Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Konten [Tampil]

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan liabilitas jangka pendek menjadikan dasar bagi akuntan publik untuk memahami pengendalian internal yang diterapkan. Contoh kasus pemeriksaan liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang harus benar-benar memeriksa adanya perjanjian kredit dan bukti pembayaran.

Tujuan pemeriksaan liabilitas jangka pendek adalah menguji asersi manajemen yang dipergunakan sebagai dasar pencatatan bukti transaksi. Asersi manajemen diantaranya keterjadian, kelengkapan, hak dan kewajiban, penilaian dan alokasi, penyajian dan pengungkapan. Asersi manajemen sebagai dasar pencatatan transaksi harus dilengkapi dengan pengendalian internal yang ada di perusahaan.

Prosedur audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek adalah cara yang dilakukan akuntan publik untuk menilai dan mengungkapkan saldo sebenarnya dari hutang dagang dan pinjaman jangka panjang yang harus dibayar dalam satu periode. Bukti audit yang didapatkan harus valid dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan pemberian opini laporan keuangan.

Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek


Perencanaan Audit Liabilitas Jangka Pendek

Perencanaan audit liabilitas jangka pendek adalah rencana akuntan publik untuk melakukan pengujian complian dan substantif test guna menilai kewajaran saldo laporan keuangan. Audit report sebagai hasil dari pekerjaan akuntan publik dapat dikomunikasikan kepada pemegang saham dan menjelaskan temuan audit yang ada.

Perencanaan audit pemeriksaan liabilitas jangka pendek dapat mengevaluasi bukti-bukti audit yang dikumpulkan agar cukup dan tepat dalam memberikan opini audit terhadap laporan keuangan. Berapa banyak bukti audit yang diperlukan untuk mendukung opini auditor? hal ini berbeda dan bergantung kepada kecukupan dari akuntan publik sendiri.

Audit plan liabiltias jangka pendek sering dipergunakan sebagai dasar pembuatan compliance test dan substantive test yang diperlukan. Pemahaman pengendalian internal klien dan keberadaan bukti audit eksternal dapat memperkuat pemberian opini yang diberikan oleh akuntan publik sebagai opini audit independen.

Baca Juga: Apakah Nomor Seri Faktur Pajak Harus Dikembalikan

Tujuan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek

Tujuan pemeriksaan liabilitas jangka pendek adalah penilaian terhadap pengendalian internal terhadap transaksi perjanjian kredit dan pembayaran hutang piutang. Pertanyaan pemeriksaan liabilitas jangka pendek akan memberikan kemudahan bagi auditor dalam penilaian terhadap internal control klien.

Tujuan pemeriksaan liabilitas jangka pendek adalah pengujian terhadap asersi manajemen yang dipergunakan. Perusahaan cenderung mencatat hutang lebih rendah dari yang seharusnya dalam rangka menampilkan atau menyajikan laba yang lebih besar sehingga dapat menarik investor baru.

Tujuan pemeriksaan hutang jangka pendek atau audit objectives liabilitas jangka pendek harus dapat mengevaluasi accrued expanse dalam jumlah yang masuk akal. Apabila perusahaan memiliki hutang dalam mata uang asing harus disesuaikan dengan kurs pada akhir tahun sehingga timbul laba atau rugi selisih kurs.

Baca Juga: Apakah Tanggal Invoice, Surat Jalan dan Faktur Pajak Harus Sama

Prosedur Audit Hutang Jangka Pendek

Prosedur audit hutang jangka pendek akan dimulai dari hasil pemeriksaan terhadap pengendalian internal perusahaan. Apabila perusahaan memiliki pinjaman dari bank, maka harus mencantumkan plafon kredit, jangka waktu kredit, tingkat bunga dan jaminan bank yang diberikan.

Prosedur audit liabilitas jangka pendek dapat memudahkan pemahaman terhadap contoh kasus pemeriksaan liabilitas jangka pendek. Adanya buku besar pembantu hutang masing-masing pemasok dapat dijadikan bukti audit dengan mengirimkan konfirmasi kepada supplier klien.

Prosedur audit hutang jangka pendek dapat mempertimbangkan adanya pajak penghasilan pasal 21 dan pajak pertambahan nilai yang sudah dilunasi pada bulan berikutnya. Perusahaan yang memiliki uang muka penjualan harus diperiksa tentang penyelesaian periode berikutnya.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek dan Penyelesaiannya

Demikian prosedur audit dan tujuan pemeriksaan liabilitas jangka pendek semoga dapat membantu membuat kertas kerja pemeriksaan liabilitas jangka pendek.

0 Response to "Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Liabilitas Jangka Pendek"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel