Contoh Soal dan Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara membuat tabel analisis umur piutang berkaitan dengan metode cadangan dan metode penghapusan langsung untuk mempengaruhi saldo piutang usaha. Pendiskontoan piutang wesel akan terjadi ketika perusahaan menginginkan memperoleh uang lebih cepat dari tanggal berakhirnya surat wesel.

Contoh soal piutang tak tertagih dan jawabannya akan diakui pada saat penjualan kredit. Cara menghitung saldo piutang usaha dan piutang dagang dipergunakan untuk menentukan tagihan yang belum dilunasi pelanggan karena terjadi penjualan kredit. Tabel analisis umur piutang berisi informasi tentang selisih tanggal faktur dan cut off periode.

Cara menghitung saldo piutang usaha dilakukan berdasarkan ketentuan standar akuntansi keuangan. Contoh soal analisis umur piutang tak tertagih tidak diperbolehkan sebagai pengurang pendapatan kena pajak. Biaya yang tidak dapat dikurangkan sebagai pengurang penghasilan kena pajak disebut non-deductible expance.

Contoh Soal dan Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang


Tabel Analisis Umur Piutang

Tabel analisis umur piutang tak tertagih berisi informasi tentang laporan tagihan pelanggan yang belum terbayarkan sampai akhir periode. Taksiran kerugian piutang dapat disesuaikan berdasarkan jumlah hari yang dilalui pelanggan yang belum mampu membayarkan tagihan dari penjualan kredit.

Tabel analisis umur piutang tak tertagih dipergunakan sebagai dasar menentukan persentase piutang dagang perusahaan. Jumlah piutang yang diperkirakan tidak dapat ditagih harus ditentukan manajemen berdasarkan metode persentase penjualan atau metode persentase piutang usaha pada akhir periode.

Analisis umur piutang berfungsi membuat perbandingan pendapatan dan beban periode berjalan. Contoh soal audit piutang dan penyelesaiannya akan membandingkan umur tagihan sesuai faktur penjualan yang diterbitkan dengan termin pembayaran yang diberikan penjual kepada pembeli.

Baca Juga: Kasus Perubahan Firma Menjadi Perseroan Terbatas

Cara Menghitung Saldo Piutang Usaha

Cara menghitung saldo piutang usaha didasarkan pada tagihan yang belum dilunasi pelanggan tetapi perusahaan yakin pelanggan mampu membayarnya. Piutang wesel timbul ketika terjadi penjualan kredit atau perpanjangan masa pembayaran penjualan kredit yang telah dilakukan di masa lalu.

Contoh perhitungan saldo piutang usaha diperbolehkan untuk merealisasikan aktiva dan passiva perusahaan. Piutang usaha akan dilunasi dalam bentuk penyerahan kas atau setara kas. Penyelesaian piutang dagang dapat dilakukan dengan penjualan piutang kepada pihak lainnya seperti wesel tagih atau surat promes.

Cara menghitung saldo piutang usaha dapat mempertimbangan cadangan kerugian piutang. Perusahaan dapat menaksir piutang tak tertagih dan membebankannya pada periode yang sama dengan penerimaan pendapatan. Taksiran piutang tak tertagih akan mengurangi cadangan kerugian piutang.

Baca Juga: Contoh Soal Penggabungan Usaha Metode Purchase

Contoh Soal Tabel Analisis Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh soal tabel analisis umur piutang tak tertagih dan jawabannya dapat melaporkan beban kerugian piutang dalam laporan kinerja keuangan. Dasar yang digunakan dalam menentukan jumlah piutang tak tertagih adalah sebesar penjualan kredit atau piutang dagang pada akhir periode.

Contoh soal piutang dagang dan jawabannya akan menekankan penandingan prinsip pendapatan dan beban. Bagaimana langkah memasukan saldo piutang usaha di accurate dan myob harus mendapatkan hasil yang sesuai antara jumlah tagihan perusahaan berdasarkan pelanggan yang dimilikinya.

Contoh soal piutang usaha dan jawabannya tejadi pada PT Rafinternet yang memiliki saldo cadangan kerugian piutang sebesar Rp 42.000.000. Apabila penjualan kredit periode ini sebesar Rp 645.000.000 dan dilakukan cadangaan sebesar 9%. Maka jurnal piutang tak tertagih yang dibuat perusahaan adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Rugi Piutang Rp 16.050.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 16.050.000

Baca Juga: Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank dan Pembahasannya

Demikian contoh soal dan cara membuat tabel analisis umur piutang semoga perusahaan dapat menentukan jumlah cadangan kerugian piutang berdasarkan persentase piutang usaha atau persentase penjualan kredit. Cara menghitung saldo piutang usaha di perusahaan ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel