Contoh Soal dan Jawaban Piutang Wesel Berbunga

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban piutang wesel berbunga pada dasarnya akan menghitung bunga diskonto dan jangka waktu diskonto. Piutang wesel yang berjangka waktu lebih dari satu tahun dianggap sebagai aset tetap dan dilaporkan pada laporan posisi keuangan.

Contoh soal wesel berbunga dan pembahasannya terjadi ketika perusahaan melakukan penjualan kredit atau memberikan pinjaman kepada orang lain. Pertanyaan tentang piutang wesel berasal dari nilai penjualan kredit harus lebih besar dari penjualan tunai.

Contoh soal pendiskontoan wesel berbunga terjadi ketika piutang wesel yang dimiliki belum selesai akan tetapi sudah dijual. Bagaimana menghitung bunga diskonto dan jangka waktu diskonto harus dipertimbangkan dalam proses jual beli wesel berbunga.

Contoh Soal dan Jawaban Piutang Wesel Berbunga


Contoh Soal Pendiskontoan Wesel Berbunga dan Wesel Tidak Berbunga

Wesel tidak diterbitkan pada nilai nominal menjadi dasar untuk menghitung bunga pada wesel tidak berbunga. Contoh soal dan jawaban piutang wesel berbunga dan tidak berbunga akan memberikan perbedaan dalam proses penentuan tanggal jatuh tempo.

Contoh soal dan jawaban pendiskontoan wesel berbunga dan tidak berbunga harus mengetahui tanggal jatuh temponya. Tanggal jatuh tempo wesel dapat dituliskan berdasarkan jangka waktu 3 bulan atau perhari. Penentuan tanggal jatuh tempo wesel berbunga dan tidak berbunga didasarkan pada:

  • Tanggal penagihan
  • Tanggal tertentu
  • Akhir periode tertentu.

Caa menghitung tanggal jatuh tempo wesel berbunga dan tidak berbunga yang dinyatakan dalam hari harusnya dihitung sesuai jumlah hari yang telah dilewati. Contoh perhitungan tanggal jatuh tempo wesel tidak menghitung tanggal penarikan wesel tetapi menghitung tanggal jatuh tempo wesel.

Perhitungan tanggal jatuh tempo wesel terjadi ketika PT Masraffi memiliki wesel berbunga yang harus dibayarkan dalam jangka waktu 80 hari dengan tanggal penarikan 20 juli 2020. Bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel tersebut?

Tanggal Wesel   Berbunga20 Juli 2020
Jangka Waktu Wesel80 Hari
Juli11 Hari
Agustus31 Hari
September30 Hari
Oktober8 Hari
Tanggal Jatuh Tempo Wesel08 Oktober 2020

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Umur Piutang

Contoh Soal dan Jawaban Wesel Berbunga dan Wesel Tidak Berbunga

Contoh soal piutang wesel berbunga dan pembahasannya memberikan perbedaan wesel berbunga dan tidak berbunga. Perlakuan akuntansi untuk kedua jenis piutang bunga akan berbeda sehingga harus mempertimbangkan jumlah bunga yang diperhitungkan dan tidak perlu dicatat sebagai pendapatan bunga.

Contoh soal wesel tidak terbit pada nilai nominal menjadikan perusahaan mendapatkan keuntungan dari selisih nilai nominal dengan nilai wajar. Jurnal penyesuaian wesel tagih dengan wesel bayar harus dibuatkan setiap periode agar proses pendapatan bunga diketahui.

Piutang wesel yang berjangka waktu lebih dari satu tahun dianggap sebagai aktiva jangka panjang dan dilaporkan melalui laporan posisi keuangan. Cara menghitung bunga diskonto terjadi pada akhir periode juli 2020 sebagai berikut.

Nilai Nominal WeselTingkat BungaJangka Waktu Pendapatan Bunga
Rp 1.000.000 9%11/360 Rp 27.500

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Rekonsiliasi Bank

Jurnal Penerimaan Pelunasan Piutang Bunga Wesel

Jurnal penyesuaian penerimaan bunga dari wesel berbunga dan wesel tidak berbunga harus disesuaikan berdasarkan nilai nominalnya. Wesel dapat disimpan perusahaan sampai akhir periode yang mendatangkan keuntungan dari pembayaran wesel berserta bunganya. 

Jurnal mencatat pendapatan bunga wesel harus dimasukkan dalam jurnal umum (General Journal) sebagai berikut

TanggalKeteranganDebitKredit
31/07/2020Piutang Bunga Rp    27.500
Pendapatan Bunga Rp 27.500

Bagaimana cara menghitung bunga diskonto dan jangka waktu diskonto dilakukan sebab harus piutang wesel harus diterima ketika wesel dibayarkan pada tanggal penagihan. Contoh soal wesel tidak diterbitkan pada nilai nominal akan memberikan keuntungan dan kerugian pada perusahaan tersebut.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuatif

Jurnal mencatat pelunasan piutang wesel berbunga ketika perusahan telah mendapatkan pendapatan wesel sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
08/10/2020Kas Rp    10.372.500
Piutang Wesel Rp 10.000.000
Pendapatan Bunga Rp 200.000
Piutang Bunga Rp 172.500

Demikianlah contoh soal dan jawaban piutang wesel berbunga dan pembahasannya semoga paham bagaimana cara menentukan tanggal jatuh tempo wesel berdasarkan hari.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Piutang Wesel Berbunga"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel