Contoh Soal Metode Penyusutan Satuan Hasil Produksi

Konten [Tampil]

Contoh soal metode penyusutan satuan hasil produksi akan memperlihatkan penaksiran perusahaan terhadap jumlah yang dapat dihasilkan dari aktiva tetap. Cara menghitung metode hasil produksi pada dasarnya hanya memperkirakan jumlah yang dihasilkan selama masa penggunaan aktiva tetap.

Contoh soal depresiasi metode satuan hasil produksi adalah langkah menyusutkan biaya perolehan selama umur manfaat aktiva tetap berdasarkan perkiraan jumlah yang dihasilkan. Metode ini berfokus terhadap pemakaian yang diharapkan dari aktiva tetap, bukan berfokus terhadap masa penggunaan dalam beberapa periode.

Rumus penyusutan metode satuan hasil produksi harus didasarkan umur manfaat. Umur manfaat adalah periode aktiva tetap diperkirakan dapat dipakai oleh perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional. Aktiva tetap dalam laporan posisi keuangan akan disajikan sejumlah nilai buku yaitu biaya perolehan dikurangi akumulasi penyusutan setiap periodenya.

Contoh Soal Metode Penyusutan Satuan Hasil Produksi


Apa Itu Metode Satuan Hasil Produksi? Bagaimana Rumusnya?

Metode satuan hasil produksi adalah metode penyusutan yang mempertimbangkan jumlah yang dihasilkan oleh aktiva tetap selama masa penggunaannya. Metode ini tidak mempertimbangkan batas waktu penggunaan aktiva melainkan aktiva akan diperhitungkan berdasarkan perkiraan hasil aktivitas yang dihasilkan mesin.

Rumus penyusutan metode satuan hasil produksi adalah total biaya produksi dibagi dengan total perkiraan hasil produksi masing-masing aktiva tetap. Biaya depresiasi akan diperhitungkan berdasarkan unit yang berhasil dibuat oleh perusahaan. Setelah itu, akan dikalikan dengan jumlah hasil produksi selama tahun berjalan.

Metode satuan hasil produksi biasanya digunakan untuk mengukur masin atau aktiva yang diukur berdasarkan aktivitas penggunaannya. Gedung dan mebel tidak dapat mempergunakan metode penyusutan ini, tapi dapat disusutkan dengan metode garis lurus, metode saldo menurun berganda dan metode jumlah angka tahun.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Contoh Soal dan Jawaban Penyusutan Metode Satuan Hasil Produksi

Contoh soal dan jawaban penyusutan metode satuan hasil produksi diharuskan dapat membedakan antara capital expenditure dan revenue expenditure. Capital expenditure adalah pengeluaran sumber daya modal yang memiliki nilai material untuk beberapa periode akuntansi seperti pembelian aktiva tetap.

Contoh soal dan jawaban depresiasi metode satuan unit aktivitas akan memperkiraan pertimbangkana revenue expenditure. Revenue expenditure adalah pengeluaran sumber daya modal untuk memperoleh penghasilan dan beban tahun berjalan. Contoh revenue expenditure adalah biaya administrasi dan biaya pemasaran.

Contoh soal penyusutan metode satuan hasil produksi dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang membeli kendaraan seharga Rp 60.000.000. Kendaraan diperkiraan hanya dapat menempuh perjalanan selama 100.000 kilomater. Perusahaan hanya dapat menggunakan kendaraan setelah adanya pemeriksaan bea cukai yang memakan biaya sebesar Rp 20.000.000. Buatlah jurnal depresiasi tahun berjalan?

Baca Juga: Tahapan Melakukan Manajemen Audit

Contoh Soal Metode Penyusutan Satuan Unit Aktivitas Hasil Produksi

Contoh soal metode penyusutan satuan unit aktivitas hasil produksi akan mempermudah penaksiran jumlah yang diperkirakan dapat dihasilkan untuk masing-masing aktiva perusahaan. Biaya penyusutan adalah alokasi biaya penggunaan aset tetap selama masa manfaat tentu untuk menghasilkan produk dalam kegiatan operasional.

Contoh soal metode penyusutan satuan hasil produksi akan dimulai dengan menentukan biaya perolehan. Biaya perolehan harus dialokasikan selama umur manfaat sebagai biaya penyusutan. Adapun biaya perolehan berdasarkan contoh soal metode penyusutan satuan hasil produksi adalah Rp 80.000.000.

Cara menghitung depresiasi satuan hasil produksi pada dasarnya akan membebankan biaya penyusutan per unit produk yang dihasilkan. Biaya per kilometer kendaraan berjalan adalah Rp 80.000.000 / 100.000km = Rp 800. Apabila PT Rafinternet memerlukan perjalanan sepanjang 50.000km, jurnal penyusutan satuan hasil produksi adalah.

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/12/2021Beban Depresiasi Rp 40.000.000
Akumulasi depresiasi Rp 40.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Jangka Panjang dan Jawabannya

Demikian contoh soal metode penyusutan satuan hasil produksi. Rafinternet menyarankan menggunakan metode garis lurus atau metode saldo menurun berganda, agar perusahaan tidak perlu melakukan rekonsiliasi fiskal ketika melaporkan pajak penghasilan badan.

0 Response to "Contoh Soal Metode Penyusutan Satuan Hasil Produksi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel