Contoh Soal Praktikum Audit Piutang Usaha dan Dagang

Konten [Tampil]

Contoh soal praktikum audit piutang usaha dan dagang akan melibatkan sistem pengendalian internal penjualan, persediaan barang dagang dan penerimaan kas. Audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya berguna bagi entitas dalam rangka meningkatkan keandalan pelaporan keuangan akhir periode.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya harus memenuhi lima komponen pengendalian internal. Komponen internal control yang baik adalah lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, aktivitas pengendalian, pemantauan, informasi dan komunikasi antara divisi.

Audit pemeriksaan piutang usaha dan piutang lainnya harus menerapkan standar akuntansi keuangan. Kebijakan manajemen dapat disesuaikan dengan aturan perpajakan guna memastikan adanya penanggulangan risiko dalam mencapai tujuan perusahaan yang ditentukan oleh dewan komisarisnya.

Contoh Soal Praktikum Audit Piutang Usaha dan Dagang


Sistem Pengendalian Internal Piutang Dagang dan Usaha

Sistem pengendalian internal piutang dagang dan piutang usaha berkaitan dengan langkah pencegahan terjadinya manipulasi data keuangan yang dilakukan oleh pegawai. Pengendalian internal menurut para ahli adalah proses yang dirancang dan dipelihara guna menyediakan keyakinan atas keandalan informasi keuangan.

Sistem pengendalian internal piutang usaha dan piutang lainnya berguna sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan. Lingkungan pengendalian berperan sebagai dasar penerapan disiplin seluruh komponen internal control. Pemeriksaan piutang usaha menjadi bagian dari aktiva lancar yang harus dilaporkan perusahaan.

Contoh internal control atas piutang usaha dan piutang dagang berkaitan dengan asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen adalah kebijakan perusahaan dalam rangka mencatat transaksi keuangan. Transaksi adalah seluruh aktivitas perusahaan yang mempengaruhi kondisi keuangan pada akhir periode.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Rugi Persekutuan

Temuan Audit pada Program Pemeriksaan Piutang Usaha

Temuan audit pada program pemeriksaan piutang usaha berguna sebagai dasar melaporkan seluruh tagihan yang belum dibayarkan oleh pelanggan. Piutang berasal dari penjualan kredit yang telah diotorisasi pejabat berwenang sehingga auditor harus dapat informasi tentang catatan akuntansi dan pengolahan data tersebut.

Contoh kasus temuan audit pada pemeriksaan piutang usaha seperti penerapan sistem pengendalian internal yang tidak dapat mencegah kecurangan karyawan. Risiko audit adalah ketidakmampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan dalam pemberian opini audit laporan keuangan.

Program audit pemeriksaan piutang usaha dapat menyesuaikan ruang lingkup pemeriksaan. Apabila sistem pengendalian internal kurang baik maka akuntan publik dapat langsung menggunakan substantif test guna melihat kewajaran pos-pos laporan keuangan dan catatan atas kinerja keuangan perusahaan.

Baca Juga: Bedanya Nilai Buku, Nilai Residu dan Nilai Wajar

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Piutang Dagang

Contoh kertas kerja pemeriksaan piutang dagang dan piutang lainnya akan menghasilkan top schedule dan supporting schedule. Kasus audit piutang akan menjadikan penjualan kredit, pengiriman barang dan penagihan mengalami pemeriksaan agar menyakinkan data hutang pelanggan yang telah terjadi.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan piutang usaha dan piutang lainnya berlaku bagi seluruh penjualan kredit yang telah diotorisasi. Praktikum audit piutang harus dilaksakan karena menjadi aktiva tetap yang memiliki sifat likuid yang artinya dapat dicairkan tanpa mengurangi nilainya.

Contoh kertas kerja pemeriksaan piutang usaha dan piutang lainnya terjadi pada PT Rafinternet yang melaporkan piutangnya sebesar Rp 523.647.000. Temuan audit atas program pemeriksaan piutang yang dilakukan menghasilkan informasi bahwa sebanyak Rp 134.000.000 sudah dilakukan pembayaran. Bagaimana jurnal penyesuaian transaksi tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Kas Rp 12.300.000
Piutang Usaha Rp 12.300.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka

Demikian contoh soal praktirkum audit piutang usaha dan piutang dagang semoga dapat membantu membuat kertas kerja pemeriksaan dan program audit sehingga akuntan publik dapat temuan audit yang berguna untuk membantu memberikan solusi atas sistem pengendalian internal perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Praktikum Audit Piutang Usaha dan Dagang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel