Contoh Soal dan Cara Menghitung Pembelian Kembali Saham (Treasury Share)

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung pembelian kembali saham atau treasury share berperan sebagai alat pengurang jumlah ekuitas yang ada di perusahaan. Saldo saham treasuri dilaporkan dalam laporan posisi keuangan sebagai pengurang jumlah modal yang telah diperdagangkan dan tidak berhak atas pembagian dividen.

Contoh soal pembelian kembali saham metode biaya dan metode nilai nominal berperan sebagai upaya entitas mempertahankan kelangsungan hidupnya. Apakah treasury stock mendapatkan dividen saham? bagaimana cara menghitung nilai nominal saham biasa dan saham preferen yang ada diperusahaan?

Pembelian dan penjualan saham treasuri akan berpengaruh terhadap total modal yang dimiliki perusahaan. Akuntansi penggabungan usaha metode purchase dan pooling of interest berpengaruh terhadap catatan atas laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan. Nilai nominal dan metode biaya harus diterakan ketika menghitung pembelian kembali saham.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Pembelian Kembali Saham (Treasury Share)

Cara Menghitung Pembelian Kembali Saham dan Contohnya

Cara menghitung pembelian kembali saham dan contohnya bertujuan agar laporan keuangan perusahaan menunjukkan saldo ekuitas yang sebenarnya. Sistem pengendalian internal modal saham dan laba ditahan berperan sebagai alat pengalokasikan sumber daya perusahaan ke beberapa siklus arus kas masuk dan keluar.

Bagaimana cara mencatat treasury stock dalam laporan posisi keuangan? Pengertian treasury stock menurut para ahli adalah suatu aktivitas perusahaan menarik kembali saham yang telah diperdagangkan dengan tujuan mengurangi jumlah saham yang beredar dipasar dan meningkatkan hak kontrol induk perusahaan.

Cara menghitung pembelian kembali saham dan contohnya dapat menggunakan metode biaya dan metode nilai nominal. Penyebab perusahaan membeli saham yang telah diperdagangkan adalah melihat adanya kemungkinan tambahan manfaat ekonomis yang didapatkan ketika menarik kembali saham yang beredar.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penutup dari Neraca Lajur

Contoh Soal Saham Treasury Metode Nilai Nominal dan Metode Biaya

Contoh soal saham treasury metode nilai nominal dan metode biaya diperuntukkan bagi entitas yang ingin mengerjakan siklus akuntansi. Materi modal saham dan laba ditahan menjadi tujuan didirikannya perusahaan yaitu memakmurkan para pemegang saham sesuai persentase pemilikan modal di laporan keuangan.

Contoh soal pembelian kembali saham menjadi bagian dari aktivitas bisnis yang dijalani perusahaan. Saham treasury tidak memiliki hak untuk memperoleh dividen dengan alasan entitas tidak bisa membuat bukti potong pph untuk dirinya sendiri. PPh pasal 4 ayat 2 dan pph pasal 23 harus dipotongkan atas pengumuman pembagian dividen.

Contoh perhitungan pembelian kembali saham terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki saham sebanyak 410 dengan harga Rp 5.200. PT Kakraffi memiliki kebijakan untuk menerbitkan saham treasury dengan harga Rp 5.300 untuk 120 saham. Buatlah jurnal pembelian dan penjualan saham diatas nilai nominal Rp 5.000 tersebut.

Baca Juga: Pengertian Modal Saham dan Laba Ditahan

Contoh Soal Buyback Saham dan Pembahasannya

Pengertian buyback saham adalah peristiwa dimana perusahaan telah melakukan pembelian kembali saham yang beredar sesuai peruntukkannya. Treasury stock tidak berhak atas pembagian dividen dikarenakan entitas harus membayarkan sejumlah beban tertentu untuk mengalokasikan informasi keuangannya.

Contoh soal buyback saham dan pembahasannya harus dilakukan evaluasi terhadap kualitas kredit perusahaan. Metode nilai nominal dan metode biaya dalam akuntansi saham treasuri menjadi kewajiban dalam alokasi informasi keuangan sesuai jumlah saham yang beredar di pasar dan nilai buku per lembar saham.

Contoh perhitungan pembelian kembali saham memerlukan informasi tentang nilai nominal dan nilai wajar saham. Nilai wajar saham didapatkan dari pertemuan harga jual dan beli para investor. Nilai nominal adalah nilai yang tercantum pada laporan posisi keuangan setiap tahunnya. Adapun jurnal pembelian kembali saham yang beredar adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2022Kas Rp 2.132.000
Modal Saham Biasa Rp 2.050.000
Agio Saham Rp 82.000
(jurnal penjualan saham biasa)
31/12/2022Saham diperoleh kembali Rp 600.000
Agio saham Rp 36.000
Kas Rp 636.000
(jurnal pembelian kembali saham yang beredar)

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Berwujud

Demikian contoh soal dan cara menghitung pembelian kembali saham (treasury stock) dalam laporan posisi keuangan. Materi modal saham dan laba ditahan menjadi bagian dari akuntansi keuangan menengah. Saham treasuri tidak berhak mendapatkan dividen sebab tidak logis ketika entitas membagi dividen untuk dirinya sendiri.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Menghitung Pembelian Kembali Saham (Treasury Share)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel