Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka

Konten [Tampil]

Jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka adalah pencatatan yang dilakukan oleh perusahaan dimana telah melakukan pembayaran tetapi penyerahan barang dilakukan kemudian hari. Biaya dibayar dimuka dalam neraca disebut expance yang akan mengurangi jumlah pendapatan periode tersebut.

Jurnal beban dibayar dimuka terdiri dari pajak dibayar dimuka dan asuransi dibayar dimuka. Biaya adalah seluruh kas yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka memperoleh pendapatan tahun berjalan. Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dapat dilakukan agar proses pembuatan laporan keuangan dapat dilakukan.

Soal jurnal penyesuaian perusahaan dagang dan jasa beserta jawabannya menjadi pedoman dalam memenuhi prinsip perbandingan biaya dan manfaat. Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo diperbolehkan karena akan menyamakan pendapatan sesuai periode terjadinya.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka


Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo harus mempersiapkan nota memo atau pengingat adanya transaksi. Transaksi adalah kejadian perusahaan yang mempengaruhi penerimaan kas dan pengeluaran kas. Pendapatan adalah kenaikan manfaat ekonomis yang berasal dari transaksi penyerahan barang dan jasa kena pajak.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo sebaiknya telah mengetahui jumlah bulan dan hari dalam satu periode. Beban dibayar dimuka adalah biaya yang telah dibayar perusahaan tetapi belum digunakan karena berkaitan dengan waktu penggunaannya di beberapa periode masa depan.

Cara buat jurnal penyesuaian dari neraca saldo harus menggunakan akun kontra. Akun kontra adalah rekening pos laporan keuangan yang memiliki sifat akun berkebalikan dari sifat akun normal. Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan jumlah harta perusahaan berdasarkan komposisi hutang dan ekuitasnya.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2 dan 4 Kolom

Jurnal Penyesuaian Asuransi Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka dan jawabannya menjadi bentuk transaksi perusahaan dimasa depan. Penyusutan adalah tindakan perusahaan mengalokasikan biaya perolehan aktiva tetap ke beberapa periode masa depan untuk menjalankan kegiatan operasionalnya.

Jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka dapat digunakan untuk mengalokasikan beban ke beberapa periode akuntansi. Akun beban dibayar dimuka termasuk akun aktiva dimana perusahaan akan mengakuinya sebagai harta perusahaan. Entitas dapat membebankannya ke beberapa periode akuntansi selanjutnya.

Soal jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka dan pembahasannya telah terjadi pada PT Kakraffi telah membayar gaji karyawan bulan januari dan februari sebesar Rp 53.000.000. Bagaimana cara menyusun penyesuaian berdasarkan transaksi biaya yang dibayarkan dimuka tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Pembelian Saham Anak Perusahaan

Cara Menghitung Penyesuaian Asuransi Dibayar Dimuka

Cara menghitung penyesuaian asuransi dibayar dimuka dapat menggunakan perbandingan periode yang dilaluinya. Masa mendatang akan dianggap sebagai harta perusahaan dan masa yang telah dilalui dianggap sebagai biaya. Beban sewa dan beban asuransi dibayar dimuka harus diakui pada periode yang sama.

Contoh perhitungan penyesuaian asuransi dibayar dimuka harus mempertimbangkan persetujuan manajer dalam pembayaran biaya tersebut. Soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan jawabannya meliputi seluruh pembayaran yang telah dilakukan tetapi belum dirasakan manfaatnya.

Cara menghitung penyesuaian asuransi dibayar dimuka terjadi dengan mengurangi kekayaan yang belum digunakan perusahaan. Maka, apabila total pembayarannya selama 2 bulan adalah Rp 53.000.000 menyebabkan beban asuransi tahun berjalan adalah Rp 26.500.000.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/21Beban AsuransiRp 26.500.000
   Asuransi Dibayar DimukaRp 26.500.000

Baca Juga: Contoh Soal Penggabungan Usaha dengan Penyatuan Kepentingan

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka semoga perusahaan dapat melaporkan pendapatan dan biaya dengan menerapkan prinsip penandingan. Prinsip akuntansi berterima umum digunakan sebagai dasar penyusunan laporan posisi keuangan dan kinerja keuangan. 

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel