Contoh Soal Piutang Dagang Akuntansi Pengantar 2

Konten [Tampil]

Contoh soal piutang dagang akuntansi pengantar 2 dan akuntansi keuangan menengah diperlukan agar perusahaan memperoleh hak atas liabilitas yang dimiliki pelanggan. Perbedaan kreditur dan debitur harus diketahui agar dapat menentukan wesel tagih dan wesel bayar yang dimiliki oleh perusahaan diakhir periode.

Contoh soal analisis umur piutang untuk menentukan penyisihan piutang tak tertagih dapat menggunakan metode cadangan kerugian piutang. Piutang tak tertagih dalam neraca diakui sebagai pengurang piutang usaha atau penambah cadangan kerugian piutang ketika melaksanakan rekonsiliasi penurunan nilai piutang.

Akuntansi piutang usaha dan piutang dagang berisikan materi tentang pengakuan piutang, penilaian piutang dan pelepasan piutang. Piutang dapat dilunasi dengan menyerahkan aktiva lain, menukarkan dengan liabilitas sejenisnya bahkan digunakan sebagai tambahan modal perusahaan lainnya.

Contoh Soal Piutang Dagang Akuntansi Pengantar 2


Pertanyaan Tentang Piutang Usaha dan Piutang Dagang

Pertanyaan tentang piutang usaha dan piutang dagang berasal dari kebijakan pemberian penjualan kredit ke beberapa pelanggan. Keuntungan perusahaan mengeluarkan penjualan kredit adalah meningkatkan omzet tahun berjalan dan membuktikan bahwa perusahaan dapat melangsungkan kehidupannya di masa depan.

Pertanyaan tentang penghapusan piutang perusahaan dagang dapat terjadi ketika entitas melaksanakan perjanjian kredit di perusahaan tersebut. Piutang yang tidak dapat dibayarkan oleh pelanggan harus dibuktikan dengan adanya putusan pengadilan yang menyatakan bahwa perusahaan telah bangkrut.

Alasan penghapusan piutang adalah perusahaan tidak dapat melakukan komunikasi dengan lawan transaksi untuk melakukan penagihan piutang tersebut. Penurunan nilai piutang dapat terjadi ketika entitas menerapkan kebijakan cadangan kerugian piutang diakhir periode akuntansi.

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal atas Piutang Usaha dan Dagang

Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Metode penghapusan piutang tak tertagih terdiri dari penghapusan langsung dan penghapusan melalui cadangan kerugian piutang. Bagi staf pajak, cadangan kerugian piutang tidak dapat dijadikan biaya pengurang penghasilan kena pajak tahunan kecuali untuk beberapa industri seperti perbankan dan asuransi.

Piutang usaha menurut para ahli adalah kekayaan perusahaan yang berasal dari penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak dimana pembayarannya akan diterima perusahaan di kemudian hari. Penjualan kredit harus dilakukan otorisasi agar tidak terjadi kegagalan mengembalikan hutang perusahaan.

Kekurangan metode penghapusan langsung adalah akan menyebabkan berkurangnya manfaat perbandingan antara pendapatan dan biaya ditahun berjalan. Biaya kerugian piutang akan langsung dikreditkan dari rekening piutang usaha sehingga berdampak pada berkurangnya kekayaan perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang

Contoh Soal dan Jurnal Piutang Tak Tertagih

Contoh soal piutang tak tertagih akuntansi pengantar 2 terjadi karena perusahaan tidak memiliki sistem pengendalian internal atas penjualan tunai dan penjualan kredit. Penjualan kredit berdampak pada penambahan omzet perusahaan tetapi jika tidak terjadi pelunasan maka berdampak pada kerugian perusahaan.

Contoh soal piutang usaha akuntansi pengantar 2 terjadi pada PT Rafinternet yang memperoleh penjualan kredit sebesar Rp 8.650.000. Dari penjualan kredit, perusahaan hanya dapat melakukan penagihan sebesar 60% dan yang lainnya akan dilakukan penghapusan piutang langsung.

Alasan perusahaan menghapus piutang adalah adanya kemungkinan tidak dapat ditagihnya hutang tersebut dimasa mendatang. Perusahaan harus mendapatkan bukti bahwa terjadi piutang tak tertagih seperti keputusan bangkrut dari pengadilan. Adapun jurnal piutang tak tertagihnya adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2021Beban Kerugian Piutang Rp 3.460.000
Piutang Dagang Rp 3.460.000

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Demikian contoh soal piutang dagang akuntansi pengantar 2 agar dapat melaksanakan pembuatan tabel analisis umur piutang maka sebaiknya perusahaan dapat menentukan tanggal cut-off periode akuntansinya. 

0 Response to "Contoh Soal Piutang Dagang Akuntansi Pengantar 2"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel