Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Gaji yang Belum Dibayar

Konten [Tampil]

Contoh jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Fungsi jurnal penyesuaian adalah mengakui pendapatan dan penghasilan pada periode terjadinya dan melaporkan akun riil pada laporan posisi keuangan sesuai transaksi yang terjadi di perusahaan.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo berkaitan dengan akun aktiva tetap. Akun kontra aktiva tetap adalah depresiasi atau penyusutan. Pengertian depresiasi adalah proses pengalokasikan seluruh pengeluaran dalam rangka memperoleh aktiva tetap sesuai umur manfaat dan nilai residunya.

Ayat jurnal penyesuaian gaji masih harus dibayar melibatkan akun beban gaji dan utang gaji. Beban gaji adalah akun untuk menampung gaji karyawan atas pemanfaatan sumber daya manusia. Utang gaji adalah akun untuk menampung informasi upah karyawan yang belum dibayarkan perusahaan sampai akhir periode.

Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Gaji yang Belum Dibayar

Nama Akun Rekening yang Memerlukan Jurnal Penyesuaian

5 ayat jurnal penyesuaian harus didasarkan pada kelompok deferal dan akrual. Kelompok deferal adalah perusahaan telah mengeluarkan sejumlah kas untuk membayarkan biaya tertentu tetapi biaya akan dialokasikan sesuai jangka waktu kerjasama yang telah disepakati antara perusahaan dengan pihak ketiga.

Apakah jurnal penyesuaian pada perusahaan dagang dan perusahaan jasa memiliki persamaan kecuali dalam penentuan harga pokok penjualan. Jurnal adalah proses pencatatan transaksi pertama kali setelah entitas memperoleh bukti transaksi dari pihak ketiga dan harus didukung dengan asersi manajemen.

Rekening apa saja yang dapat dibuatkan jurnal penyesuaian harus mengikuti siklus akuntansi. Tujuan pembuatan jurnal penyesuaian adalah menyesuaian transaksi agar sama dengan keadaan di perusahaan. Prinsip akuntansi yang berterima umum diantaranya prinsip penandingan, prinsip pengakuan pendapan dan beban, prinsip periode akuntansi.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Gaji yang Belum Dibayar

Contoh soal jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar akan diperlakukan sebagai utang gaji. Perusahaan wajib mengakui penggunaan sumber daya manusia walaupun belum membayarkan upah kepada karyawan. Utang gaji termasuk akun liabilitas ketika dilaporan pada laporan posisi keuangan.

Contoh jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur harus diselenggarakan berdasarkan bukti memorial. Setiap penyusutan dan pengakuan biaya serta pendapatan secara akrual harus memperoleh otorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang dalam rangka melaporkan sebuah peristiwa.

Contoh soal jurnal penyesuaian beban gaji masih harus dibayar terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki karyawan harian dengan upah sebesar Rp 12.600 per hari dengan dengan hari kerja dari senin sampai sabtu. Bulan februari berakhir pada hari rabu, buatlah jurnal penyesuaian yang diperlukan?

Baca Juga: Cara Menyusun Neraca Lajur dari Neraca Saldo Awal dan Jurnal Penyesuaian

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo berkaitan dengan rekening aktiva tetap dan perlengkapan kantor. Transaksi yang memerlukan jurnal penyesuaian diantaranya depresiasi, beban masih harus dibayar dan beban dibayar dimuka, pendapatan diterima dimuka dan pendapatan yang masih harus diterima.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo hendaknya menggunakan hipotesis. Perhitungan utang gaji yang ditanggung perusahaan hanya periode berjalan. Prinsip periode akuntansi adalah jangka waktu pelaporan keuangan perusahaan sesuai prioritas pembayarannya. Adapun perhitungan upah periode berjalan dan periode masa depan adalah

Hari Diakui Periode Berjalan Diakui Periode Selanjutnya
Senin Rp 12.600
Selasa Rp 12.600
Rabu Rp 12.600
Kamis Rp 12.600
Jumat Rp 12.600
Sabtu Rp 12.600

Utang gaji dan beban gaji merupakan kelompok akrual yang artinya perusahaan belum membayarkan tagihan tetapi sudah menggunakan sumber daya manusianya. Jurnal penyesuaian beban gaji yang masih harus dibayar harus mempertimbangkan alokasi biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2021Beban Gaji Rp 37.800
Utang Gaji Rp 37.800

Baca Juga: Bedanya Jurnal Umum, Jurnal Khusus, Jurnal Penyesuaian dan Jurnal Penutup

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar yang menjadi pertanyaan ujian akhir semester dan tengah semester akuntansi pengantar. Sistem pengendalian internal harus diciptakan agar kesalahan pencatatan tidak terjadi ketika asersi manajemen diungkapkan perusahaan.

0 Response to "Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Gaji yang Belum Dibayar"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel