Contoh Soal Kertas Kerja Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Konten [Tampil]

Contoh kertas kerja pemeriksaan liabilitas jangka pendek bertujuan mengetahui tingkat kelemahan dalam sistem pengendalian internal perusahaan. Audit kewajiban bermanfaat untuk mengetahui jumlah hutang yang menjadi tanggungan periode berjalan untuk menentukan jumlah sumber daya yang akan digunakan.

Contoh soal audit liabilitas jangka pendek menjadi salah satu upaya mempertahan operasional perusahaan selain pendanaan dari pemilik modal. Penyelesaian kewajiban harus dilaksanakan selama masa termin pembayaran untuk menghindari keterlambatan pemberian bahan baku dan produksi barang jadi perusahaan.

Pengertian kewajiban jangka pendek menurut para ahli adalah hutang perusahaan yang harus dibayarkan dengan mengeluarkan sejumlah sumber daya atas aktivitas operasional di masa lalu. Pemberian barang oleh pemasok akan menimbulkan hutang dagang dan pemberian pinjaman bank akan menimbulkan hutang bank.

Contoh Soal Kertas Kerja Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Perbedaan Liabilitas Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Perbedaan liabilitas jangka pendek dan jangka panjang berkaitan dengan waktu pelunasan tagihan sesuai termin pembayaran. Term of payment adalah layanan pemberian pinjaman barang atau uang kepada pelanggan dalam rangka menaikkan omzet dengan waktu pengembalian yang telah ditetapkan.

Pertanyaan tentang hutang jangka pendek berkaitan dengan cara penyelesaian kewajiban dan perhitungan tanggal jatuh tempo wesel tagih. Mengapa hutang dagang termasuk kewajiban jangka pendek karena perusahaan harus mampu melunasi tagihan yang sudah diberikan faktur pajaknya sebelum periode fiskal berakhir.

Bedanya liabilitas jangka panjang dan liabilitas jangka pendek selalu dikaitkan dengan faktur pajak yang belum diterbitkan. Kewajiban pembayaran hutang dapat berakhir ketika kreditur memberikan kebebasan untuk tidak membayar tagihan tersebut. Adapun cara pelunasan liabilitas jangka pendek sebagai berikut:

  1. Pembayaran kas
  2. Penyerahan aktiva sejenis
  3. Pergantian hutang dengan hutang lain
  4. Pemberian jasa
  5. Konversi hutang menjadi saham perusahaan

Baca Juga: Pengertian Kewajiban Jangka Pendek Menurut Para Ahli

Pertanyaan Tentang Hutang Jangka Pendek

Pertanyaan tentang hutang jangka pendek berkaitan ruang lingkup pemeriksaan perlu mempertimbangkan substantive test dan compliant test. Liabilitas diakui di laporan posisi keuangan ketika terdapat kemungkinan sumber daya modal keluar dari perusahaan untuk menyelesaikan kewajiban tersebut.

Contoh akun kewajiban jangka pendek terdiri dari utang usaha, pinjaman bank, kredit jangka panjang yang telah jatuh tempo, utang pajak penghasilan dan beban yang masih harus dibayar. Definisi liabilitas adalah penggunaan sumber daya pihak ketiga yang harus dikembalikan sesuai termin pembayarannya.

Pertanyaan tentang liabilitas jangka pendek dijadikan materi pengauditan terutama berkaitan dengan sistem pengendalian internal. Kecurangan yang dapat dilakukan manajemen perusahaan adalah pencatatan hutang yang lebih rendah daripada seharusnya untuk meningkatkan jumlah laba periode berjalan.

Baca Juga: Kapan Pengakuan dan Penghentian Liabilitas

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Kewajiban Jangka Pendek

Contoh soal audit pemeriksaan kewajiban jangka pendek akan dilaksanakan setelah perusahana melaporkan aktiva yang dimilikinya. Hutang berasal dari seluruh kekayaan perusahaan setelah dikurangi investasi modal pemegang saham sebagai sumber daya keuangan di perusahaan tersebut.

Penyebab terjadinya pengakuan hutang adalah adanya kemungkinan sumber daya modal keluar dari perusahaan sebagai pelunasan tagihan di masa lalu. Tujuan dan manfaat memeriksa hutang jangka pendek adalah memastikan bahwa jumlah kewajiban telah dilaporkan sebagaimana mestinya.

Contoh kasus pemeriksaan hutang jangka pendek terjadi ketika PT Rafinternet melaporkan saldo hutang sebesar Rp 42.500.000 per 31 desember 2021. Temuan audit mengindikasikan manajemen salah pengklasifikasian pembayaran beban listrik ke pembayaran hutang sebesar Rp 1.300.000. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat oleh akuntan publik?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Beban Listrik Rp 1.300.000
Utang Usaha Rp 1.300.000

Baca Juga: Contoh Perhitungan dan Rumus Economical Order Quantity

Demikian contoh soal kertas kerja pemeriksaan liabilitas jangka pendek materi praktikum pengauditan 2. Prosedur pemeriksaan hendaknya disesuaikan standar akuntan publik untuk memaksimalkan ruang lingkup agar opini audit dapat diberikan sesuai kewajaran laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Kertas Kerja Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel