Cara Menghitung dan Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Konten [Tampil]

Cara menghitung dan contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap dapat dipergunakan agar proses alokasi biaya perolehan sesuai ketentuan akuntansi. Suatu aktiva tetap dapat diberhentikan pemakaiannya apabila telah mencapai batas penggunaan dan terdapat bukti tukar menukar dan jualbeli aktiva tetap.

Contoh soal penghentian pemakaian aset tetap dan pembahasannya tidak akan dikenakan pajak penghasilan. Proses revaluasi aktiva tetap akan dibebankan pajak penghasilkan karena adanya unsur penambahan manfaat ekonomis yang didapatkan perusahaan pada tahun fiskal tersebut.

Contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap dan jawabannya dapat dilakukan melalui penjualan dan berakhirnya masa manfaat. Masa manfaat adalah periode yang diperkirakan perusahaan untuk mempergunakan aktiva tetap. Aktiva tetap yang masih dapat digunakan setelah masa manfaat berakhir, tidak diperlukan pembuatan jurnal depresiasi.

Cara Menghitung dan Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap


Cara Menghentikan Pemakaian Aktiva Tetap

Cara menghentikan pemakaian aktiva tetap merupakan tindakan perusahaan dalam rangka mengalokasikan biaya perolehan sampai batas akhir periode penggunaannya. Yang dimaksud penghentian aktiva tetap yang benar adalah proses sistematis pelepasan harta perusahaan setelah proses depresiasinya selesai.

Cara menghentikan pemakaian aset tetap harus mempertimbangkan biaya perolehan dan masa manfaatnya. Suatu aktiva tetap dapat diberhentikan pemakaiannya apabila harta perusahaan sudah tidak dapat dipergunakan dalam rangka meningkatkan manfaat ekonomis aset tersebut pada laporan kinerja keuangan.

Pelepasan aktiva tetap dapat dilakukan melalui penjualan aset tetap dan penghentian pemakaian aktiva tetap. Yang tidak termasuk harga perolehan aktiva tetap adalah biaya yang tidak berkaitan dengan upaya perusahaan mempersiapkan harta entitas sebagai sarana melakukan kegiatan produksi barang jadi.

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank dan Pembahasannya

Contoh Soal dan Jawaban Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Contoh soal dan jawaban penghentian pemakaian aktiva tetap berlangsung ketika perusahaan melakukan estimasi tentang masa manfaat dan biaya perolehan yang didapatkan. Suatu aktiva tetap akan dihentikan pemakaiannya ketika adanya proses pelepasan harta perusahaan kepada pihak ketiga.

Contoh soal dan pembahasan penghentian pemakaian aset tetap dapat dilakukan sebagai sarana perusahaan mengalokasikan biaya perolehan sampai akhir periode. Mengapa harga perolehan berpengaruh kepada proses penghentian penggunaan aktiva tetap karena terdapatnya masa manfaatnya.

Contoh soal dan cara menghitung penghentian pemakaian aktiva tetap terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki mesin dengan harga Rp 42.000.000. Apabila mesin sudah digunakan selama 8 tahun dan akan dihentikan pemakaiannya. Bagaimana jurnal pencatatan akuntansi yang dibuat?

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang

Pencatatan Jurnal untuk Penghentian Aktiva Tetap

Pencatatan jurnal untuk penghentian aktiva tetap berlaku setelah proses perhitungan nilai buku harta perusahaan didapatkan. Tujuan penghentian aktiva tetap adalah meniadakan harta perusahaan pada laporan posisi keuangan karena telah dipergunakannya aset tetap sampai masa manfaat berakhir.

Pencatatan jurnal untuk penghentian aset tetap akan menghasilkan keuntungan dan kerugian ketika terjadi selisih dengan nilai buku. Pelepasan aktiva tetap harus mempertimbangkan akumulasi depresiasi aset tetap sampai periode dimana perusahaan mampu menggantikan harta tersebut.

Jurnal penghentian pemakaian aktiva tetap harus dicatat dan dilaporkan pada saat pembuatan laporan keuangan konsolidasi. Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan posisi keuangan antara induk dan anak perusahaan yang digunakan untuk pelaporan pajak penghasilan dan pertambahan nilai.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/12/2021Akumulasi Depresiasi Rp 42.000.000
Beban Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap Rp -
Komputer Rp 42.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Wesel Tidak Diterbitkan Pada Nilai Nominal

Demikian cara menghitung dan contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap semoga perusahaan dapat mengalokasikan biaya perolehan sampai periode dimana masa manfaat didapatkan oleh perusahaan tersebut.

0 Response to "Cara Menghitung dan Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel