Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan biaya berdasarkan pesanan merupakan tindakan penjual mengolah bahan baku menjadi produk jadi sesuai pesanan dari pelanggan. Contoh job order costing hanya berlaku ketika penjual mendapatkan pesanan sehingga produk yang dihasilkan berbeda dengan produk biasanya. 

Makalah perhitungan biaya pesanan dan biaya proses berlangsung dari pembelian bahan baku sampai barang diserahkan kepada pembeli. Contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan pesanan hanya terjadi ketika penjual mendapatkan pesanan sehingga produk yang dihasilkannya mengikuti kemauan pembeli.

Contoh perhitungan biaya berdasarkan job order costing dan process costing tentu memiliki karakteristik pembebanan berbeda. Rincian setiap bahan produksi setiap pesanan akan dicatat dalam kartu biaya pesanan. Kartu biaya pesanan berfungsi sebagai alat bantu menentukan harga pokok produksi per pesanan.

Pertanyaan Diskusi Tentang Job Order Costing

Pertanyaan diskusi tentang job order costing berkaitan dengan karakteristik perusahaan yang memproduksi pesanan. Contoh job order costing layaknya seseorang penjahit yang mendapatkan pesanan untuk membuat baju sesuai dengan ukuran dari pembeli.

Perusahaan apa saja yang menggunakan job order costing dan process costing tentunya apabila ingin memuaskan pelanggan maka produsen diharapkan menerapkan pembebanan biaya tersebut. Contoh soal job order costing akan memberikan perbedaan karakteristik perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan.

Pertanyaan diskusi tentang job order costing seperti perusahaan apa saja yang menggunakan job order costing dan process costing sebagai pembebanan biaya. Makalah job order costing dan process costing tentu memberikan pemahaman yang mendalam.

Perbedaan Job Order Costing dan Process Costing

Perbedaan job order costing dan process costing tentu berkaitan dengan produk yang dijual. Process costing memiliki kesamaan antara produk yang dibuat tetapi job order costing memiliki perbedaan produk yang dibuat sebab menyesuaikan permintaan pembeli.

Perbedaan job order costing dan process costing berkaitan dengan biaya produksi seperti perhitungan biaya berdasarkan proses akan memiliki biaya produk yang rendah. Selain job order costing, biaya produksi akan tinggi sebab menyesuaikan permintaan pembeli.

Perbedaan process costing dan job order costing berkaitan dengan produk yang berhasil dibuat tentunya perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan langsung mengirimkan barang yang telah jadi ke gudang pembeli. Sementara, process costing akan menunggu sampai adanya pesanan dari pembeli.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas (ABC)

Contoh Kartu Biaya Pesanan Job Order Costing

Contoh kartu biaya pesanan job order costing berisikan informasi tentang biaya bahan langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Perhitungan laba akan semakin mudah sebab penjual telah menentukan margin ketika membuat perjanjian dengan pembeli.

Contoh kartu biaya pesanan job order costing dapat menentukan harga pokok produksi berdasarkan pesanan sehingga penjual dapat menentukan margin yang sesuai keinginan.

Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan pesanan berkaitan dengan transaksi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Setelah proses produksi selesai, penjual dapat membuat contoh kartu biaya pesanan untuk menentukan harga yang dapat dijual.

Contoh soal sistem akuntansi biaya berdasarkan pesanan hanya terjadi ketika perusahaan mendapatkan pesanan dari penjual. Contoh soal dan jawaban job order costing harus diketahui perusahaan agar perusahaan tetap berjalan walaupun memiliki order dari pesanan.

Contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan pesanan memulasi produsi dari penerimaan pesanan, pemrosesan bahan menjadi produk jadi sesuai spesifikasi yang diinginkan pemesan dan mengirimkan produk jadi ke gudang pembeli.

Selanjutnya, sistem akuntansi biaya berdasarkan pesanan dan proses dapat berupa transaksi sebagai berikut ini.

Akuntansi Biaya Bahan Langsung

Biaya bahan langsung adalah biaya yang dapat dilihat oleh mata atau bahan yang sebagaian produk jadi menggunakan bahan tersebut. Akuntansi BBB akan diterapkan ketika perusahaan melakukan pembelian bahan baku secara kredit atau pembelian bahan baku secara tunai.

Contoh soal biaya bahan langsung terjadi ketika PT Rafinternet melakukan pembelian bahan baku senilai Rp 70.000.000 untuk memproses pesanan dari pembeli. Adapun jurnal pembelian bahan baku secara kredit sebagai berikut

Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Pada tanggal 1 juli 2020, persediaan bahan baku digunakan untuk proses produksi dimana Rp 30.000.000 sebagai bahan baku langsung dan Rp 10.000.000 sebagai bahan penolong. Jurnal penggunaan biaya bahan baku yang dibuat sebagai berikut ini.

Akuntansi Biaya Tenaga Kerja Langsung

Akuntansi biaya tenaga kerja langsung berkaitan dengan pembayaran gaji tenaga kerja yang digunakan membuat pesanan. Penentuan besarnya gaji dan upah karyawan berasal dari daftar hadir karyawan dan kartu jam kerja karyawan.

Contoh soal perhitungan biaya tenaga kerja langsung tentunya harus dipersiapkan terlebih dahulu biaya upah dan gaji serta pajak penghasilan pasal 21 yang harus disetorkan ke kas negara. Apabila perusahaan mendapatkan pesanan, maka biaya tenaga kerja yang digunakan untuk membuat pesanan langsung dibebankan dalam kartu biaya pesanan.

Contoh soal perhitungan biaya tenaga kerja langsung terjadi pada PT Rafinternet yang harus membayarkan gaji pegawai sebesar Rp 30.000.000 dimana Rp 2.000.000 merupakan pajak penghasilan yang harus dibayarkan. Jurnal untuk distribusi upah dan gaji karyawan sebagai berikut.

Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Contoh soal perhitungan biaya berdasarkan pesanan harus menentukan BOP Aktual dan PDP BTKL. Oleh sebab itu, maka pendistribusian biaya gaji yang terjadi pada perusahaan sebagai berikut ini.

Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Akuntansi Biaya Overhead Pabrik

Akuntansi biaya overhead pabrik harus diakumulasikan secara proporsional sebab kesulitan dalam membebankan BOP ke pesanan tersebut. Biaya overhead pabrik adalah beban yang dapat diketahui setelah proses produksi selesai.

Contoh soal perhitungan biaya overhead pabrik harusnya menjadi persoalan dalam menentukan distribusi beban pada setiap pesanan. Biaya overhead pabrik dapat direncanakan terlebih dahulu dan dibandingkan dengan BOP aktual pada akhir periode.

Contoh soal perhitungan biaya overhead pabrik terjadi ketika PT Rafinternet menetapkan jumlah BOP dibebankan senilai 80% dari biaya tenaga kerja langsung. Maka perhitungan BOP aktual adalah.

Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Pencatatan Selisih Biaya Overhead Pabrik

Pencatatan selisih biaya overhead pabrik harus dilakukan sebab tidak selalu rencana BOP sesuai dengan realita perusahaan. Apabila selisih BOP bersaldo debit menunjukan bahwa perusahaan harus menambah laba yang diinginkan.

Contoh soal pencatatan selisih biaya overhead pabrik dilakukan sebagai berikut ini.

Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Akuntansi Persediaan Barang Jadi

Setelah proses produksi selesai, Maka persediaan barang jadi akan membentuk harga pokok produksi. Produsen diharapkan menjual barang diatas harga pokok produksi dan biaya administras dan keuangan untuk mendapatkan laba yang tinggi dalam akuntansi biaya.

Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Demikianlah contoh soal perhitungan biaya berdasarkan pesanan atau job order consting semoga anda mampu membedakan process costing dengan job order costing.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel