Langkah-Langkah untuk Membuat Chart of Account Laporan Keuangan

Konten [Tampil]

Langkah-langkah untuk membuat chart of account laporan posisi keuangan merupakan metode pembuatan daftar nama akun akuntansi lengkap yang dipergunakan untuk melakukan pembuatan laporan laba rugi dan perubahan modal. Akun adalah informasi tentang mutasi modal investor selama perusahaan beroperasi.

Cara membuat daftar nama akun akuntansi keuangan memperbolehkan perusahaan mengkategorikan jenis-jenis aktiva, ekuitas, liabilitas bahkan kinerja keuangan. Jelaskan makna dari tiap digit kode akun tentu harus dapat dihubungkan antara akun nominal dan akun riil terhadap neraca dan laporan laba rugi komprehensif.

Bagaimana cara untuk menaikkan dan menurunkan level akun dalam myob dan accurate berperan sebagai induk akun transaksi. Dalam myob kode digit akun pertama menunjukkan jenis aktiva, hutang, modal, pendapatan dan biaya atas seluruh penggunaan kas keluar dan penerimaan kas masuk ketika beroperasional.

Langkah-Langkah untuk Membuat Chart of Account Laporan Keuangan

Daftar Nama Kode Akun Akuntansi Lengkap

Daftar nama kode akun akuntansi lengkap akan digunakan untuk menginformasikan seluruh transaksi berkaitan dengan akun nominal dan akun riil. Pengertian akun riil adalah akun yang digunakan untuk melaporkan kekayaan perusahaan yang berasal dari hutang dan modal investor yang telah disetorkan.

Metode pembuatan chart of account bergantung kebijakan akuntansi di perusahaan. Contoh header account dan detail account pada program myob berkaitan dengan induk nama akun dan anak akun yang berisikan jenis-jenis aktiva yang telah dipublikasikan sebagai dasar pengenaan pajak tahunan perusahaan.

Daftar nama kode akun akuntansi lengkap berguna ketika akuntan dan auditor melakukan persamaan dasar akuntansi. Saldo normal akun dan sifat-sifat akun nominal serta akun riil perlu dipertimbangkan dalam menentukan jumlah kekayaan yang berasal dari liabilitas dan ekuitas investor atau pemegang kekuasaan.

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Tujuan dan Manfaat Penggunaan Kode Akun

Tujuan dan manfaat penggunaan kode akun adalah dapat dipertimbangkan untuk mengklasifikasi seluruh transaksi entitas. Kode akun transaksi keuangan bersifat unik sehingga tidak dapat disalahgunakan terutama ketika mencatat seluruh informasi kinerja keuangan terhadap kegiatan operasionalnya.

Manfaat dari klasifikasikan kode akun adalah memudahkan dalam melaksanakan posting ke buku besar. Buku besar adalah daftar rincian penambahan dan pengurangan dari sebuah akun yang digunakan. Chart of account adalah seluruh akun yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan.

Contoh chart of account perusahaan manufaktur, jasa dan dagang hanya dibedakan berdasarkan aktivitas operasional yang dilakukan. Aturan pendebitan dan pengkreditan akun transaksi keuangan memiliki saldo normal, saldo bertambah dan saldo berkurang sebagai berikut ini.

AkunBertambahBerkurang
AktivaDebitKredit
LiabilitasKreditDebit
EkuitasKreditDebit
RevenueKreditDebit
ExpanceDebitKredit

Baca Juga: Contoh Kasus Pembentukan Persekutuan dan Jawabannya

Cara Membuat Kode Nama Akun Akuntansi Keuangan

Cara membuat kode nama akun akuntansi keuangan harus dapat digunakan untuk klasifikasi dan penggolongan sebuah akun transaksi keuangan. Dalam myob kode akun digit pertama menunjukkan jenis akun sesuai dengan persamaan dasar akuntansi dalam sistem pembukuan berganda.

Langkah-langkah untuk membuat chart of account laporan keuangan diawali dengan menentukan akun nominal atau akun riil. kelompok akun yang tidak dapat digunakan untuk mencatat transaksi keuangan adalah header account. Detail account adalah rincian akun dan fungsinya dalam mencatat transaksi keuangan.

Jelaskan makna dari tiap digit kode akun berkaitan dengan informasi akun aktiva, liabilitas dan total kekayaan yang telah diinvestasikan. Contoh kasus dan cara menentukan kode akun terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki perlengkapan kantor. Berapakah kode akun perlengkapan kantor tersebut?

Pertama, untuk menentukan kode akun dapat mencari induk akun yaitu aktiva. Aktiva terbagi menjadi aktiva lancar dan aktiva tetap. Selain itu, dimasing-masing aktiva memiliki beberapa jenis aktiva lainnya sehingga kode yang paling cocok untuk perlengkapan adalah 105.

Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Menghitung Bunga Deposito Berjangka

Demikian langkah-langkah untuk membuat chart of account laporan posisi keuangan akuntansi keuangan lanjutan. Kode akun aktiva, hutang, pendapatan dan beban harus memiliki keunikan yang dapat membedakan dengan jenis akun lainnya.


0 Response to "Langkah-Langkah untuk Membuat Chart of Account Laporan Keuangan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel