Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Konten [Tampil]
Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost sering menjadi pilihan kedua jika dibandingkan metode ekuitas. Hal ini dikarenakan, pada metode cost laba rugi serta pembagian deviden perusahaan anak tidak akan berpengaruh terhadap akun investasi saham anak perusahaan.

Contoh soal cost method dan equity method menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan 2 konsolidasi antara induk perusahaan dan anak perusahaan. Metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham sangatlah bergantung kepada pengakuan adanya investasi saham anak perusahaan.

Jelaskan perbedaan cost method dengan equity method dengan memberikan contoh dapat dilakukan seperti pada induk perusahaan yang menggunakan pencatatan cost method tidak ada riwayat laba rugi anak perusahaan yang dicatat. Prosedur akuntansi berdasarkan metode biaya tidak banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan dan jawaban tentang harga perolehan termasuk pemilihan contoh soal laporan keuangan konsolidasi menjadi solusi dalam akuisisi saham anak perusahaan. Contoh soal investasi saham dan pelaporan investasi dapat menjadikan solusi bagi perusahaan dalam menentukan harga perolehan saham.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Apa yang Menyebabkan Munculnya Laporan Keuangan Konsolidasi

Apa yang menyebabkan munculnya laporan keuangan konsolidasi dalam hubungan induk perusahaan dan anak perusahaan pada saat akuisisi saham akan berkaitan dengan pengakuan laba rugi yang terjadi di anak perusahaan yang boleh dicatat dan tidak boleh dicatat sebagai akibat adanya hak minoritas.

Nah apa penyebab munculnya laporan keuangan konsolidasi terjadi karena perusahaan yang besar akan mampu membeli saham perusahaan lain untuk mendapatkan suara sehingga akan menggabungkan dua perusahaan atau lebih ya.
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Pertanyaan dan Jawaban Tentang Laporan Keuangan Konsolidasi

Pertanyaan dan jawaban tentang laporan keuangan konsolidasi memang menjadi topik bahasan yang menarik, terutama dalam pengakuan dan pencatatan. Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode cost dan metode equity dimana perusahaan harus memilih salah satu metodenya.

Pertanyaan tentang laporan keuangan konsolidasi metode cost biasanya berkaitan dengan bagaimana cara mengakui laba dan rugi serta deviden yang dimiliki perusahaan anak, apakah pencatatan adanya perubahan dalam investasi saham anak perusahaan tetap akan berjalan.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Financial Leasing dan Operating Leasing

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost dapat terjadi di beberapa sektor industri khususnya industri jasa dan dagang. Pada Tahun 2020 PT Masraffi membeli 5000 lembar saham dari 7500 lembar saham yang beredar milik PT Kakraffi dengan total pembayaran sebesar Rp 20.000.000 secara tunai.

Pertanyaan dan jawaban tentang laporan keuangan konsolidasi metode cost harus dijawab dengan membuat jurnal umum atas pembelian saham anak perusahaan, jurnal pengakuan laba dan rugi anak perusahaan dan induk perusahaan serta kertas kerja neraca konsolidasi.

Adapun neraca saldo awal induk perusahaan dan anak perusahaan yakni PT Masraffi dan PT Kakraffi sebelum adanya konsolidasi sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost
Adapun pembagian laba rugi dan deviden anak perusahaan yang dibagikan kepada induk perusahaan dalam aktivitas operasionalnya sehari-hari yakni

Contoh Soal Cost Method
Baca Juga: Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya

Contoh Soal Cost Method dan Equity Method

Contoh soal cost method dan equity method harus dikerjakan sesuai dengan urutan bagaimana langkah dalam akuisisi saham dan laba atau rugi serta pembagian deviden anak perusahaan. Adapun jurnal untuk mencatat transaksi pembelian saham atau akuisisi perusahaan yakni.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Setelah itu, harus mengubah neraca awal atau perubahan terhadap akun laba ditahan, kas dan rekening timbal balik sebagai akibat adanya akuisisi saham anak perusahaan. Adapun rinciannya sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Laba Rugi Persekutuan Firma

Jurnal Eliminasi Konsolidasi Metode Cost dan Metode Equity

Jurnal eliminasi konsolidasi metode cost dan metode equity yang dapat dibuat oleh perusahaan berdasarkan contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost adalah sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Maka kertas kerja neraca konsolidasi hubungan induk perusahaan dan anak perusahaan yang terbentuk berdasarkan contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode cost adalah sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost

Demikianlah Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost semoga anda paham ya kawan.

0 Response to "Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Cost"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel