Contoh Soal dan Jawaban Pembubaran Firma Secara Berangsur

Konten [Tampil]

Contoh soal akl likuidasi bertahap dan likuidasi serentak menjadi hal yang dapat dilakukan pada saat pembubaran firma. Soal pilihan ganda likuidasi persekutuan akan berhubungan dengan contoh soal essay untuk menjawab materi akl pembubaran firma.

Contoh soal dan jawaban likuidasi persekutuan bertahap dan serentak menjadi pembubaran yang biasa terjadi. Pertanyaan diskusi tentang likuidasi persekutuan berkaitan dengan pengembalian dana dan sekutu yang menanggung kerugian apabila terjadi.

Materi akuntansi keuangan lanjutan pembubaran persekutuan dapat terjadi sebab waktu untuk mengumpulkan dana dari hasil penjualan aset firma yang lama. Contoh soal pembubaran firma dengan metode likuidasi secara berangsur dan serentak menjadi solusi agar pembayaran hutang kepada kreditur dapat dilakukan.

Contoh Soal dan Jawaban Pembubaran Firma Secara Berangsur


Contoh Soal dan Jawaban Likuidasi Persekutuan Bertahap dan Serentak

Contoh soal dan jawaban likuidasi persekutuan bertahap dan sekaligus bergantung lama waktu untuk mendapatkan uang dari penjualan aset. Makalah bab 3 likuidasi persekutuan menjadi pembahasan karena berhubungan karakteristik firma yang memiliki umur terbatas.

Contoh soal likuidasi lumsum merupakan proses pembubaran firma yang dilakukan secara serentak. Likuidasi bertahap membutuhkan waktu lebih lama sebab proses penjualan aset perusahaan dan pelunasan hutang kepada kreditur membutuhkan waktu juga.

Likuidasi bertahap adalah proses pembubaran firma dimana setiap ada kas yang berasal dari penjualan aset akan langsung diberikan kepada sekutu setelah adanya pelunasan hutang kepada pihak eksternal dan pihak internal firma.

Pertanyaan Diskusi Tentang Likuidasi Persekutuan

Pertanyaan diskusi tentang likuidasi persekutuan dapat berbentuk pilihan ganda atau soal essay. Contoh soal pilihan ganda pembubaran firma akan memudahkan dalam memahami siklus pengembalian modal sekutu dan pembayaran hutang kepada pihak eksternal.

Pertanyaan diskusi tentang pembubaran firma seperti apakah sekutu yang telah memiliki saldo debit atau modalnya sudah habis tidak memiliki kewajiban untuk melunasi hutangnya? Contoh soal akl likuidasi bertahap dimana sekutu tetap bertanggungjawab terhadap kerugian yang diderita firma.

Contoh soal pilihan ganda likuidasi persekutuan yang dilakukan secara berangsur berkaitan dengan metode pengembalian modal sekutu. Metode likuidasi bertahap dapat diselesaikan dengan program kas atau tanpa program kas.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan

Contoh Soal Likuidasi Persekutuan untuk Pembagian Kas Tanpa Program Kas

Contoh soal likuidasi persekutuan untuk pembagian kas tanpa progam kas dapat dilakukan dengan menentukan presentase dari jumlah modal yang dimiliki pada akhir periode.

Materi pembubaran firma harus melalui prosedur untuk menghitung pembagian kas diantaranya:

  • Mencatat aktiva selain kas yang dapat terjual.
  • Membebankan aktiva yang belum dapat dijual ke anggota sekutu.
  • Melunasi hutang kepada pihak eksternal dan pihak internal.

Contoh soal akl likuidasi bertahap terjadi pada Firma Puspitasari yang berubah nama menjadi Firma Masraffi. Terdapat dua sekutu yakni kakraffi dan masraffi dimana laporan posisi keuangan sebelum terjadinya proses likudasi berikut

Firma Masraffi
Laporan Posisi Keuangan
per 30 Juli 2020
AktivaPassiva
- KasRp40.000.000- Hutang DagangRp60.000.000
- KendaraanRp50.000.000- Modal KakraffiRp60.000.000
- PiutangRp30.000.000- Modal MasraffiRp50.000.000
- PersediaanRp50.000.000
Total AktivaRp170.000.000Total PassivaRp170.000.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Pembentukan Persekutuan Firma

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Likuidasi Persekutun

Contoh soal dan jawaban laporan likuidasi persekutuan terjadi ketika sekutu bersepakat bahwa akan melakukan pembubaran firma secara berangsur. Buatlah jurnal pembubaran persekutuan apabila seluruh aktiva selain kas berhasil dijual dengan harga Rp 100.000.000.

Mencari Hasil Penjualan
- Realisasi Aktiva Non KasRp100.000.000
- Nilai Buku Aktiva Non KasRp130.000.000
Rugi Pembubaran Firma-Rp30.000.000

Pembubaran firma dengan metode likuidasi mengalami kerugian sehingga harus dibebankan ke sekutu sesuai dengan presentase 6:4. Adapun jurnal proses likuidasi firma sebagai berikut.

TanggaKeteranganDebitKredit
15/08/2020KasRp100.000.000
Modal KakraffiRp18.000.000
Modal MasraffiRp12.000.000
KendaraanRp50.000.000
PiutangRp30.000.000
PersediaanRp50.000.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Likuidasi Firma Secara Serentak

Demikianlah contoh soal dan jawaban pembubaran firma dengan metode likuidasi secara berangsur atau bertahap semoga dapat membantu membuat jurnal penjualan aktiva pada saat likuidasi ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Pembubaran Firma Secara Berangsur"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel