Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang tidak bergerak seperti aktiva tetap akan dilaksanakan sesuai standar akuntansi keuangan nomor 23. Perlakukan akuntansi penjualan kredit dilaksanakan dengan mengakui laba rugi secara proporsional dan laba rugi secara langsung ketika terjadi pengiriman pesanan.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan 1 penjualan angsuran disebut penjualan kredit. Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari adalah pembelian kendaraan bermotor secara kredit. Pembeli akan menerima kendaraan walaupun belum membayarnya secara tunai tetapi dicicil beberapa periode berjalan.

Kapan pendapatan diakui ketika terdapat tambahan manfaat ekonomis ditahun berjalan. Pendapatan kontrak kontruksi akan dikenakan pph pasal 4 ayat 2. Tindakan apakah yang dilakukan penjual ketika pembeli tidak dapat melunasi tagihan yang telah jatuh tempo adalah menarik kembali barang dagangnya.

Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Konsep dan Pengertian Penjualan Angsuran

Konsep penjualan angsuran berasal dari adanya permintaan perubahan termin pembayaran dari pembeli. Pembeli mengajuan kredit atas pesanan yang akan dikirimkan. Manajer kredit bertugas mengevaluasi kemampuan membayar tagihan secara tepat waktu dan memutuskan kelayakan pemberian fasilitas kredit.

Pengertian penjualan angsuran menurut para ahli adalah bentuk transaksi penjualan dimana pembeli diberikan fasilitas penerimaan barang terlebih dahulu sebelum diterimanya kas dan setara kas. Penjualan angsuran disebut penjualan kredit atau penjualan cicilan karena salah satu metode pembayaran transaksi.

Bagaimana perlakukan transaksi penjualan kredit ketika pembeli tidak mampu melunasi pokok pinjaman yang telah diangsur yaitu dilakukan retur barang tersisa. Retur penjualan adalah proses pengurangan tagihan pembeli karena adanya transaksi yang tidak sesuai dengan kesepakatan yang ditentukan.

Baca Juga: Bedanya Capital Expenditure dan Revenue Expenditure

Contoh Soal Penjualan Angsuran Aktiva Tetap dan Pembahasannya

Contoh soal penjualan angsuran aktiva tetap dan pembahasannya menjadi bagian materi akuntansi keuangan lanjutan. Barang angsuran tetap menjadi hak milik penjual sampai pembeli dapat melunasi tagihan sampai jatuh temponya. Pengakuan laba rugi didasarkan pada kebijakan akuntansi yang berlaku.

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang tidak bergerak dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam penerapan sistem pengendalian internal penjualan kredit. Masalah penjualan kredit adalah pencatatan dan pengakuan laba rugi pada saat penerimaan perjanjian kerjasamanya.

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari terjadi pada PT Rafinternet yang menyetujui penjualan kredit senilai Rp 78.000.000 untuk penyerahan tanah dengan HPP sebesar Rp 46.000.000. Penjualan angsuran dapat dilakukan selama 4 tahun dan pembayarannya per semester. Bagaimana jurnal penjualan yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Perhitungan PPh Pasal 21 Pegawai Tetap dan Input SPT Masa

Jurnal Pencatatan Transaksi Penjualan Angsuran

Jurnal pencatatan transaksi penjualan angsuran terdiri dari pengakuan piutang, pembayaran tagihan per periode dan pengakuan laba rugi penjualan. Pengakuan laba rugi penjualan angsuran terdiri dari laba diakui secara proporsional atau diakui secara langsung pada awal periode sebagai akibat kerjasama tersebut.

Contoh perhitungan bunga penjualan angsuran ditentukan berdasarkan anuitas atau persentase dari piutang yang belum terbayarkan. Metode suku bunga menjadi pilihan pemberian bunga terbaik karena bergantung pada jangka waktu yang diinginkan pelanggan. Jurnal penjualan angsuran yang harus dicatat adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/08/2021Piutang Usaha Rp 78.000.000
Tanah Rp 46.000.000
Laba Penjualan Rp 32.000.000
(Jurnal Penjualan Kredit)

Penjualan angsuran aktiva tetap dengan menggunakan metode laba diakui pada saat penjualan angsuran dilakukan dapat dipergunakan walaupun akan terjadi kerugian ketika pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan hingga jatuh tempo. Adapun jurnal pembayaran piutang pertama yang dilakukan adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
29/09/2021Kas Rp 10.725.000
Piutang Usaha Rp 9.750.000
Pendapatan Bunga Rp 975.000
(Penerimaan Pelunasan Pertama)

Baca Juga: Cara Menghitung Tanggal Jatuh Wesel Tagih dan Bayar

Demikian contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang tidak bergerak seperti aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud. Biaya penyusutan dan kapitalisasi harus diselenggarakan sebagai tambahan catatan atas laporan posisi keuangan sesuai standar akuntansi keuangan nomor 23.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel