Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas dilakukan agar perusahaan dapat mencapai tujuan dan prosedur pemerikaan akun kas. Kapan kas dan setara kas diakui ketika perusahaan memperoleh kepastian tentang dana keluar dan masuk serta bagaimana perusahaan menerapkan kebijakan akuntansi kas.

Contoh soal pemerikaan kas dan setara kas diwajibkan terutama ketika akuntan publik mendapatkan keraguan tentang jumlah kas yang diperolehnya. Apa yang dimaksud setara kas? komponen laporan keuangan yang tidak digunakan sebagai jaminan perusahaan dan dapat dicairkan dengan mudah.

Bagaimana penyajian kas dan setara kas di neraca tentu laporan posisi keuangan diurutkan berdasarkan akun likuid. Akun likuid artinya pos laporan keuangan yang dapat digunakan dengan segera setelah perusahaan melakukan pencairkan dana di bank. Contoh setara kas adalah deposito dan giro bank.

Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas


Tujuan dan Prosedur Audit Kas dan Setara Kas

Tujuan dan prosedur audit kas dan setara kas dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kecurangan yang dilakukan pihak karyawan perusahaan. Kas berfungsi untuk melaksanakan penerimaan dan pembayaran kas atas tagihan yang diterbitkan oleh supplier dan pelanggan perusahaan berkaitan aktivitas operasional.

Tujuan pemeriksaan kas dan setara kas adalah memastikan kas dan setara kas telah ada diperusahaan serta alokasi sesuai periode yang ditentukan perusahaan. Pengertian kas menurut para ahli adalah kekayaan perusahaan yang bersifat likuid yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban perusahaan.

Prosedur pemerikaan kas dan setara kas adalah diawali dengan memeriksa sistem pengendalian internal perusahaan untuk menentukan ruang lingkup pemeriksaan. Pemisahan tugas antara pihak penerima kas, pengiriman barang dan penyerahan barang serta penggunaan brankas sebagai tempat penyimpanan.

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Soal dan Jawaban Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Soal dan jawaban pemeriksaan kas dan setara kas berguna untuk memeriksa sistem pengendalian internal perusahaan. Untuk proses pemerikaan rekening giro, pihak akuntan perusahaan dapat menggunakan proses rekonsiliasi bank agar dapat sesuai dengan prosedur akuntasi diperusahaan.

Kas terdiri dari kas kecil dan rekening giro perusahaan. Kas kecil berfungsi untuk membayarkan tagihan perusahaan yang memiliki nominal kecil. Jumlah dana kas kecil disesuaikan dengan kebutuhan pembayaran perusahaan dan alangkah baiknya menggunakan sistem dana imprest.

Soal dan jawaban audit pemeriksaan kas dan setara kas dilaksanakan setiap periodenya agar dapat memastikan jumlah kas yang diterima perusahaan. Saldo kas yang tercantum dalam laporan posisi keuangan harus dapat dibandingkan dengan periode terjadinya transaksi tersebut.

Baca Juga: Penyajian Kas dalam Laporan Posisi Keuangan

Contoh Kasus Pemeriksaan Kas Kecil

Contoh kasus pemeriksaan kas kecil dan jawabannya dilakukan perusahaan untuk mengalokasikan seluruh sumber daya modal untuk kegiatan operasionalnya. Substantive test dilaksanakan dalam rangka memastikan saldo yang ada dilaporan keuangan sesuai dengan jumlah yang sebenarnya ada di perusahaan.

Praktikum audit kas dan setara kas terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan jumlah kas kecil sebesar Rp 10.500.000. Pemeriksaan yang dilakukan akuntan publik menunjukkan perusahaan memiliki jumlah uang kartal yang tersimpan dalam brankas sebagai berikut:

Nominal Jumlah Total
Rp    100 62 Rp 6.200
Rp    200 75 Rp 15.000
Rp    500 94 Rp 47.000
Rp    1.000 59 Rp 59.000
Rp    2.000 80 Rp 160.000
Rp    5.000 94 Rp 470.000
Rp    10.000 91 Rp 910.000
Rp    20.000 63 Rp 1.260.000
Rp    50.000 11 Rp 550.000
Rp    100.000 61 Rp 6.100.000
Rp 9.577.200

Prosedur audit pemeriksaan yang dilakukan untuk akun kas dan setara kas dapat menggunakan sistem pengendalian internal. Ruang lingkup pemeriksaan bergantung pada temuan audit. Kertas kerja pemeriksaan menunjukkan terjadi selisih sebesar Rp 10.500.000 - Rp 9.577.200 = Rp 922.800.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Biaya Macam-Macam Rp 922.800
Kas Kecil Rp 922.800

Baca Juga: Jenis-Jenis Pemeriksaan Audit

Demikian contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas semoga dapat membantu membuat kertas kerja pemerikaan akuntan publik. Mengelola dana kas kecil harus mempertanggungjawaban transaksi yang telah terjadi sebagai dasar pengisian kembali kas kecil yang diminta kepada manajer perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel