Contoh Soal Laba Rugi Penjualan Aktiva Tetap dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal laba rugi penjualan aktiva tetap dan jawabannya berdampak pada laporan kinerja keuangan yang dilaporkan untuk kepentingan pembayaran pajak penghasilan badan. Penjualan aktiva tetap menurut pajak dapat menghasilkan keuntungan atau kerugian yang harus dipotongkan pajak penghasilannya.

Contoh soal dan cara menghitung penjualan aset tetap harus dibuatkan makalah tentang tata cara pelepasan aktiva tetap. Laporan posisi keuangan berisikan informasi jenis dan harga aktiva tetap perusahaan. Jurnal penjualan aktiva tetap nilai buku nol terjadi karena adanya proses depresiasi setiap periodenya.

Cara menghitung laba rugi pertukaran aktiva tetap bergantung pada biaya perolehan dan masa manfaatnya. Pelepasan aset tetap melalui penjualan akan menghasilkan selisih antara nilai buku dengan nilai tukar barang tersebut. Harga jual aktiva dan akumulasi depresiasi dapat dibandingkan untuk menentukan laba ruginya.

Contoh Soal Laba Rugi Penjualan Aktiva Tetap dan Jawabannya


Pengertian Penjualan Aktiva Tetap Menurut Pajak

Pengertian penjualan aktiva tetap menurut pajak adalah tindakan memperjualbelikan harta perusahaan yang digunakan untuk kegiatan produksi dalam rangka meningkatkan kualitas barang jadi atau menambahkan kuantitas barang yang telah diproduksinya dimasa mendatang.

Pengertian penjualan aset tetap menurut pajak adalah pembayaran pajak penghasilan badan karena adanya pertambahan nilai atas manfaat ekonomis yang didapatkan perusahaan. Keuntungan penjualan aktiva tetap menjadi penambah penghasilan kena pajak dan dapat dikurangi dengan deductible expance.

Penjualan aktiva tetap menurut pajak diperbolehkan karena meningkatkan penghasilan tahun fiskal. Soal dan jawaban pertukaran aset tetap terjadi melalui proses penjualan atau dicapainya masa manfaat sampai akhir periode. Jurnal dan makalah jualbeli aset tetap harus berisikan ketentuan umum perpajakan yang berlaku.

Baca Juga: Contoh Soal Keluarnya Anggota Sekutu Karena Meninggal Dunia

Soal dan Jawaban Laba Rugi Penjualan Aset Tetap dan Jawabannya

Soal dan jawaban laba rugi penjualan aset tetap dan jawabannya akan menghasilkan selisih antara nilai buku. Cara menghitung nilai buku adalah biaya perolehan dikurangi akumulasi penyusutan atas penggunaan aktiva tetap sampai periode dimana jualbeli aset perusahaan berlangsung.

Contoh soal dan jawaban laba rugi penjualan aktiva tetap akan dilaporkan pada laporan kinerja keuangan. Laporan laba rugi komprehensif berisikan informasi pendapatan dan biaya yang digunakan untuk memperoleh penghasilan pada periode yang sama dengan menerapkan prinsip matching cost againt revenue.

Soal dan jawaban pertukaran aktiva tetap terjadi pada PT Rafinternet yang membeli kendaraan seharga Rp 14.200.000 dengan masa manfaat 4 tahun. Pada tahun ketiga, PT Rafinternet memutuskan menjual kendaraan dengan harga Rp 8.000.000. Bagaimana cara menghitung laba rugi penjualan aset tetap?

Baca Juga: Contoh Soal Penetapan Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktiatif

Cara Menghitung Laba Rugi Penjualan Aktiva Tetap dan Pembahasan

Cara menghitung laba rugi penjualan aktiva tetap dimulai dengan menentukan nilai buku dan dilanjutkan membandingkan nilai buku dengan harga jual aktiva tersebut. Adapun langkah menghitung laba rugi pertukaran aset tetap perusahaan dilakukan sebagai berikut:

Cara Menentukan Nilai Buku Aktiva Tetap

Cara menghitung nilai buku aktiva tetap dilakukan dengan menggunakan biaya perolehan dan masa manfaat sesuai ketentuan umum perpajakan. Kategori pertama pajak akan menghasilkan umur manfaat selama 4 tahun. 

Maka, Perhitungan nilai buku aktiva tetap dilakukan sebagai berikut.

Biaya Perolehan Rp 14.200.000
Masa Manfaat4
Akumulasi Penyusutan Rp 7.100.000
Nilai Buku Rp 7.100.000

Cara Menentukan Laba Rugi Jual Beli Aktiva Tetap

Cara menghitung laba rugi penjualan aset tetap dan jawabannya akan membandingkan nilai buku dan harga jual aktiva tetap yang disepakati. Adapun perhitungannya sebagai berikut ini.

Nilai Buku Rp 7.100.000
Harga Jual Aktiva Rp 8.000.000
Laba Penjualan Aktiva Rp 900.000

Jurnal Penyesuaian Penjualan Aset Tetap

Jurnal penyesuaian penjualan aset tetap akan dicatat setelah perusahaan menyerahkan aktiva tetap kepada pelanggan walaupun belum menerima uang tunai karena menggunakan dasar akrual. Adapun pencatatan yang harus dibuat perusahaan adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/4/21Akumulasi Penyusutan Rp 7.100.000
Piutang Rp 8.000.000
Aktiva Tetap Rp 14.200.000
Laba Penjualan Rp 900.000

Baca Juga: Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aktiva Tetap

Demikian contoh soal laba rugi penjualan aktiva tetap dan jawabannya semoga dapat membantu pencatatan perusahaan dan proses pembayaran pajak pertambahan nilai atas penambahan keuntungan yang didapatkan perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Laba Rugi Penjualan Aktiva Tetap dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel