Cara Memasukkan Saldo Awal Customer dan Supplier pada Myob Accounting

Konten [Tampil]

Cara memasukkan saldo awal customer dan supplier pada myob accounting berperan sebagai alat bantu dalam membuat schedule pelunasan dan penerimaan pembayaran. Piutang tak tertagih dan hutang yang tidak dapat dilunasi ketika jatuh tempo menjadi indikasi bahwa perusahaan tidak dapat melangsungkan kehidupannya.

Menu yang digunakan untuk memasukkan saldo awal pemasok dan pelanggan harus diakses setelah proses input neraca saldo awal dilakukan. Cara membuat daftar pelanggan dan pemasok harus sesuai dengan jumlah hutang piutang yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan.

Pada program myob langkah-langkah pengisian saldo awal pelanggan dan pemasok harus dilakukan segera sebelum proses input penjualan dan pembelian dilakukan. Fitur untuk memasukkan nama pelanggan dan pemasok adalah customer card dan supplier card yang diakses pada modul commant centre.

Cara Memasukkan Saldo Awal Customer dan Supplier pada Myob Accounting


Langkah Membuat Daftar Nama Pelanggan dan Pemasok di Myob Accounting

Cara membuat daftar nama pelanggan dan pemasok di myob accounting berperan sebagai alat menentukan distribusi hutang piutang yang jatuh tempo. Penjualan kredit akan menghasilkan permasalahan ketika pelanggan dan pemasok tidak dapat menjalankan kewajibannya dalam memenuhi kebutuhan barang.

Langkah-langkah dalam membuat supplier card dan customer card akan menentukan tanggal jatuh tempo sehingga dapat menghindari adanya piutang tak tertagih. Pengertian piutang tak tertagih adalah kewajiban pihak ketiga yang tidak dapat dilaksakan karena terjadi kebangkrutan atau kejadian luar biasa seperti bencana alam.

Dalam myob accounting, langkah-langkah membuat supplier card dan customer card memiliki persamaan yaitu diakses melalui modul list. Daftar nama pelanggan dan pemasok dibutuhkan agar proses penjadwalan pembayaran atas pesanan yang telah diberikan dapat dilakukan sebelum tanggal jatuh temponya.

Baca Juga: Langkah Mencatat Penerimaan Kas di Myob

Menu Yang Digunakan Untuk Memasukan Saldo Awal Pemasok dan Pelanggan

Menu yang digunakan untuk memasukan saldo awal pemasok dan pelanggan adalah setup dilanjutkan dengan memilih fitur balance dan customer balance atau supplier balance. Saldo piutang dan saldo hutang yang dicatat pada neraca saldo awal harus sama dengan buku besar pembantu piutang.

Fitur untuk memasukan nama pelanggan dan supplier harus dicantumkan alamat sesuai npwp agar proses pembuatan faktur dapat dilaksanakan. Menu yang digunakan untuk memasukan saldo awal pemasok dan pelanggan harus mempertimbangkan rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas perusahaan.

Menu yang digunakan untuk memasukan saldo awal pelanggan dan pemasok akan menghasilkan nilai hutang dan piutang yang terjadi ketika adanya penjualan kredit. Penjualan kredit adalah jualbeli dimana pembayaran akan dilaksakan setelah barang diterima untuk beberapa hari kedepannya.

Baca Juga: Langkah-Langkah Rekonsiliasi Bank di Myob

Cara Memasukkan Saldo Awal Customer dan Supplier di Myob

Cara memasukkan saldo awal customer dan supplier di myob accounting akan menjadi catatan atas laporan keuangan dalam bentuk buku besar pembantu piutang dan hutang dagang. Termin pembayaran adalah batas waktu dimana pelanggan dapat membayarkan tagihan sebelum dilakukan penagihan ke lapangan.

Cara memasukan saldo awal supplier dan customer pada program myob accounting harus mempertimbangkan penerbitan faktur pajak. Faktur pajak masukan dan faktur pajak keluaran akan diberikan ketika lawan transaksi sudah menjadi pengusaha kena pajak di tahun fiskal.

Langkah-langkah memasukkan saldo awal pelanggan dan pemasok pada aplikasi myob accounting dilakukan melalui menu setup dan fitur balance. Bagi pengguna harus memastikan bahwa saldo piutang dan hutang sama dengan saldo yang dibuat sebagai dasar neraca saldo awal persekutuan.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Rugi Persekutuan

Demikian cara memasukan saldo awal customer dan supplier pada myob accounting semoga dapat membantu proses penjadwalan pembayaran atas pesanan yang telah diterima perusahaan. Buku besar pembantu piutang dan hutang akan dilaporkan sebagai dasar pembuatan catatan atas laporan posisi keuangan.


0 Response to "Cara Memasukkan Saldo Awal Customer dan Supplier pada Myob Accounting"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel