Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap dalam Akuntansi

Konten [Tampil]

Cara menghitung harga perolehan aktiva tetap dalam akuntansi keuangan menengah dipergunakan sebagai upaya perusahaan mempertahankan kelangsungan hidupnya. Aset diakui ketika terjadi pembelian mesin, tanah, kendaraan, bangunan yang diperuntukkan membantu kegiatan operasional dan tanpa diperjualbelikan kembali.

Bagaimana cara menentukan harga perolehan aset tetap berwujud dan tidak berwujud harus dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Yang tidak termasuk biaya perolehan aktiva tetap adalah biaya pengiriman, biaya asuransi kecelakaan, biaya pembuatan tempat parkir dan biaya pemakaian ketika trial produk.

Contoh soal perhitungan biaya perolehan aktiva tetap hendaknya menyesuaikan kebijakan kapitalisasi biaya. Jangka waktu pemakaian aset yang diharapkan oleh perusahaan disebut masa manfaat. Perbedaan masa manfaat dan umur ekonomis terletak pada pengakuan untuk membagi beban depresiasi per periodenya.

Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap dalam Akuntansi

Pengertian dan Arti Penting Aktiva Tetap

Pengertian aktiva tetap adalah sebuah harta perusahaan yang diperuntukkan mendukung kinerja operasional tanpa diperdagangkan untuk beberapa masa fiskal selanjutnya. Arti penting aset tetap bagi perusahaan adalah terjadinya penetapan biaya penyusutan dan biaya selama masa pakai aset dipergunakan.

Apa yang dimaksud harga perolehan aktiva tetap? biaya perolehan adalah pengeluaran perusahaan dalam satu periode akuntansi untuk memperoleh aset hingga dapat dipergunakan menghasilkan pendapatan. Yang tidak termasuk harga perolehan aset tetap adalah biaya pengiriman, biaya trial produk dan biaya asuransi pengiriman barang.

Karakteristik suatu barang agar dapat digolongkan menjadi aktiva tetap adalah memiliki usia lebih dari 12 bulan, untuk memperoleh aset harus mengorbankan kas yang material serta memiliki wujud fisik. Akun nominal adalah akun yang berfungsi mencatat transaksi yang berkaitan dengan pendapatan dan beban.

Baca Juga: Contoh Kasus Perhentian Pemakaian Aset Tetap dan Jawabannya

Contoh Soal Perhitungan Biaya Perolehan Aset Tetap Berwujud dan Tidak Berwujud

Contoh soal perhitungan biaya perolehan aset tetap berwujud dan tidak berwujud bertujuan untuk mengalokasikan biaya perolehan selama masa manfaat aset tetap. Jenis aset yang dapat disusutkan adalah aktiva yang tidak memiliki substansi komersial di masa mendatang ketika terjadi pertukaran aset sejenis.

Contoh soal dan jawaban penentuan harga perolehan aktiva tetap tidak berwujud terjadi pada akun goodwill, franchise, hak paten dan hak cipta. Penggolongan atau pengkategorian aset tetap dapat menyesuaikan ketentuan umum perpajakan agar dapat terhindar dari koreksi fiskal karena terdapat aktiva pajak tangguhan.

Contoh perhitungan biaya perolehan terjadi pada PT Masraffi yang memiliki aset tetap berbentuk kendaraan dengan harga beli Rp 8.500.000, biaya balik nama sebesar Rp 150.000 dan biaya perbaikan mesin agar dapat berjalan sebesar Rp 120.000. Berapakah nilai buku yang tercatat pada laporan keuangan?

Baca Juga: Perbedaan Akun Nominal dan Akun Riil dalam Neraca Saldo

Bagaimana Pencatatan Aktiva Tetap pada Saat Perolehan

Aktiva tetap dapat diperoleh perusahaan melalui pertukaran dengan harta perusahaan atau diberikannya fasilitas cicilan. Penjualan kredit bertujuan untuk meningkatkan kualitas konsumsi dari pihak ketiga dan bertambahnya omzet perusahaan. Tujuan penyusutan adalah mengalokasikan harga beli selama masa penggunaan.

Cara menentukan harga perolehan aset tetap dapat dilaksanakan melalui pembayaran secara tunai dan secara kredit. Yang tidak termasuk harga perolehan aktiva tetap adalah biaya perbaikan tanah, biaya asuransi pengiriman produk dan biaya kirim barang sampai gudang pembeli kena pajak.

Mengapa rumah dalam perusahaan properti bukan termasuk aktiva tetap dikarenakan tujuan perusahaan properti adalah menjual persediaan barang dagang. Contoh perhitungan biaya perolehan aset tetap dapat dilakukan melalui rumus harga perolehan sebagai berikut:

KeteranganJumlah
Harga Beli Rp 8.500.000
Biaya Balik Nama dan Komisi Rp 150.000
Biaya Perbaikan Kendaraan Rp 120.000
Harga Perolehan Rp 8.770.000

Bagaimana pencatatan aktiva tetap pada saat perolehan yaitu dengan mengurangkan kekayaan perusahaan ketika pembelian dilakukan secara kredit dan menambahkan hutang ketika dilakukan pembelian cicilan. Adapun ayat jurnal mencatat pembelian kendaraan secara tunai sebagai berikut:

TanggalKeteranganDebitKredit
08/09/2022Kendaraan Rp 8.770.000
Kas Rp 8.770.000
(Jurnal Pembelian Kendaraan Secara Tunai

Baca Juga: Contoh Soal Penggabungan Usaha Metode Purchase dan Pooling of Interest

Demikian cara menghitung harga perolehan aktiva tetap dalam akuntansi keuangan menengah. Penggolongan aset tetap harus mengikuti aturan perpajakan untuk menghindari adanya aktiva dan kewajiban pajak tangguhan. Pajak tangguhan akan terjadi ketika tertundanya pajak terutang.

0 Response to "Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap dalam Akuntansi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel