketika mengelola dananya.

Contoh soal pengujian substantif dan compliance kas kecil akan menghasilkan laporan audit berupa kertas kerja pemeriksaan. Prosedur pemeriksaan kas dilakukan secara mendadak agar pihak kasir tidak dapat berbuat curang dengan menyembunyikan kas dan mengganti kas yang pernah dipakainya.

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas akan menghasilkan jurnal audit adjustment yang diberikan akuntan publik. Apabila terjadi selisih antara saldo tercatat dengan saldo cash opname maka akuntan publik akan memberikan jurnal umum untuk menyesuaikan transaksi dengan keadaan yang sebenarnya terjadi.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2022Macam-Macam Biaya Rp 934.700
Kas Kecil Rp 934.700
(Audit adjustment journal)

Baca Juga: Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung

Demikian contoh soal pengujian substantif dan compliance kas kecil dalam sistem pengendalian internal kas. Apabila ditemukan saldo kas yang tidak sesuai keadaan sebenarnya, maka terdapat beberapa transaksi pembayaran biaya yang belum dicatat atau bahkan double kali pencatatannya.

0 Response to "Contoh Soal Pengujian Substantif dan Compliance Kas Kecil"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel