Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Konten [Tampil]
Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode equity menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban induk perusahaan dan anak perusahaan apabila bergabung. Jurnal eliminasi konsolidasi metode ekuitas dibutuhkan agar mampu memberikan nilai yang sesungguhnya terjadi terhadap hak minoritas.

Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi dapat dilakukan dengan metode equity dan metode cost. Metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham memiliki perbedaan dalam akun investasi saham anak perusahaan serta pengakuan adanya hak minoritas.

Pertanyaan dan jawaban laporan keuangan konsolidasi menjadi bahan diskusi soal kasus akuntansi keuangan lanjutan konsolidasi paling menyenangkan. Perbedaan pencatatan metode ekuitas dan biaya terletak pada pengakuan akun investasi saham anak perusahaan ya. Contoh soal equity method menjadi metode akuisisi saham yang sering digunakan perusahaan.

Bagaimana prosedur konsolidasi metode ekuitas? tentunya bergantung kepada keputusan manajemen perusahaan. Metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham menjadi pertimbangan manajemen dalam memberikan laporan keuangan konsolidasi ya.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Bagaimana Prosedur Konsolidasi Metode Ekuitas dan Biaya

Bagaimana prosedur konsolidasi metode ekuitas dan biaya akan melalui beberapa tahapan agar dapat menjadi laporan keuangan konsolidasi. Adapun metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham sebagai berikut ini.
  1. Mencatat transaksi pembelian saham anak perusahaan.
  2. Menyesuaikan laba dan rugi anak perusahaan.
  3. Membuat jurnal eliminasi induk perusahaan dan anak perusahaan.
  4. Membuat kertas kerja laporan posisi keuangan / neraca konsolidasi
  5. Membuat laporan posisi keuangan konsolidasi.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Financial Leasing dan Operating Leasing

Perbedaan Pencatatan Metode Ekuitas dan Metode Biaya

Perbedaan pencatatan metode ekuitas dan metode biaya sangatlah nampak terjadi pada pengakuan laba dan rugi anak perusahaan yang dicatat atau tidak pada induk perusahaan. Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode equity dan metode cost menjadi salah satu hal yang menjadi pertanyaan.

Contoh soal metode ekuitas untuk investasi saham seharusnya dapat dilakukan dengan melakukan pembuatan jurnal eliminasi yang diperlukan baik untuk rekening kas, laba ditahan, investasi saham bahkan piutang deviden ya.

Metode ekuitas dan metode biaya dalam akuisisi saham akan menghasilkan akun kelebihan harga pokok diatas nilai buku atau sering disebut dengan KHPDNB ya. Metode ekuitas dapat disesuaikan penuh sesuai dengan ketentuan yang ada di PSAK ya.
Baca Juga: Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Pertanyaan dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi

Pertanyaan dan jawaban laporan keuangan konsolidasi dapat terjadi di perusahaan induk yang telah mengakuisisi anak perusahaan. Nah contoh soal metode biaya dan nilai wajar akan diperlukan untuk menentukan harga pasar ketika melakukan akuisisi sebuah perusahaan.

Contoh Soal dan Jawaban Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode equity terjadi pada Tahun 2020 PT Rafinternet membeli 5000 lembar saham dari 7500 lembar saham yang beredar milik PT Kakraffi dengan total pembayaran sebesar Rp 20.000.000 secara tunai.

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 2 konsolidasi akan membutuhkan laporan posisi keuangan diantara induk perusahaan dan anak perusahaan sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Berdasarkan contoh soal konsolidasi equity method maka setelah akhir tahun 2020 mendapatkan informasi bahwa perusahaan induk mengalami kerugian dan perusahaan anak mendapatkan keuntungan sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Maka anda dapat membuat jurnal umum atas transaksi yang terjadi diatas. Berdasarkan contoh soal dan jawaban laporan keuangan konsolidasi metode equity didapatkan jurnal umum sebagai berikut ini.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Tidak Terpisah

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Metode ekuitas mensyaratkan agar melakukan penyesuaian terhadap neraca awal dengan membuat perubahan pada rekening kas, laba ditahan, investasi saham anak perusahaan dan piutang deviden. Adapun yang penyesuaiannya sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Contoh soal metode ekuitas untuk investasi saham haruslah membentuk jurnal eliminasi dengan metode ekuitas atau metode cost bergantung keputusan perusahaan. Nah adapun langkahnya sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity

Nah laporan posisi keuangan atau neraca konsolidasi dengan menggunakan metode ekuitas dan metode biaya yang terbentuk sebagai berikut ini ya. Adapun kertas kerja neraca konsolidasi sebagai berikut ini.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity
Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidai Metode Cost
Nah Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity semoga anda paham ya kawan

0 Response to "Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Equity"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel