Contoh Soal dan Cara Menghitung Keuntungan Obligasi Premium

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung keuntungan obligasi premium diharapkan dapat menambah pendapatan di tahun berjalan. Pengertian pendapatan menurut para ahli adalah tambahan manfaat ekonomis selama proses produksi dan penjualan barang atau jasa atas biaya yang telah dikeluarkan untuk penghasilan tersebut.

Cara menghitung keuntungan obligasi premium dan obligasi diskonto akan terjadi ketika perusahaan melakukan transaksi jual beli obligasi dibawah atau diatas nilai nominal. Suku bunga nominal adalah suku bunga yang tercantum pada surat hutang yang diperjualbelikan dalam rangka memperoleh tambahan modal tahun berjalan.

Contoh soal utang obligasi dengan premi dan diskon akan terjadi karena perusahaan penerbit memerlukan keuntungan dari adanya transaksi jualbeli tersebut. Pengertian surat obligasi adalah surat hutang untuk penambahan modal yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah atau swasta disertai dengan pemberian bunga.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Keuntungan Obligasi Premium

Pengertian dan Macam-Macam Obligasi

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah surat hutang yang dikeluarkan untuk menambah modal berjalan agar dapat melangsungkan kegiatan operasionalnya sehingga tidak terjadi penutupan perusahaan. Perusahaan berafiliasi adalah entitas yang menggabungkan kegiatan usaha dengan nama yang sama atau berbeda.

Macam-macam obligasi terdiri dari obligasi nilai pari, obligasi premium dan diskonto obligasi. Keuntungan memiliki obligasi adalah pemberi pinjaman dapat memperoleh tambahan penghasilan berupa pendapatan bunga. Penerbit obligasi memperoleh keuntungan berupa tambahan modal kegiatan operasional.

Definiisi obligas menurut para ahli adalah tambahan modal perusahaan yang didapatkan dari pinjaman pihak ketiga disertai pembayaran bunga setiap periodenya. Obligasi dikatakan diskonto ketika perusahaan menjual obligasi dibawah nilai nominal yang tercantum pada surat hutang tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal Pendirian Persekutuan dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Premium dan Diskonto Obligasi

Contoh soal dan jawaban premium dan diskonto obligasi menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Sistem pengendalian internal liabilitas jangka pendek harus memperoleh persetujuan dari pejabat yang berwenang dalam rangka otorisasi keperluan pemberian pinjaman kepada perusahaan lain.

Obligasi dikatakan diskonto dan premium ketika terjadi peningkatan dan penurunan suku bunga pasar. Tingkat bunga pasar adalah biaya yang mau dikeluarkan oleh penerbit obligasi dalam rangka memberikan pinjaman atas penanggungan risiko bisnis atas kas dan setara kas yang telah diberikan perusahaan.

Contoh soal obligasi premium dan obligasi diskonto dan jawabannya menjadi pertanyaan uas dan uts akuntansi keuangan menengah. Kekurangan obligasi adalah perusahaan akan menanggung bunga apabila tanggal penjualan obligasi terletak diantara tanggal pembayaran bunga yang sudah berjalan.

Baca Juga: Bagaimana Siklus Akuntansi Keuangan dan Pencatatannya

Cara Menghitung Keuntungan Obligasi dan Pembahasannya

Cara menghitung keuntungan penjualan obligasi akan didapatkan oleh pihak penerbit dan pihak pemberi pinjaman. Manakah yang lebih menguntungkan antara saham dan obligasi tentunya perlu mempertimbangkan jangka waktunya. Obligasi akan menguntungkan ketika bunganya besar dalam jangka pendek.

Contoh perhitungan obligasi premium dan obligasi diskonto terjadi ketika PT Rafinternet membeli obligasi dari bank ABS sebesar Rp 12.000.000 selama 4 tahun dengan bunga 10%. Tingkat bunga pasar yang berlaku adalah 6%. Berapakah harga jual obligasi dengan menggunakan rumus present value.

PV Nilai Nominal = Rp 12.000.000 * (1/(1+6%)^4)
PV Nilai Nominal = Rp 9.505.124

PV Pembayaran Bunga = Rp 1.200.000 * (1-(1+6%)^-4)/6%
PV Pembayaran Bunga = Rp 4.158.126

Harga Jual Obligasi = Rp 13.663.250

Obligasi terdiri dari obligasi jangka pendek dan obligasi jangka panjang yang termasuk akun liabilitas. Akun nominal harus dilaporkan pada laporan posisi keuangan setiap periodenya. Jurnal penerbitan obligasi yang harus dibuat oleh PT Rafinternet harus dapat mempublikasikan jurnal umum sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2022Kas Rp    13.663.250
Hutang Obligasi Rp 13.663.250
(Jurnal Penerbitan Obligasi)

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Chart of Account Jurnal Umum

Demikian contoh soal dan cara menghitung keuntungan obligasi akuntansi keuangan menengah. Keuntungan dan kekurangan obligasi akan muncul ketika perusahaan melakukan transaksi jual beli dibawah nilai nominal yang tercantum ketika menerbitkan surat wesel atau surat obligasi

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Menghitung Keuntungan Obligasi Premium"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel