Cara Menggunakan Modul Aset Tetap pada Accurate Dekstop dan Online

Konten [Tampil]

Cara menggunakan modul aset tetap pada accurate dekstop dan online diperlukan karena entitas harus menggunakan aktiva tetap untuk membantu kegiatan operasionalnya. Setelah pengisian informasi awal perusahaan, maka langkah selanjutnya entitas wajib mengisi saldo awal piutang, hutang, persediaan dan aktiva tetap.

Cara menghitung biaya penyusutan aktiva tetap di accurate bertujuan agar proses pengalokasikan pengeluaran kas ketika terjadi pembelian dilakukan secara wajar. Jurnal pembelian aset tetap secara tunai akan mengkreditkan kas dan setara kas sebagai sumber dana sementara disisi debit akan diperoleh aset yang diinginkan.

Menu pada modul aset tetap di accurate dan myob memiliki kesamaan yaitu terdapat kartu aktiva tetap. Kartu aset tetap berfungsi untuk melakukan inventarisasi seluruh aset yang dimiliki selama menjalankan aktivitas bisnisnya. Aktiva tetap diperoleh dengan cara membeli secara tunai atau menggantinya dengan liabilitas.

Cara Menggunakan Modul Aset Tetap pada Accurate Dekstop dan Online

Contoh Soal Jurnal Pembelian Aktiva Tetap Secara Tunai di Accurate

Contoh soal jurnal pembelian aktiva tetap secara tunai di accurate online dan dekstop memerlukan informasi tentang kas dan setara kas yang dijadikan sumber dana. Kas adalah aset lancar yang memiliki sifat mudah diselewengkan dan harus diterapkan sistem pengendalian internal selama menjalankan aktivitas bisnis.

Jurnal pembelian aset tetap secara tunai pada accurate online menjadi salah satu proses investarisasi. Kartu aktiva tetap berwujud berisikan informasi tentang akuisisi kas dan setara kas. Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah aset yang dibeli dengan tujuan membantu kegiatan produksi dan tidak untuk diperdagangkan.

Contoh soal jurnal pembelian aktiva tetap secara tunai di accurate terjadi pada PT Rafinternet yang membeli komputer dengan harga Rp 4.560.000. Bagaimana analisis persamaan dasar akuntansi dengan menerapkan konsep sistem pembukuan berganda?

Disisi debit akan mendebitkan komputer dan disisi kredit akan mengkreditkan kas sebesar Rp 4.560.000

Baca Juga: Cara Impor Nama Akun di Accurate dari Excel

Menu pada Modul Aset Tetap di Accurate

Menu pada modul aset tetap di accurate terdiri dari tipe aktiva tetap pajak, daftar aktiva tetap dan input aktiva tetap baru. Cara membuat penyusutan aktiva tetap pada accurate secara otomatis dapat menggunakan fitur proses akhir bulan yang terdapat pada modul buku besar dan laporan keuangan.

Langkah untuk mengisi saldo awal aset tetap pada myob accounting bertujuan agar proses perhitungan total depresiasi sesuai ketentuan umum perpajakan. Setelah selesai input saldo awal, jumlah saldo amount to be allocated menjadi Rp 0 artinya seluruh kekayaan telah bersumber pada liabilitas dan ekuitas yang tepat.

Menu pada modul aset tetap di accurate berfungsi menginput saldo awal aktiva tetap termasuk biaya perolehan dan akumulasi penyusutan. Cara membuat kartu aktiva tetap memprioritaskan pada jenis aset yang memiliki usia terbatas dan perusahaan perlu mengorbankan aset lain yang memiliki manfaat ekonomis.

Baca Juga: Contoh Kasus Persamaan Dasar Akuntansi dan Pembahasannya

Cara Menggunakan Fitur Aset Tetap pada Accurate Dekstop

Cara menggunakan fitur aset tetap pada accurate dekstop harus mempertimbangkan tanggal pembelian dan tanggal pemakaian. Penyusutan akan dimulai sejak entitas telah siap menggunakan aset untuk kegiatan produksi terutama ketika aset sudah dipersiapkan pada masa percobaan atau trial period.

Cara input saldo awal aktiva tetap di accurate online merupakan tindakan mengisi database baru dengan total kekayaan perusahaan. Laporan keuangan akan menggambarkan kekayaan perusahaan yang berasal dari pinjaman pihak ketiga dan setoran modal masing-masing pemegang saham sesuai akta pendirian.

Cara menggunakan fitur aset tetap pada accurate dekstop harus dimulai dengan menentukan kategori umur aktiva tetap. Perusahaan perlu mempelajari jenis-jenis aktiva tetap sesuai ketentuan umum perpajakan. Proses penyusutan dapat menggunakan metode garis lurus atau saldo menurun berganda.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Pembahasannya

Demikian cara menggunakan modul aset tetap pada accurate dekstop dan online sesuai program myob accounting. Langkah memasukkan saldo awal penyusutan menjadi faktor penting karena entitas harus mengorbankan biaya perolehan untuk dijadikan biaya fiskal ketika akan melaporkan spt tahunan badan.

0 Response to "Cara Menggunakan Modul Aset Tetap pada Accurate Dekstop dan Online"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel