Cara Menghitung Hak Kontrol dan Jurnal Eliminasi Perusahaan Afiliasi

Konten [Tampil]

Cara menghitung hak kontrol dan jurnal eliminasi perusahaan afiliasi diperlukan karena menentukan tingkat pemilikan kekuasaan di perusahaan. Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 2 tentang konsolidasi menjadi peran penting karena bisnis akan berkembang untuk tujuan memakmurkan pemegang saham.

Contoh soal konsolidasi pada anak perusahaan yang dimiliki penuh artinya tidak terdapatnya hak minoritas milik anak perusahaan. Kertas kerja konsolidasi bertujuan agar menghapus seluruh transaksi yang melibatkan arus kas masuk dan arus kas keluar dengan prinsip penyatuan kepentingan antar pemegang saham.

Contoh laporan keuangan konsolidasi induk dan anak perusahaan harus menantumkan informasi berkaitan dengan aktiva tetap dan aktiva lancar. Penggabungan usaha antar entitas dapat menggunakan cara merger, konsolidasi dan akuisisi menyesuaikan transaksi yang hendak dilaksanakan sesuai aturan PSAK nomor 10.

Cara Menghitung Hak Kontrol dan Jurnal Eliminasi Perusahaan Afiliasi

Laporan Keuangan Konsolidasi Hubungan Induk dan Anak Perusahaan

Contoh laporan keuangan konsolidasi hubungan induk dan anak perusahaan akan dilaksanakan ketika entitas melangsungkan transaksi penggabungan usaha. Kewajiban pembukuan bagi wajib pajak badan usaha dilaksanakan agar prosedur kredit pajak pph pasal 21, 22, 23, 24, 26 dan 29 dapat dibuktikan ketika pemeriksaan pajak.

Hak kontrol atau control interest adalah hak pemilikan induk perusahan atas aktiva bersih anak perusahan sesuai periodenya. Masalah-masalah yang terjadi pada saat penyusunan laporan keuangan konsolidasi adalah adanya hubungan istimewa dan pengakuan perdagangan antar anak perusahaan disertai pemungutan ppn.

Laporan keuangan konsolidasi hubungan induk dan anak perusahaan harus dicantumkan pada akta perusahaan yang berubah. Perubahan modal anak perusahaan terjadi ketika kegiatan operasional masih berjalan yang mampu menciptakan laba rugi dari aktivitas produksi dan pembagian dividen periode berjalan.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pendirian Persekutuan Firma

Contoh Soal Pembelian Saham Anak Perusahaan

Contoh soal pembelian saham anak perusahaan menjadi prosedur penyusunan neraca konsolidasi dengan metode biaya dan metode ekuitas. Mengapa jurnal eliminasi diperlukan? sebab entitas akan menganggap transaksi sebagai milik perusahaan yang sama sehingga tidak mengandung tambahan manfaat ekonomis.

Contoh soal konsolidasi pada anak perusahaan yang dimiliki penuh atau kurang dari 100% dapat digunakan untuk mendapatkan hak suara mayoritas ketika rapat umum pemegang saham. Induk perusahaan dapat memiliki beberapa anak perusahaan (subsidiary company) dengan tujuan diversifikasi usaha.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 2 tentang konsolidasi terjadi ketika PT Rafinternet mengakuisisi saham sebanyak 780 dengan harga Rp 2.200. Buatlah laporan keuangan konsolidasi dengan memperhitungan hak kontrol dan pembuatan jurnal eliminasi serta neraca konsolidasinya.

Baca Juga: Contoh Penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Ekuitas

Cara Menghitung Hak Kontrol dan Rumusnya

Cara menghitung hak kontrol perlu melihat seberapa banyak jumlah saham yang beredar di pasar. Laba per lembar saham akan menunjukkan tingkat profitabilitas sebuah perusahaan untuk mendatangkan keuntungan. Jurnal eliminasi dan kegunaannya diperuntukkan bagi entitas yang mengakuisisi saham.

Rumus hak kontrol adalah perbandingan antara jumlah saham yang dimiliki dengan total saham yang beredar. LHPDNB adalah selisih antara investasi saham anak perusahaan dengan total kekayaan bersih yang dimilikinya. Maka, contoh perhitungan hak kontrol induk perusahaan terhadap anak perusahaan sebagai berikut:

Control Interest = 780 / 1.000 = 78%

Hak kontrol sebesar 78% artinya induk perusahaan menguasai aktiva bersih anak baik berupa modal saham, agio saham dan laba ditahan sebesar 78%. Sisa modal yang tidak dimiliki perusahaan induk diakui sebagai hak minoritas. Adapun jurnal eliminasi yang harus dibuat sesuai PSAK nomor 10 yang berlaku adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/12/2021 Investasi Saham CV Indomedika Rp 171.600.000
Modal Saham Rp 143.654.695
Kas Rp 27.945.305
(jurnal Investasi saham anak Perusahaan)
11/01/2022 Modal Saham CV Indomedika Rp 174.126.903
Agio Saham CV Indomedika
Laba Ditahan CV Indomedika Rp 88.770.578
KNBHDP Rp 111.782.999
Investasi Saham CV Indomedika Rp 171.600.000
(jurnal eliminasi saham anak perusahaan)

Baca Juga: Contoh Soal Tukar Tambah Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Demikian cara menghitung hak kontrol dan jurnal eliminasi perusahaan afiliasi berdasarkan contoh soal pembelian saham anak perusahaan terhadap induk perusahaan. Akuntansi keuangan lanjutan akan membahas informasi mengenai hak kontrol, hak minoritas, KHPDNB dan KNBHDP yang diakui ketika laporan keuangan digabungkan.

0 Response to "Cara Menghitung Hak Kontrol dan Jurnal Eliminasi Perusahaan Afiliasi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel