Contoh Soal Aktiva Tetap Diperoleh Dengan Membuat Sendiri

Konten [Tampil]

Contoh soal aktiva tetap diperoleh dengan membuat sendiri menjadi langkah perusahaan menghebat biaya perolehan. Elemen-elemen yang membentuk harga perolehan aktiva tetap dapat diperkecil agar besarnya nilai depresiasi yang ditanggung perusahaan semakin kecil. Aktiva tetap adalah aset yang dimiliki perusahaan yang digunakan lebih dari satu periode akuntansi dan memiliki nilai material.

Cara menghitung harga perolehan aktiva tetap akan memungkinkan perusahaan menghitung masa manfaat aset tetap. Contoh soal aset tetap dan aset tak berwujud dapat dipergunakan dalam rangka memperoleh informasi tentang penurunan nilai sebagai akibat dari pemakaian aktiva selama periode tertentu.

Contoh soal aktiva tetap dibangun sendiri dan pembelian aset tetap dalam satu paket akan mempermudah proses pengakuan biaya perolehan pada akhir periode. Bagaimana cara mencatat perolehan aset tetap dan contohnya tentunya mempertimbangkan harga beli dan biaya perpajakan yang harus ditanggung perusahaan.

Contoh Soal Aktiva Tetap Diperoleh Dengan Membuat Sendiri


Pengertian Aktiva Tetap Dibangun Sendiri dan Pembelian Sepaket

Pengertian aktiva tetap dibangun sendiri adalah aset yang dapat dimiliki perusahaan dengan membuat sendiri sesuai dengan biaya tenaga kerja dan biaya bahan baku. Perusahaan dapat menukarkan aktiva tetap dengan aset tetap sejenis dimana biaya perolehan akan diakui berdasarkan nilai wajar pada tanggal transaksi.

Aktiva tetap dibangun sendiri adalah bagian dari langkah perusahaan menghemat pengeluaran daripada membeli langsung dari pasar. Pembelian sepaket aset tetap harus memperhitungkan berdasarkan prosentase dari biaya perolehan. Pembelian aktiva tetap dalam satu paket disebut lump-sum sebab perusahaan akan membeli aset pada waktu yang bersamaan.

Perhitungan aktiva tetap dibuat sendiri tidak diperkenakan mengakui keuntungan yang belum didapatkan. Prinsip konservatisme mengatur perusahaan dapat mengakui biaya yang belum terjadi yang dapat diukur dengan handal dan tidak diperkenankan mengakui pendapatan sampai penghasilan diterima oleh perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa

Contoh Soal Aktiva Tetap Dibangun Sendiri

Contoh soal aktiva tetap dibangun sendiri biasanya terjadi pada perusahaan yang baru. Bagaimana caranya mencatata perolehan aktiva tetap yaitu mengukurnya secara handal dengan mempertimbangkan kemungkinan manfaat ekonomis yang diterima perusahaan pada periode tersebut.

Contoh soal aktiva tetap diperoleh dengan membuat sendiri akan mengakibatkan perusahaan mengalami selisih dengan harga pasar. Kapan umur manfaat aktiva tetap dimulai? yaitu pada saat aktiva tetap siap untuk dipergunakan walaupun pembelian telah dilakukan pada masa sebelumnya.

Contoh soal aset tetap dibangun sendiri dapat menjadi alternatif perusahaan untuk memperoleh aktiva tetap sebagai sarana produksi. Contoh kasus aktiva tetap dan penyelesaianya terjadi pada PT Rafinternet yang membangun gedung dengan biaya perolehan sebesar Rp 50.000.000, apabila perusahaan membeli dari developer maka membutuhkan biaya sebesar Rp 53.790.000. Buatlah jurnal pembelian aktiva tetap.

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan PPh 21 Karyawan Berhenti Tengah Tahun

Cara Menghitung Harga Perolehan Aktiva Tetap Dibangun Sendiri

Cara menghitung harga perolehan aktiva tetap dibangun sendiri berdasarkan seluruh biaya yang telah dikeluarkan perusahaan dalam rangka memperoleh aktiva tersebut. Pertanyaan tentang aktiva tetap berupa metode depresiasi yang digunakan dan nilai residu yang diakui perusahaan.

Contoh perhitungan harga perolehan aktiva tetap memungkinkan perusahaan memperoleh laba yang tidak boleh diakui. Asersi manajemen tentang keterjadian dapat dijadikan dasar bahwa perusahaan harus menerapkan prinsip konservatime dalam mencatat harta perusahaan.

Cara menghitung harga perolehan aktiva tetap yaitu seluruh biaya yang dikeluarkan agar aktiva tetap siap dipergunakan. Pemilihan aktiva tetap dapat mengandalkan informasi tentang harga pasar. Pertukaran aktiva tetap akan terjadi dan perusahaan harus mencatatnya berdasarkan nilai wajar pada saat transaksi.

Contoh soal perhitungan biaya perolehan aset tetap harus membebankan seluruh biaya untuk mendapatkan mesin sebagai biaya perolehan. Bagaimana caranya mencatat perolehan aset tetap dan contohnya akan memperkenalkan metdode pengakual awal aktiva tetap. Jurnal pembelian aset tetap yang dibuat perusahaan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/04/2021Beban Tenaga Kerja Rp 15.000.000
Beban Bahan Baku Rp 25.000.000
Beban Overhead Pabrik Rp 10.000.000
Kas Rp 50.000.000
Aktiva Tetap Rp 50.000.000
Beban Tenaga Kerja Rp 15.000.000
Beban Bahan Baku Rp 25.000.000
Beban Overhead Pabrik Rp 10.000.000

Baca Juga: Contoh Perhitungan Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Demikian contoh soal aktiva tetap diperoleh dengan membuat sendiri semoga perusahaan dapat melakukan penghematan biaya agar sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

0 Response to "Contoh Soal Aktiva Tetap Diperoleh Dengan Membuat Sendiri"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel