Cara Menghitung dan Contoh Soal Depresiasi Metode Jumlah Angka Tahun

Konten [Tampil]

Cara menghitung dan contoh soal depresiasi metode jumlah angka tahun menjadi cara perusahaan untuk mengalokasikan biaya perolehan selama beberapa periode akuntansi. Pengakuan depresiasi aset tetap tidak menjadikan perusahaan mengumpulkan kas dalam rangka mengganti aset lama dengan aktiva tetap baru.

Contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun dipergunakan dalam rangka menggambarkan depresiasi yang telah terjadi pada periode sebelumnya dan tidak menggambarkan jumlah kas untuk menggantikan aktiva tetap. Metode penyusutan aktiva tetap menurut perpajakan terdiri dari saldo menurun dan garis lurus.

Soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun dipergunakan sebagai dasar pelaporan perpajakan di kantor pelayanan pajak. Depresiasi saldo menurun berganda dan garis lurus dipergunakan sebagai dasar pembuatan laporan keuangan tahunan beserta kinerja perusahaan selama masa manfaat aset tersebut.

Cara Menghitung dan Contoh Soal Depresiasi Metode Jumlah Angka Tahun


Contoh Soal dan Pembahasan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh soal dan pembahasan metode jumlah angka tahun diperlakukan sebagai dasar ada tidaknya koreksi fiskal karena terdapat perbedaan temporer. Pengertian depresiasi adalah alokasi biaya perolehan aktiva tetap selama satu periode akuntansi dalam rangka menggambarkan biaya penggunaan aset tersebut.

Soal dan pembahasan penyusutan metode jumlah angka tahun dapat digunakan untuk mempertimbangkan faktor-faktor perhitungan depresiasi diantaranya biaya perolehan, masa manfaat dan nilai residu. Metode depresiasi terdiri dari double declining method, straight line method.

Contoh soal penyusutan metode jumlah angka tahun dan pembahasannya terjadi ketika PT Rafinternet melakukan perjanjian pembelian kendaraan secara kredit sebesar Rp 83.000.000. Kendaraan akan disusutkan selama 4 tahun dengan metode jumlah angka tahun. Berapakah beban depresiasi per bulannya?

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Masa Manfaat Aktiva Tetap

Bagaimana Cara Menghitung Besarnya Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Bagaimana cara menghitung besarnya penyusutan metode jumlah angka tahun hanya perlu mencari faktor pembaginya. Faktor pembagi didapatkan dari penjumlahan angka setiap masa manfaat. Apabila terjadi perubahan masa manfaat. Maka, akuntan harus mengubah beban depresiasi tahun ini dan tahun selanjutnya.

Bagaimana cara menghitung besarnya penyusutan metode jumlah angka tahun tentunya harus mengijinkan perusahaan mengurangkan beban depresiasi dalam perhitungan pajak penghasilan. Penghasilan kena pajak didapatkan dari penjualan dikurangi beban yang boleh dijadikan pengurang pajak penghasilan.

Cara menghitung depresiasi metode jumlah angka tahun harus mengetahui kategori perpajakan yang digunakan perusahaan. Setiap metode penyusutan aktiva yang digunakan harus menghasilkan biaya perolehan yang sama. Koreksi fiskal atas depresiasi terjadi ketika adanya perbedaan masa manfaat.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Selama Proses Likuidasi Persekutuan

Jurnal Penyusutan Aset Tetap Metode Jumlah Angka Tahun

Jurnal penyusutan aset tetap metode jumlah angka tahun menjadi pencatatan yang harus dilakukan secara bulanan di perusahaan. Rumus penyusutan aktiva tetap akan menghasilan hasil akhir yang sama karena hanya terdapat perbedaan pada langkah alokasi biaya perolehan yang didapatkan perusahaan.

Jurnal penyusutan aset tetap dilakukan ketika perusahaan telah membuat tabel amortisasi biaya pembelian aktiva tetap. Apabila terjadi perubahan masa manfaat atas penggunaan aktiva tetap maka perusahaan hanya perlu mengubah beban penyusutan tahun ini dan tahun mendatang.

Cara membuat tabel penyusutan metode jumlah angka tahun hanya memerlukan faktor pembagi yang didapatkan dari hasil penjumlahan masa manfaat aktiva tetap. Maka, faktor pembagi yang diperoleh perusahaan adalah 1+2+3+4= 10. Adapun tabel amoritasi aktiva tetap sebagai berikut.

TahunBeban DepresiasiAmortisasi DepresiasiNilai Buku
0 Rp 83.000.000
1 Rp 33.200.000 Rp 33.200.000 Rp 49.800.000
2 Rp 24.900.000 Rp 58.100.000 Rp 24.900.000
3 Rp 16.600.000 Rp 74.700.000 Rp 8.300.000
4 Rp 8.300.000 Rp 83.000.000 Rp -

Jurnal depresiasi aktiva tetap metode jumlah angka tahun harus dipergunakan sebagai dasar pembuatan laporan posisi keuangan. Beban depresiasi akan diakui sebagai pengurang penghasilan dan akumulasi depresiasi diakui sebagai pos laporan posisi keuangan.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Depresiasi Rp 33.200.000
Akumulasi Depresiasi Rp 33.200.000

Baca Juga: Cara Membuat Tabel Analisis Umur Piutang Tak Tertagih

Demikian cara menghitung dan contoh soal depresiasi metode jumlah angka tahun semoga dapat membantu akuntan dapat melakukan koreksi fiksal karena metode depresiasi berbeda dengan yang diakui di perpajakan.

0 Response to "Cara Menghitung dan Contoh Soal Depresiasi Metode Jumlah Angka Tahun"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel