Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal cadangan kerugian piutang dan jawabannya dipergunakan dalam mengatasi masalah pengakuan, penilaian dan penyelesaian piutang usaha. Piutang usaha adalah penjualan kredit yang diberikan kepada pelanggan setelah adanya analisis kredit yang dilakukan oleh pihak perusahaan atas kualitas pembayarannya.

Contoh soal analisis umur piutang dan jawabannya menjadi bentuk metode pengakuan piutang dagang baik metode penghapusan langsung dan metode cadangan kerugian. Piutang usaha dinilai berdasarkan jumlah yang dapat ditagihkan kepada pelanggan dan mengakui adanya cadangan kerugian piutang pada akhir periode.

Akun cadangan kerugian piutang dalam laporan posisi keuangan diakui sebagai akun kontra piutang usaha. Akun kontra adalah akun yang berkebalikan dari akun normal. Apabila piutang diakui sebagai aktiva dan bersaldo normal debit, maka akun cadangan kerugian piutang diakui sebagai aktiva dan bersaldo normal kredit.

Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang dan Jawabannya


Pengertian Penghapusan Piutang dan Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Pengertian penghapusan piutang langsung adalah metode untuk mengakui adanya kerugian piutang yang dihapuskan berdasarkan analisis umur piutang. Daftar umur piutang akan dipergunakan dalam rangka memberikan penjualan kredit dimasa selanjutnya. Semakin singkat umur piutang maka kualitas kredit perusahaan semakin baik.

Pengertian penyisihan piutang tak tertagih adalah metode untuk mengakui beban kerugian piutang berdasarkan pertimbangan ketidakmampuan pelanggan melunasi kewajibannya. Cadangan kerugian piutang adalah akun yang digunakan untuk menampung dana yang berhasil dibuatkan perusahaan untuk mencegah kerugian yang semakin besar.

Perbedaan penghapusan piutang dan penyisihan piutang tak tertagih adalah mekanisme perusahaan untuk mengakui beban kerugian tahun berjalan. Semakin lama umur piutang mengakibatkan tidak dapat ditagihkan piutang sehingga perusahaan akan mengalami kerugian tahun berjalan.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Transaksi Murabahah dan Pembahasannya

Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya

Contoh soal analisis umur piutang dan jawabannya akan digunakan sebagai dasar memberikan kredit atas penjualan yang telah dilakukan. Penjualan kredit menjadi upaya perusahaan untuk memperoleh penghasilan tahun berjalan walaupun belum tentu pelanggan mempu melunasi hutangnya.

Contoh soal dan jawaban daftar umur piutang dilakukan dengan memberikan taksiran piutang tak tertagih. Piutang tak tertagih adalah jumlah piutang yang akan dipertimbangkan perusahaan tidak dapat ditagihkan kepada pelanggan dalam waktu tertentu. Akibat piutang tak tertagih adalah perusahaan tidak memperoleh penghasilan kredit yang seharusnya diterima.

Contoh soal analisis umur piutang dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Sistem pengendalian internal atas piutang harus dapat mencegah piutang usaha yang tidak dapat ditagihkan seperti adanya pihak yang melakukan analisis sebelum perusahaan memberikan persetujuan penjualan kredit.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Sewa Guna Usaha

Contoh Soal Metode Penghapusan Piutang Langsung

Contoh soal metode penghapusan piutang langsung berkaitan dengan proses perusahaan memperoleh kembali penghasilan yang seharusnya diperoleh periode lalu. Akun cadangan kerugian piutang diakui sebagai aktiva perusahaan tetapi menjadi rekening kontra dari piutang usaha ketika dilaporkan dalam laporan posisi keuangan.

Contoh soal dan jawaban metode penghapuan piutang langsung berakibat perusahaan kehilangan manfaat laporan keuangan. Penggunaan prinsip penandingan dan prinsip konservatisme harus dilakukan terutama ketika perusahaan menggunakan basis akrual. Basis akrual adalah pendapatan dan beban diakui pada saat transaksi terjadi.

Contoh soal penghapusan piutang usaha langsung terjadi pada PT Kakraffi yang memiliki piutang sebesar Rp 77.000.000. Apabila sebesar Rp 32.900.000 merupakan piutang tak tertagih periode ini dimana pelanggan telah dinyatakan bangkrut. Buatlah jurnal penghapusan piutang usaha?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Beban kerugian piutang Rp 32.900.000
Piutang Usaha Rp 32.900.000

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Kebijakan Akuntansi dan Koreksi Kesalahan

Demikian contoh soal cadangan kerugian piutang dan jawabannya semoga dapat membantu menghitung umur piutang sehingga perusahaan dapat membuat daftar umur piutang dan menentukan taksiran piutang tak tertagih.

0 Response to "Contoh Soal Cadangan Kerugian Piutang dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel