Contoh Soal Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Konten [Tampil]

Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan menjadi pertimbangan bagi sekutu untuk menyetorkan kas dan setara sebagai investasi di firma. Laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komprehensif menjadi hal yang harus diserahkan oleh akuntan sebelum perusahaan membayarkan pajak penghasilan badan.

Contoh soal dan jawaban pembentukan persekutuan menjadi upaya akuntan untuk menilai kinerja perusahaan tahun yang berlalu. Makalah persekutuan menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan yang berisikan tentang pembagian laba rugi dan pembubaran firma ketika proses likuidasi dilakukan.

Jurnal transaksi pendirian persekutuan dapat menjadi materi akuntansi pendirian firma. Pembentukan persekutuan dapat berasal dari anggota sekutu yang telah memiliki suatu usaha, anggota sekutu yang belum memiliki usaha bahkan gabungan dari masing-masing sekutu yang tidak memiliki usaha.

Contoh Soal Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan


Perbedaan Firma dan Perseroan Terbatas

Perbedaan firma dan perseroan terbatas harus diketahui oleh masing-masing sekutu sehingga dapat melaksanakan hak dan tanggungjawabannya. Persekutuan akan berakhir ketika adanya perubahan pemilik sekutu baik terjadi penambahan anggota atau keluarnya anggota laba firma.

Perbedaan persekutuan dan perseroan terbatas menjadikan keterlibatan masing-masing sekutu dalam pengelolaan dana firma untuk menghasilkan laba tahun berjalan. Pembagian laba rugi persekutuan harus ditentukan melalui rapat umum agar proses pembentukan akta pendirian segera dilakukan sekutu.

Perbedaan perseroan terbatas dan firma berkaitan dengan legalitas usaha tentunya memerlukan izin yang lebih simpel. Tanggungjawab sekutu firma tidak hanya terbatas pada dana yang telah disetorkan ke perusahaan tetapi sampai harta miliki pribadi sehingga kerugian perusahaan harus ditanggung masing-masing sekutu.

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Rugi Penjualan Aktiva Tetap

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Pembentukan Firma

Contoh soal dan jawaban akuntansi pembentukan firma berkaitan dengan setoran modal awal yang diberikan oleh sekutu baik dalam bentuk kas atau aktiva non kas. Laporan keuangan firma menjadi bentuk pertanggungjawaban akuntan atas pembiayaan dan perolehan pendapatan perusahaan.

Contoh soal akuntansi pembentukan firma menjadi makalah akuntansi keuangan lanjutan yang berisikan tentang bagaimana cara mengalokasikan laba rugi tahun berjalan. Ketentuan tentang pengambilan modal sekutu menjadi pasal yang harus diterangkan dalam akta pendirian perusahaan.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan menjadi materi yang harus dikuasai sehingga diharapkan calon akuntan ketika mendirikan bisnis dapat mempertanggungjawabkan keuangannya. Akuntansi pendirian firma bergantung sekutu telah memiliki usaha atau belum dimasa lalu.

Baca Juga: Contoh Soal Kebijakan Akuntansi dan Perubahan Estimasi

Jurnal Pembentukan Persekutuan

Jurnal transaksi pembentukan persekutuan menjadi hal yang harus dibuat agar laporan posisi keuangan firma dapat dibentuk. Neraca saldo awal firma dapat digunakan sebagai dasar membuat laporan perubahan modal sekutu sehingga dapat diketahui persentase pembagian laba rugi yang dilakukan sesuai akta pendirian.

Jurnal pembentukan persekutuan menjadi transaksi yang dapat berupa penyerahan kas dan aktiva non kas. Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan dapat dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya penilaian aktiva non kas tidak sesuai dengan nilai wajar atau harga pasar aktiva tersebut.

Contoh soal akuntansi pendirian firma telah terjadi pada Firma Rafinternet yang didirikan oleh Bapakraffi dan Iburaffi. Masing-masing sekutu menyetorkan kas sebesar Rp 23.000.000 dan Rp 83.000.000. Bapakraffi memberikan aktiva non kas berupa mesin produksi seharga Rp 47.000.000. Bagaimanakah jurnal pembentukan persekutuan tersebut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/01/2021Kas Rp 106.000.000
Aktiva Tetap Rp 47.000.000
Modal Bapakraffi Rp 70.000.000
Modal Iburaffi Rp 83.000.000
Baca Juga: Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang dan Jawabannya

Demikian contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan semoga masing-masing sekutu dapat mengetahui hak dan tanggungjawab sesuai dengan akta pendirian yang telah dilaporkan kepada notaris.

0 Response to "Contoh Soal Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel